Mamapedia Logo
Gejala Hamil Muda yang Jarang Disadari, Kenali Tandanya Moms!

Gejala Hamil Muda yang Jarang Disadari, Kenali Tandanya Moms!

author iconSalsa
date icon12 05 2021
category iconKehamilan & Menyusui, Masa Kehamilan,

Sudahkah Moms mengenali tanda-tanda hamil muda yang seringkali jarang disadari? Moms, ternyata banyak gejala dan tanda yang bisa menandakan bahwa Moms tengah hamil muda. Terlambat datang bulan memang merupakan salah satu tandanya ya, Moms. Tetapi Moms perlu ketahui bahwa tanda dan gejala kehamilan ini ternyata ada yang muncul bahkan sebelum Moms terlambat haid.

Namun, sebenarnya, gejala atau tanda hamil muda berbeda diantara wanita hamil lainnya. Bisa saja Moms merasakan satu gejala, namun Moms yang lain tidak merasakan atau bahkan merasakan gejala yang berbeda. Selain itu, gejala atau tanda-tanda ini kebanyakan dipengaruhi oleh faktor hormon dari kehamilan. Tetapi tidak ada salahnya ya Moms untuk mengetahui tanda atau gejala hamil mudah secara umum yang bisa Moms kenali sejak dini. Apa saja?

Baca Juga: Moms, Kenali Tanda-Tanda Hamil Kosong yang Bisa Dialami Siapa Saja

  1. Perubahan Bentuk Payudara

Moms, pada saat hamil, tentu banyak hormon yang mempengaruhi bentuk badannya Moms. Salah satunya adalah hormon pada awal kehamilan yang dapat membuat payudara lebih padat, sensitif dan kencang. Selain itu, puting akan lebih menonjol dan cenderung berwarna lebih gelap dan terdapat pembuluh darah yang lebih tampak di permukaan kulit pada payudara.

  1. Sering Buang Air Kecil

Seringnya buang air kecil juga masih dipengaruhi oleh hormon kehamilan ya, Moms. Hal ini akan membuat Moms dan para Ibu hamil lainnya lebih sering buang air kecil, terutama ketika malam hari. Selain faktor perubahan hormon, hal ini juga disebabkan karena bertambahnya cairan dalam tubuh. Namun, saat umur kehamilan bertambah dan pada tahap selanjutnya, seringnya buang air kecil juga dipengaruhi karena pembesaran rahim yang menekan kantong kemih.

  1. Mudah Lelah 

Tidak melakukan hal yang berat tetapi Moms cepat lelah? Ini merupakan tanda atau gejala hamil muda yang cukup umum. Hal ini akan berlanjut pada trimester pertama kehamilan ya, Moms! Ternyata, rasa mudah lelah masih berkaitan dengan hormon kehamilan yaitu hormon progesteron. Selain hormon, rasa mudah lelah juga disebabkan karena adanya peningkatan jumlah darah, detak jantung hingga metabolisme tubuh. Untuk mengatasinya, Moms perlu istirahat yang cukup dan penuhi nutrisi yang seimbang.

  1. Sensitif Terhadap Bau

Perubahan hormon dapat menyebabkan indra penciuman sehingga jadi sensitif dan mudah merasa mual saat mencium aroma tertentu seperti parfum yang menyengat hingga bau asap rokok. Mual dan muntah yakni tahap selanjutnya karena adanya indra penciuman yang sensitif. Mual dan muntah biasanya akan terasa pada usia kehamilan 6 minggu atau bahkan lebih awal. Mual dan muntah dapat dicegah dengan menjaga perut agar tidak kosong dan mengonsumsi jahe atau mint.

  1. Konstipasi

Dikutip dari Healthline.com, hal ini dikarenakan rahim memberikan tekanan pada  usus dan dapat memperlambat pencernaan hingga menyebabkan sembelit. Hal ini juga dipengaruhi karena hormon saat hamil memengarui sistem kerja dari pencernaan dan membuat Moms dan Ibu hamil lainnya lebih rentan terkena konstipasi atau sembelit.

  1. Mudah Lapar

Menurut motherandbaby.co.uk, hal ini disebabkan karena bayi dalam janin tumbuh dan berkembang sehingga nafsu makan Moms meningkat. Untuk itu, tubuh Moms membutuhkan nutrisi dan vitamin tambahan untuk menunjang organ bayi. Pilih makanan sehat seperti buah, sayuran, dan biji-bijian daripada junk food dan konsultasikan kepada dokter mengenai berapa banyak kalori ekstra yang direkomendasikan per hari pada tahap ini.

  1. Keluar Bercak Darah dari Vagina

Tanda kehamilan juga ditandai dengan munculnya bercak darah yang keluar dari vagina. Hal ini juga sebagai tanda bahaa menempelnya sel telur yang sudah dibuahi dinding rahim. Bercak darah ini bisa disebut sebagai pendarahan implantasi. Bercak ini terjadi kira-kira pada 20% wanita di masa kehamilan awal dan merupakan hal yang normal.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Merk Test Pack yang Bagus dan Akurat

Jika Moms merasakan beberapa tanda atau gejalanya, segera gunakan alat tes kehamilan (test pack) untuk hasil yang akurat. Tes ini bekerja dengan mendeteksi hormon hCG yang diproduksi setelah proses pembuahan terjadi. Cara mendeteksi hal yakni, jika adanya kemunculan dua garis merah, maka menunjukkan hasil yang positif. Sementara, hasil yang negatif ditunjukkan dengan adanya satu garis merah.

Untuk mempersiapkan tubuh yang sehat dan prima, Moms juga dapat mengonsumsiPRENAVITA Milk Vanilla sebagai minuman kaya nutrisi untuk sehari-hari yang dapat Moms campurkan ke dalam makanan favorit. PRENAVITA Milk Vanilla membuat Ibu sehat dan tampil prima selama masa kehamilan. Dapatkan segera PRENAVITA hanya di www.mooimom.id!

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE