mamapedia search icon mamapedia icon

Subtotal

View Bag

9 Ikan yang Bagus untuk Kesehatan Bumil, Coba Yuk!

9 Ikan yang Bagus untuk Kesehatan Bumil, Coba Yuk!

Ibu hamil tentunya membutuhkan nutrisi yang cukup untuk tubuh, selain untuk kekuatan ibu, nutrisi juga sangat dibutuhkan oleh janin. Pemenuhan nutrisi dapat dilakukan dengan berbagai macam cara mulai dari salah satunya dengan menjaga asupan makanan. Salah satu asupan makanan yang tidak boleh ketinggalan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah Ikan yang bagus dikonsumsi karena mengandung nutrisi penting bagi pertumbuhan otak janin.

Kandungan protein dan lemak omega 3 yang tinggi pada ikan menjadikan makanan ini sebagai salah satu pilihan menu makanan yang baik untuk mendukung perkembangan otak bayi dalam kandungan. Ada banyak jenis ikan yang bagus untuk Ibu Hamil, Coba yuk!

Apa saja sih jenis ikan yang bagus untuk ibu hamil dan bergizi? Berikut jenis ikan yang direkomendasikan untuk ibu hamil:

Ikan Teri

Ikan teri merupakan salah satu bahan makanan yang populer di masyarakat Indonesia. Meski harganya relatif terjangkau, Ikan teri kaya dengan zat besi sehingga dapat menghindarkan ibu hamil dari anemia. Kandungan proteinnya juga membantu menguatkan otot sehingga Moms tidak mudah lelah dan lesu. Tak hanya itu, ikan yang mudah ditemukan di pasaran ini juga kaya kalsium dan vitamin. 


Baca Juga:
4 Makanan yang Memancing Kontraksi Secara Alami


$[banner_single]$


Ikan Salmon

Ikan salmon juga termasuk ikan laut yang populer bagi ibu hamil karena rendah merkuri. Ikan ini kerap direkomendasikan untuk ibu hamil karena dikenal sebagai sumber protein berkualitas tinggi. Yang terpenting, salmon juga mengandung omega-3 cukup tinggi untuk mendukung perkembangan otak janin dan dapat membantu mengatasi depresi yang kerap dirasakan ibu hamil.

Ikan Tuna

Siapa yang tak suka ikan tuna? Ikan lezat ini juga sebaiknya rajin dikonsumsi ibu hamil. Kandungan vitamin B6 yang tinggi dapat membantu produksi hemoglobin yang bertugas membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

Ibu hamil perlu memastikan setiap jaringan tubuhnya dialiri cukup oksigen agar janin mendapat pasokan nutrisi yang cukup. Bonusnya, vitamin B6 juga dapat  menekan tingkat stres dengan membantu produksi hormon serotonin dan norepineprin.

ikan yang bagus untuk kesehatan ibu hamil mooimom mamapedia

Ikan Lele

Ikan lele juga sama mudahnya ditemukan seperti ikan teri. Harganya juga relatif terjangkau. Nutrisi pada ikan lele tidak kalah jika dibanding dengan ikan yang harganya mahal. Terdapat nutrisi penting seperti vitamin B12, selenium, fosfor, zat besi, asam lemak omega 3, omega 6 dan protein.Ikan lele juga merupakan ikan yang rendah kalori dan merkuri, sehingga menjadikannya bagus untuk kesehatan Bumil, Bergizi!

Kandungan yang ada pada lele terbukti dapat membantu pertumbuhan dan memperbaiki jaringan otot hingga mencegah darah rendah pada ibu hamil. Selain kaya protein, ikan lele mengandung vitamin B-12 yang tinggi. Makan satu ikan lele saja sudah memenuhi 40 persen kebutuhan harian vitamin B-12. Vitamin ini baik untuk pembentukan darah dan memecah makanan yang Anda dikonsumsi menjadi energi. Tentu manfaat ini sangat baik untuk ibu hamil.


Baca Juga:
Lezat dan Bergizi, Ini 5 Manfaat Ikan Lele untuk Ibu Hamil dan Janinnya!



Ikan Sarden

Sama halnya dengan ikan salmon, ikan sarden mengandung asam lemak omega-3 yang dapat menangkal depresi dan mood swing. Artinya ikan sarden baik untuk kesehatan mental ibu hamil. Ikan sarden juga kaya vitamin D yang membantu pertumbuhan tulang janin. Tak perlu ke pasar, ikan sarden pun mudah Anda dapatkan dalam kemasan kaleng. Namun bagi ibu hamil, sebaiknya batasi konsumsi ikan kalengan, Moms.

Ikan Nila

Ikan nila juga mudah ditemui di pasaran, meski namanya tak sepopuler salmon dan tuna. Namun bicara soal manfaat, sungguh kaya dan bermanfaat buat ibu hamil. Kadar lemaknya rendah sehingga cocok untuk Anda yang bermasalah dengan kolesterol.
Kandungan fosfor di dalamnya berperan dalam pembentukan gigi dan tulan janin.

Ikan Mas

Kandungan baik ikan secara keseluruhan juga ada pada ikan mas. Selain itu, jenis ikan ini mudah ditemui di pasaran dan cenderung aman dari kontaminasi merkuri. Pastikan ikan yang akan Anda konsumsi telah matang, demi menghindari risiko penyakit akibat bakteri Listeria monocytogenes, sebab memicu keguguran.

Ikan Mujair

Ikan mujair merupakan ikan yang habitatnya di air tawar dan banyak memiliki nutrisi untuk ibu hamil. Jenis ikan ini sangat mudah untuk ditemukan, Mom bisa menemukannya di pasar tradisional maupun di supermarket. Kandungan protein yang dimiliki ikan mujair ternyata cukup tinggi. Terdapat sekitar 26 gram protein dalam 100 gram ikan mujair. Selain itu ikan mujair juga mengandung vitamin B, fosfor, kalsium, selenium, kalium, dan kalsium menjadikan ikan ini baik dikonsumsi.

Selain mengkonsumsi ikan, Moms juga harus perhatikan gizi seimbang dengan makanan sehat lainnya seperti sayur, buah, kacang-kacangan dan makanan tinggi serat serta protein lainnya. Apapun jenis ikan yang akan Momskonsumsi, pastikan yuk saat membeli ikan, Moms mendapatkan ikan yang masih segar dan bersih, serta diolah dengan cara yang benar. Selamat mencoba ya Moms!

Bagikan Artikel: