Mamapedia Logo
Manfaat Kale si Raja Sayuran yang Populer

Manfaat Kale si Raja Sayuran yang Populer

author iconSalsa
date icon14 04 2021
category iconGaya Hidup, Resep, Gizi & Kesehatan,

Moms setuju ya kalau semua sayuran pastilah sehat dan penuh nutrisi. Tidak heran jika Moms sedang hamil atau menyusui sangat disarankan mengonsumsi sayuran. Namun, Moms tahu tidak kalau kale adalah rajanya! Mungkin di Indonesia, kale bukanlah sayuran yang populer, tapi di belahan dunia lain, kale jadi juaranya.

Kale merupakan salah satu anggota keluarga dari kubis seperti brokoli, kembang kol, collard greens dan kubis Brussels. Jenis kale juga beragam loh, Moms. Ada yang daunnya berwarna hijau, ungu hingga bentuknya yang halus ataupun keriting.

Kale yang paling umum disebut kale keriting (curly kale) atau kale Skotlandia (Scots kale) yang memiliki daun hijau, keriting serta batangnya yang keras dan berserat. Tak kenal maka tak sayang, yuk kenalan lebih dekat untuk lebih tahu manfaat dan cara mengonsumsi kale si Raja sayuran yang populer!

Baca Juga: Dapat Dicoba ke-5 Sayuran Ini Menjadi Peluang Kehamilan

Kandungan dan Manfaat Kale untuk Moms dan Anak

Dilansir dari Healthline.com, secangkir kale atau sekitar 67 gram (2,4 ons) mengandung:

  • Vitamin A: 206% dari DV (dari beta-karoten)
  • Vitamin K: 684% dari DV
  • Vitamin C: 134% dari DV
  • Vitamin B6: 9% dari DV
  • Mangan: 26% dari DV
  • Kalsium: 9% dari DV
  • Tembaga: 10% dari DV
  • Kalium: 9% dari DV
  • Magnesium: 6% dari DV

Selain itu, kale juga mengandung 3% atau lebih DV untuk vitamin B1 (thiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), zat besi dan fosfor dengan total 33 kalori, 6 gram karbohidrat (2 di antaranya adalah serat) dan 3 gram protein.

Kale mengandung sedikit lemak  tetapi sebagian besar lemak di dalamnya adalah asam lemak omega-3 yang disebut alpha linolenic-acid. Mengingat kandungan kalorinya yang sangat rendah, kale adalah salah satu makanan padat nutrisi yang ada. Makan lebih banyak kale adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kandungan nutrisi total dari makanan Moms dan si Kecil.

Untuk Moms yang sedang hamil, mengonsumsi kale sangat disarankan karena kale dapat membantu Ibu hamil terhindar dari berbagai macam penyakit dengan membentuk sistem kekebalan tubuh yang kuat. Kale juga kaya akan serat, Moms gak perlu khawatir akan sembelit, deh!

Baca Juga: Catat! Ini 6 Sayur yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Vitamin K dalam kale dapat membantu menjaga pembuluh darah tetap kuat. Pembuluh darah yang kuat ini akan sangat penting untuk Ibu hamil yang harus mengalirkan banyak darah di daerah sekitar rahim. Bagi Moms yang ingin merencanakan kehamilan, mengonsumsi kale bisa meningkatkan kesuburan karena adanya kandungan folat alami.

Kale yang kaya akan omega 3 dan 6 baik untuk mengatasi peradangan bagi Moms yang baru melahirkan. Belum lagi manfaat seperti merangsang perkembangan otak si Kecil yang masih berada dalam rahim, pembentukan tabung saraf yang sehat, perkembangan wajah dan jantung yang tepat hingga membuat berat lahir bayi jadi memadai.

Tips Mengolah Kale dengan Baik!

Siapa yang tidak kenal smoothie? Cara ini bisa Moms lakukan dengan mencampur kale dengan buah-buahan lainnya. Moms juga bisa mengombinasikan kale agar menjadi jus buah dan sayur sehingga manfaat kale dapat dirasakan namun juga tetap enak untuk dinikmati.

Cara lain mengonsumsi kale dengan tetap menjaga kandungan nutrisi dalam kale yaitu dengan menjadikannya salad. Moms bisa iris tipis kale, kemudian tambahkan lemon, garam, merica, dan bubuk cabai secukupnya. Lalu diamkan selama 20 menit.

Jika Moms dan keluarga penyuka makanan gurih nan crispy, kale juga bisa dibuat menjadi keripik kale. Caranya, sobek daun menjadi potongan kecil dan tipis, cuci hingga bersih. Setelah itu tiriskan dan taburi garam serta minyak zaitun secukupnya. Kemudian panggang pada suhu 350°F selama 10 hingga 15 menit. 

Agar si Kecil juga penasaran untuk mencicipi kale, Moms bisa menggunakan trik dengan menggunakan mangkok dari Re-Ply. Dengan banyaknya warna cantik dari Re-ply Bowl , mangkok ini menjadi sahabat anak-anak dalam menikmati makanan mereka. Tidak hanya untuk anak kecil, Re-Play bisa digunakan untuk segala usia.

Re-Play Bowl merupakan mangkuk yang berukuran pas untuk porsi makan anak-anak maupun orang dewasa. Sangat cocok untuk tempat makanan, termasuk salad. Produk ini terbuat dari botol wadah susu plastik daur ulang.

Jangan khawatir, Moms! Semua produk Re-Play bebas BPA, PVC, melamin dan sangat aman untuk dishwasher dan microwave. Produk dibuat, dirakit, dan diuji di Amerika Serikat dari botol plastik yang sudah di setujui FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat). Dengan Re-Ply Bowl, konsumsi kale akan semakin menyenangkan, deh!

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE