Mamapedia Logo
5 Macam Nutrisi Ibu Hamil Muda

Optimalkan Masa Kehamilan, 5 Nutrisi Ibu Hamil Muda yang Wajib Terpenuhi

author iconGrandys Sofia
date icon13 03 2021
category iconMasa Kehamilan,

Optimalkan Masa Kehamilan, 5 Nutrisi Ibu Hamil Muda yang Wajib Terpenuhi

Moms pada masa kehamilan, tentu saja menginginkan masa kehamilan yang sehat dan juga penuh dengan rasa optimis yang timbul dari rasa semangat. Apalagi kalau bukan dari kecukupan nutrisi harian yang terpenuhi secara baik oleh ibu hamil. Masa kehamilan yang baru berusia beberapa minggu atau berada pada trimester awal ini sangat rentan terjadinya risiko keguguran. Untuk itu, wajib untuk semua Moms memastikan makanan yang baik untuk trimester pertamanya. Informasi selengkapnya dapat Moms dapatkan dengan klik link berikut ini.

Oleh sebab itu ada banyak sekali anjuran untuk masa kehamilan dengan usia kehamilan yang cukup muda ini, untuk dapat memenuhi nutrisi kehamilannya bagi ibu hamil muda. Makanan yang dikonsumsi oleh ibu masa kehamilan tentu saja harus kaya dan juga seimbang antara gizi dan nutrisinya. 

Baca Juga: Sayur yang Baik Dikonsumsi bagi Ibu Hamil

Macam nutrisi ibu hamil muda

Moms pada masa kehamilan, harus banyak-banyak dan kecukupan nutrisi yang seimbang agar menjalani hari-hari selama masa kehamilan dengan menyenangkan dan penuh dengan rasa semangat. Berikut beberapa makanan dan juga rekomendasi nutrisi ibu hamil muda yang harus tercukupi dengan baik.

1. Ketahui makanan dengan sumber asa folat yang baik

Asam folat ini sangatlah menjadi bagian paling esensial kebutuhan nutrisi ibu hamil muda dan menunjang kesehatan beserta kondisi jain selama dalam masa kandungannya. Asam folat ini begitu esensial karena memiliki peran aktif untuk mencegah terjadinya cacat kelahiran seperti spina bfida serta dapat menurunkan risiko terjadinya keguguran bahkan kelahiran secara prematur. Sangat baik apabila Dads dan juga keluarga terdekat sangat memperhatikan nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil, apa saja nutrisinya tersebut, simak dengan cara klik link berikut ini.

Moms dapat menemukan kandungan asam folat yang cukup tinggi dalam beberapa sayuran berikut ini seperti bayam, selada, brokoli, wortel, asparagus, alpukat dan juga kacang-kacangan (seperti kacang kedelai dan buncis). Olahan sayuran maupun buah-buahan ini dapat diolah menjadi sajian yang menarik dan juga lezat untuk dikonsumsi.

2. Penuhi dengan makanan yang tinggi zat besi

Kondisi ibu hamil memang rentan terhadap penurunan imunitas tubuh karena kondisi perubahan hormon dan juga adaptasinya. Sehingga tak jarang ibu hamil mengalami kelelahan dan harus cek kadar hemoglobin dalam tubuhnya. Ketika cek kadar hb pada tubuh Moms, dan didapati Moms kekurangan zat besi, maka Moms mengalami anemia sehingga dapat membahayakan tubuh Moms serta janin dalam kandungan. Konsumsilah makanan yang kaya akan zat besi ini diantaranya kacang merah, daging sapi dan unggas, telur, tahu dan juga bayam.

Baca Juga: Moms, Ini Dia 5 Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas

3. Kaya akan serat

Serat sangat diperlukan untuk nutrisi ibu hamil muda karena rentan mengidap sembelit. Rasa sembelit yang menganggu dan juga dapat membahayaka tubuh Moms selama masa kehamilan ini jika tidak diberikan kecukupan serat yang baik makan sembelit ini akan terus terjadi. Makana dengan serat tinggi ini diantaranya kacang-kacangan atau biji-bijian dan juga sayuran segar yang dapat dimasak sesuai dengan kondisi sayur tersebut. Moms juga dapat mengkonsumsi buah-buahan segar yang kaya akan serat seperti pepaya.

4. Penuhi dengan sumber protein tinggi

Konsumsi sumber protein tinggi ini akan sangat direkomendasikan untuk dipenuhi karena memiliki peran dalam pembentukan jaringan dalam tubuh Moms dan juga si Kecil. Moms dapat merasakan tubuh lebih fit dan berenergi ketika unsur protein ini tercukupi dengan baik.

Selain itu daya tahan tubuh semakin membaik dan beberapa makanan kaya protein ini seperti telur, daging dan juga beragam ikan yang aman dikonsumsi ibu hamil muda jangan sampai terlewatkan, ya. Dan beberapa kepercayaan berupa mitos dan juga fakta dari konsumsi makanan yang dapat menjaga kesehatan ibu hamil, harus Moms perhatikan benar. Agar menghindari informasi yang tidak valid, akses informasi berikut ini dengan cara klik link berikut.

5. Dapat konsumsi air kelapa

Moms saat masa kehamilan muda dapat terpenuhi nturisi yang seimbang dan menjaga kesegaran tubuh dengan rutin minum air kelapa yang dapat dicampur dengan perasan air lemon. Minuman ini selain dapat menjaga tubuh Moms tetap terhidrasi dengan baik, dapat mencegah mengurangi serangan mual-mual atau morning sickness pada saat awal kehamilan.

Semoga konsumsi nutrisi ibu hamil muda dengan rekomendasi makanan dengan ragam gizi di atas dapat membantu kelancaran masa kehamilan. Dan kondisi kehamilan Moms akan terjaga dengan sangat baik, kondisi janin juga semakin stabil dan kuat hingga masa persalinan nantinya.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE