Mamapedia Logo
Manfaat Ikan Lele untuk Bayi Selain untuk Mencerdaskan Otak

Selain untuk Mencerdaskan Otak, Inilah Manfaat Lain Ikan Lele untuk Bayi

author iconNandita Adilfi
date icon30 03 2021
category iconTumbuh Kembang Anak, Gizi & Kesehatan, Tips,

Momen pemberian makanan sebagai menu pendamping ASI atau MPASI adalah hal yang ditunggu oleh para ibu di luar sana. Pemberian MPASI ini baru bisa dilakukan untuk bayi setelah mereka berusia lebih dari 6 bulan. Moms tentunya ingin memperkenalkan berbagai varian makanan kepada bayi selain ASI, namun Moms juga harus memperhatikan tekstur MPASI berdasarkan pada usia bayi, karena bayi masih harus beradaptasi dengan berbagai macam tekstur makanan. 

Berbagai macam makanan seperti sayur-sayuran, buah-buahan, daging dan ikan akan mulai diberikan kepada bayi untuk MPASI. Ikan lele adalah salah satu menu MPASI untuk bayi yang bisa dijadikan sumber protein pengganti daging merah atau kacang-kacangan. Kandungan ikan lele bermanfaat bagi ibu hamil, dan juga untuk bayi. Salah satunya adalah untuk perkembangan otak bayi.

 

Baca juga: Moms, Wajib Tahu! Manfaat Ikan Salmon untuk Bayi

 

Kandungan Nutrisi pada Ikan Lele

Ikan yang hidup di air tawar ini kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi, bahkan juga untuk orang dewasa. Pada umumnya, kandungan zat gizi ikan terdiri atas 56% lemak, 15% karbohidrat dan 30% protein. Berikut ini merupakan kandungan nutrisi yang terdapat dalam 100 gram ikan lele, seperti yang dilansir oleh laman Healthline, antara lain:

  1. 105 kkal kalori
  2. 2,9 gram lemak
  3. 18 gram protein
  4. 50 mg natrium
  5. 237 mg asam lemak omega-3
  6. 337 mg asam lemak omega-6

Selain itu, lele juga kaya akan nutrisi dan vitamin lain seperti vitamin B12, fosfor, kalium, kolesterol, dan lemak sehat.

 

Manfaat Ikan Lele untuk Bayi

Berikut ini adalah beberapa manfaat ikan lele untuk bayi seperti yang dilansir oleh Healthline, antara lain:

1. Mencerdaskan Otak

Asam lemak omega-3 dalam ikan lele merupakan salah satu nutrisi yang penting untuk perkembangan bayi. Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan lele sangat baik untuk mencerdaskan otak dan menghindarkan anak dari gangguan daya ingat atau mudah lupa, serta untuk mencegah terjadinya gangguan mental ADHD pada bayi.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan protein pada ikan lele bisa menjadi sumber energi yang baik untuk menunjang aktivitas bayi sehari-hari. Selain itu, protein juga berperan penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, termasuk otot dan sistem imun, serta menjadi bahan penyusun berbagai hormon dan enzim tubuh. 

3. Mencegah Anemia

Ikan lele sebanyak 100 gram dalam sehari telah mencukupi asupan vitamin B12 yang dibutuhkan bayi per hari. Vitamin B12 yang terkandung pada ikan lele berperan penting dalam produksi sel darah merah. Oleh karena itu, vitamin B12 ini penting untuk dicukupi kebutuhannya guna mencegah anemia pada anak.

4. Menyehatkan Tulang dan Gigi

Vitamin D dan kalsium yang terkandung di dalam ikan lele ini juga berperan penting untuk meningkatkan kesehatan tulang dan gigi bayi. Dengan mencukupi kebutuhan harian vitamin D dan kalsium sejak masa pertumbuhan, maka tulang dan gigi bayi bisa tumbuh dengan optimal, dan mengurangi risiko bayi mengalami osteoporosis serta masalah gigi di kemudian hari.

5. Menyehatkan Jantung

Kandungan protein dan asam lemak omega-3 pada ikan lele memiliki manfaat untuk menjaga jantung agar tetap sehat, karena penyakit jantung bukan hanya mengintai orang dewasa, melainkan juga berpotensi menyerang bayi.

6. Melindungi Sistem Saraf

Ikan lele termasuk jenis ikan yang rendah merkuri, sehingga bermanfaat untuk melindungi sistem saraf. Dalam kadar yang tinggi, merkuri bisa menimbulkan gangguan kesehatan seperti kerusakan saraf, terutama pada anak-anak.

 

Resep Ikan Lele untuk Menu MPASI

Moms, berikut ini merupakan cara membuat menu MPASI Nasi Tim Ikan Lele yang bahan-bahannya juga terdiri dari berbagai macam sayuran, antara lain:

Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain:

  • 2 sdm nasi putih,
  • 1 ekor lele,
  • 1 potong tahu putih halus atau tofu,
  • 5 buah kacang polong,
  • 1 buah wortel,
  • 1 buah tomat,
  • 3 siung bawang merah,
  • 1 siung bawang putih,
  • 1 ruas laos,
  • 1 ruas jahe,
  • 1 lembar daun salam,
  • Kaldu jamur secukupnya,
  • Unsalted butter,

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih lele, pisahkan dari kulit dan durinya. Ambil bagian dagingnya saja, lalu lumuri dengan bawang putih cincang. Diamkan selama 10 menit.
  2. Setelah 10 menit, kukus ikan lele bersama laos, kucai, daun salam, jahe, dan tofu selama 15 menit atau sampai ikan lele lunak.
  3. Setelah masak, angkat, dan sisihkan.
  4. Potong kecil-kecil bawang merah dan bawang putih. Masukkan bahan bumbu ke dalam air 500 ml. Beri kaldu jamur 1/2 sdt. Rebus hingga mendidih.
  5. Kukus wortel dan buncis selama 15 menit. Setelah empuk, angkat dan haluskan. Campur dengan air rebusan kaldu tadi.
  6. Sajikan hangat. Nasi yang sudah dihaluskan, diberi ikan lele dengan campuran sayur dan kuah kaldu.

Moms, itulah berbagai berbagai kandungan yang bermanfaat dari ikan lele untuk bayi jika dikonsumsi secara rutin. Sebagai wadah makan bayi, oms bisa menggunakan MUGU Antispill Suction Bowl yang aman dan tidak mudah tumpah karena karet di bagian bawah membuat mangkuk makan MUGU tidak mudah bergeser. Jika Moms masih ragu untuk memberikan ikan lele sebagai menu MPASI, Moms bisa konsultasikan dengan dokter terkait dengan nutrisi sehari-hari yang dibutuhkan oleh bayi

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE