Mamapedia Logo
5 Rekomendasi Merk Test Pack yang Bagus dan Akurat

5 Rekomendasi Merk Test Pack yang Bagus dan Akurat

author iconNandita Adilfi
date icon08 05 2021
category iconKehamilan & Menyusui, Gizi & Kesehatan, Masa Kehamilan,

Untuk mendapatkan kehamilan yang cepat hal penting untuk dilakukan yaitu menghitung masa subur wanita sebelum melakukan hubungan seksual. Telat haid menjadi hal yang dinantikan oleh para wanita setelah menikah karena hal tersebut menjadi penanda bahwa sedang hamil. Untuk mengetahui adanya kehamilan, cara mudah yang bisa dilakukan yaitu menggunakan test pack. Berbagai merk test pack dengan fitur dan harga yang beragam bisa Moms pilih di pasaran.

 

Baca juga: 6 Rekomendasi Aplikasi Menghitung Masa Subur

 

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Menggunakan Test Pack

Cara menggunakan test pack memang mudah, namun Moms harus membaca petunjuk penggunaanya, terlebih jika ini merupakan kali pertama Moms menggunakan test pack. Berikut ini adalah hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan test pack menurut laman Very Well Family, antara lain:

  • Perhatikan waktu penggunaan test pack. Untuk mendapatkan hasil yang akurat, Moms bisa menggunakan test pack seminggu setelah mengalami telat haid atau sekitar 21 hari setelah melakukan hubungan seksual yang terakhir.
  • Perhatikan produk test pack. Periksa tanggal kedaluwarsa pada test pack dan simpan test pack di suhu ruangan sekitar 26°C.
  • Lakukan tes di pagi hari. Urine pada pagi hari saat bangun tidur dan sebelum minum air putih mengandung jumlah hormon hCG yang tinggi sehingga bisa mendapatkan hasil yang lebih akurat.
  • Cuci tangan sebelum melakukan tes.Menjaga kebersihan tangan penting untuk dilakukan agar terbebas dari bakteri dan virus.
  • Siapkan wadah keciluntuk menampung urine. Masukkan test pack ke dalam wadah penampungan urine hingga ujungnya selama 10 detik. Lalu, tunggu 2-3 menit untuk melihat hasilnya.

 

5 Rekomendasi Merk Test Pack yang Bagus dan Akurat

Untuk mendapatkan hasil yang akurat, tentunya Moms harus memperhatikan kualitas test pack yang akan digunakan. Berikut ini adalah 5 rekomendasi merk test pack yang bagus dan akurat untuk Moms coba, antara lain:

1. Sensitif Digital Pregnancy Test

Sensitif adalah salah satu merk test pack ternama di Indonesia. Test pack yang satu ini berbeda dengan test pack yang lain, karena test pack merk Sensitif yang satu ini berbentuk digital dan bisa digunakan tiga kali. Indikator hasil tesnya ditunjukkan dalam tulisan "Yes" untuk positif dan "No" untuk negatif. Hasil akan terlihat hanya dalam waktu 10-30 detik saja. Dengan sistem digital yang lebih akurat, Sensitif Digital Pregnancy Test bisa digunakan lima hari sebelum waktu datang bulan. Moms bisa dapatkan produk ini di apotek atau marketplace dengan harga Rp 249.000.

 

2. Sensitif Strip Test Pack

Produk selanjutnya dari merk sensitif yaitu sensitif strip yang berbentuk strip dan digunakan dengan cara mencelupkannya ke dalam urine pertama di pagi hari. Untuk hasil yang akurat, lakukan tes pada tujuh hari setelah berhubungan seksual. Test pack ini sangat mudah digunakan dengan tingkat akurasi mencapai 99,9 persen. Tiap kemasannya berisi satu strip sekali pakai dan dapat dibeli seharga sekitar Rp 23.000 di marketplace.

 

3. OneMed Quick & Sure Pregnancy Test

Dengan harga yang paling murah di antara beragam test pack sejenis, OneMed hCG Urine Pregnancy Test tetap mengutamakan kualitas dengan 99,9% keakuratan hasil. Cara menggunakannya mudah yaitu dengan mencelupkan strip ke dalam urine sebelum batas maksimal selama 30 detik dan letakkan strip di tempat datar, lalu hasil akan didapatkan dalam waktu sekitar 1 menit. 

Cara membaca hasilnya adalah melihat indikator pada alat test packnya. Satu garis dekat huruf T artinya pengujian gagal atau invalid, tanda dua garis artinya positif hamil, dan satu garis dekat huruf C artinya negatif. Moms bisa dapatkan produk ini di apotek dengan harga Rp 6000 saja.

 

4. Akurat Compact

Merk test pack selanjutnya yaitu akurat. Akurat compact test pack yang banyak dijual di pasaran ini memiliki tingkat akurasi 10 mIU. Cara penggunaannya sama seperti test pack lainnya, yaitu tampung urine pertama di pagi hari atau tujuh hari setelah berhubungan seks. Buka penutupnya, lalu celupkan ujung test pack selama 30-60 detik. Tunggu sekitar satu sampai tiga menit untuk mendapatkan hasilnya. Test pack merk ini dijual seharga Rp 18.000.

 

5. Woman Choice Pregnancy Test Strip

Merk test pack yang bagus dan akurat terakhir adalah Woman Choice Pregnancy Test Strip yang sudah dilengkapi dengan wadah urine sehingga lebih praktis. Merk asal Kanada ini mengklaim memiliki akurasi 100% sama dengan hasil laboratorium. Keunggulan dari test pack ini adalah kemampuan mendeteksi kehamilan dalam waktu 40 detik. 

 

Baca juga: Alami Gejala Kehamilan, Namun Hasil Test Pack Negatif? Inilah Moms Penjelasannya

 

Itulah Moms 5 rekomendasi merk test pack yang bagus dan akurat. Selama masa persiapan kehamilan dan masa kehamilan, Moms harus selalu menjaga kesehatan dengan mengonsumsi suplemen kehamilan sesuai dengan resep dokter. Salah satu suplemen kehamilan tersebut dapat dipenuhi dengan mengonsumsi PRENAVITA Milk Vanilla Flavoured Powder Drinkyang mengandung banyak nutrisi vitamin yang tentunya bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil dan janin di dalam kandungan. Produk ini bisa didapatkan di official website MOOIMOM.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE