Mamapedia Logo
9 Cara Menidurkan Bayi Tanpa Digendong, Pasti Nyenyak!

Pasti Nyenyak! Ini 9 Cara Menidurkan Bayi Tanpa Digendong

author iconKenhari
date icon04 02 2021
category iconMenyusui, Tumbuh Kembang Anak, Tips, Kelahiran Anak,

Umumnya, orang tua menidurkan bayi dengan cara menggendong atau mengayun-ayunkan hingga tertidur. Kendati efektif, cara ini memakan waktu dan menguras energi mama dan papa, apalagi jika pada bayi kemudian terbentuk kebiasaan ‘musti digendong atau diayun-ayun untuk jatuh tertidur, dan sulit tidur tanpa cara tersebut. Moms juga dapat memperhatikan cara membuat  Bayi Tidur Nyenyak dan Berkualitas, Ini 3 Tipsnya. Klik Disini!

Sebelumnya, Moms perlu memperhatikan beberapa faktor, agar bayi baru lahir tidur nyenyak di malam hari. Contohnya, sudah kenyangkah bayi menyusu, tak ada masalah kah dengan kesehatannya, serta bagaimana lingkungan tidur si bayi termasuk suhu udara dan pencahayaan. Untuk bayi baru lahir, dari usia 0 - 3 bulan, mereka terlihat tidur terus sepanjang 24 jam. Tapi, sejatinya bayi baru lahir butuh waktu 14 - 17 jam sehari untuk tidur. Apalagi, bayi baru lahir umumnya akan bangun setelah 2 - 4 jam tidur. Moms juga dapat mencoba cara Ampuh! Cara Ini Membuat Bayi Baru Lahir Tidur Nyenyak Sepanjang Malam

Baca Juga: Tips Bayi Tidur Nyenyak Tanpa Dibedong

Selain itu, cara menidurkan bayi tidak hanya dengan cara digendong, lho! Ini 6 cara menidurkan bayi tanpa digendong :

1. Pakai strategi cahaya sebagai cara menidurkan bayi

Elizabeth Pantley, penulis The No-Cry Sleep Solution, mengatakan cahaya bisa menyalakan tombol supaya bayi selalu melek, Moms. Untuk itu, coba gunakan cara membuat anak bayi tidur dengan meredupkan cahaya lampu.
Suasana gelap memancing otak untuk merilis melatonin, hormon yang bikin seseorang ngantuk. Jaga konsistensi di pagi hari bayi tetap mendapat cahaya dan di malam hari cahaya yang didapat agak redup/ Dengan begitu, dia sudah tahu kapan waktunya tidur. Sehingga, cara membuat bayi tertidur tanpa digendong bisa ibu lakukan

2. Tidurkan bayi saat mulai mengantuk

Misalnya agar bayi tidur nyenyak di siang hari, taruh dia di tempat tidur atau boks ketika dia sudah agak mengantuk. Baiknya, jangan letakkan bayi di tempat tidur saat dia sudah tidur, apalagi terlelap. Misalnya skala tidur bayi 1 - 10, Young bilang ketika bayi sudah tertidur di skala 6, Bunda bisa letakkan dia di tempat tidur. Sehingga, cara membuat bayi tertidur tanpa digendong bisa Bunda terapkan.

3. Jangan langsung pergi

Cara menidurkan bayi kembali setelah dia terbangun adalah Bunda jangan langsung pergi dari ruangan. Sabarlah dengan berada di sisi bayi, atau minimal beri tanda bahwa Moms perlu ada di sisinya. Contoh, dengan menepuk punggungnya atau mengelus kepala bayi. Moms juga perlu Hentikan 5 Kebiasaan Ini Jika Ingin Bayi Cepat Tidur. Klik Disini!

4. Jangan segera menggendong bayi saat terbangun tengah malam

Biarkan beberapa menit agar ia kembali tidur sendiri. Jika tak berhasil, sentuh dan peluk bayi di ranjang hingga tertidur. Jika sulit, gunakan ranjang goyang untuk mengayunnya.

5. Temani hingga bayi tertidur

Pada prinsipnya, bayi berusia 6 hingga 8 minggu sudah dapat diajarkan untuk kembali tertidur tanpa digendong, namun temani ia hingga tertidur.

6. Beri suara-suara

Detak ritmis atau musik akan menenangkan bayi saat jelang waktu tidur. Ulang-ulang setiap hari sehingga menjadi kebiasaan tidur. Suara ritmis membuat bayi nyaman karena mirip detak jantung ibu saat ia dalam kandungan.

7. Membedong bayi

Membedong bayi di usia 0-3 bulan dapat membantunya tak terbangun saat terjadi refleks kejut di tengah tidurnya.

Baca Juga: Yuk Moms Kenali Pola Tidur Bayi

8. Buat bayi kenyang dengan ekstra ASI

Beri ekstra ASI setelah bayi tidur dan sebelum bunda kembali tidur. Ini akan memperpanjang waktu tidur bayi.

Salah satu penyebab bayi tidur gelisah di malam hari adalah dia lapar. Untuk itu, Moms disarankan memberinya dream feed. Ini istilah untuk ibu menyusui bayinya di antara jam 10 malam sampai tengah malam. Cara membuat bayi tidur ini bisa dicoba karena dream feed dapat membuat bayi tidur lebih lama.

Saat menyusui bayi, bila dia ada di boks, tetap redupkan lampu dan angkat dia pelan-pelan dari boksnya. Lalu, posisikan dengan tepat sehingga bayi bisa melakukan pelekatan dengan baik. Dalam kondisi setengah mengantuk, Moms bisa memastikan mulut bayi berada di puting, kemudian susui. Setelah itu, taruh bayi pelan-pelan di boksnya. Ini bisa jadi cara menidurkan bayi setelah menyusu di malam hari yang efektif buat Moms.

9. Jangan memandang mata bayi saat ia mulai mengantuk, ini akan menstimulasi bayi tetap terjaga

Penyebab bayi tidur gelisah di malam hari salah satunya dia melakukan kontak mata dengan Moms ketika dia terbangun. Sebenarnya bayi cukup mendapat isyarat dia aman dan ketika dirinya nyaman, bayi bakal tidur lagi kok, Moms. Makin banyak interaksi orang tua dengan anak selama malam hari, semakin bayi termotivasi untuk bangun, tidak kembali tidur.

Berikan si Kecil bantal yang nyaman agar tidurnya nyenyak sepanjang malam. Dapatkan di www.mooimom.id ya Moms!

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE