Mamapedia Logo
Penyebab Menstruasi Terlambat Tidak Selalu Hamil, Kenali Penyebabnya Dahulu, Moms!

Penyebab Menstruasi Terlambat Tidak Selalu Hamil, Kenali Penyebabnya Dahulu, Moms!

author iconSalsa
date icon15 04 2021
category iconGaya Hidup, Kehamilan & Menyusui, Keluarga,

Telat menstruasi adalah kondisi yang terjadi jika Moms melewatkan satu bulan atau lebih siklus menstruasi. Siklus menstruasi yang normal yaitu setiap 21-35 hari sekali. Beberapa lainnya memiliki siklus setiap 23 hari sekali. Durasi pendarahan haidnya rata-rata yakni dari 2 hingga 8 hari.

Siklus menstruasi bisa datang terlambat atau tidak pasti datang tepat waktu setiap bulannya. Hal ini masih merupakan hal yang wajar, Moms. Tetapi keterlambatan menstruasi sering dikaitkan dengan adanya pembuahan atau hamil. Seharusnya selain keterlambatan menstruasi, perlu diketahui tanda-tanda kehamilan lainnya. 

Baca Juga: Siklus Menstruasi Tidak Lancar? Cob Konsumsi Ini Deh!

Begitu pula perlu diketahui penyebab menstruasi terlambat. Lalu apa penyebab menstruasi terlambat?

  1. Stress Berlebihan

Stress yang berlebihan dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Stress dapat berdampak kepada hormon dan bagian otak yang bertugas mengatur periode menstruasi. Dilansir Ulifline.org, stress emosional yang berlangsung berminggu-minggu atau berbulan-bulan dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Berat Badan Terlalu Rendah atau Terlalu Berlebih (Obesitas)

Kenaikan atau penurunan berat badan secara drastis juga menjadi penyebab menstruasi tidak teratur. Berat badan populasi Asia dapat dikatakan normal jika indeks masa tubuhnya berada di angka 18,5 - 22,9. Perhitungan ini didapat dari perhitungan berat badan (kg) tiap tinggi dikuadratkan (m)2 . Selain itu, berat badan di bawah normal bisa mengubah cara tubuh berfungsi dan menghentikan ovulasi. 

  1. Pemakaian Alat Kontrasepsi

Pil kontrasepsi mengandung hormon estrogen dan progestin yang menahan indung telur untuk melepaskan sel telur. Jenis kontrasepsi lain yang ditanamkan seperti suntikan juga dapat menyebabkan siklus menstruasi melambat. Biasanya dibutuhkan waktu hingga 6 bulan untuk mendapatkan menstruasi yang lancar setelah berhenti menggunakan alat kontrasepsi. 

Baca Juga: Yuk Moms Kenali Gangguan Haid dan Cara Mengatasinya!

  1. Kondisi Medis Tertentu

Sindrompolikistik ovarium (PCOS), kelenjar tiroid yang terlalu aktif atau tidak aktif hingga diabetes juga menjadi penyebab menstruasi terlambat. PCOS timbul karena adanya ketidakseimbangan hormon dan salah satu gejalanya yakni terdapat kista pada ovarium atau indung telur sehingga haid tidak teratur. 

Sementara itu, kelenjar tiroid yang terlalu aktif atau yang kurang aktif, juga dapat berpengaruh pada siklus haid. Hal ini dikarenakan tiroid bertugas mengatur metabolisme tubuh yang akan berdampak kepada kadar hormon. 

Jadi, bukan selalu karena hamil, ternyata banyak penyebab menstruasi terlambat ya, Moms.  Jika Moms sedang mempersiapkan kehamilan, tidak ada salahnya dengan mengonsumsi Prenavita Supplemen Hamil Milk Vanilla Flavoured Power DrinkPrenavita merupakan nutrisi sehari-hari untuk Ibu & calon bayi. Produk ini dirancang untuk kehamilan yang sehat. Yuk Moms segera dapatkan Prenavita di Mooimom untuk tubuh yang sehat dan fit!

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE