Homepage Loading Icon
10+ Perlengkapan Pasca Melahirkan yang Wajib Moms Miliki

10+ Perlengkapan Pasca Melahirkan yang Wajib Moms Miliki

author iconDinda Ayu Saraswati
date icon21 10 2020
category iconKehamilan & Menyusui, Menyusui, Kelahiran Anak,

Saat memasuki bulan ke-8 masa kehamilan, tentu itu waktu yang tepat untuk Moms mulai memikirkan persiapan persalinan sebelum waktunya tiba.

Selain mempersiapkan perlengkapan untuk si Kecil yang mungkin telah dimulai dari jauh-jauh hari, persiapan mental dan fisik Moms menjelang persalinan juga sangat penting untuk diperhatikan agar persalinan berjalan dengan lancar.

Tak hanya perlengkapan untuk si Kecil saja, perlengkapan pasca melahirkan untuk Moms juga tidak boleh dilewatkan. Karena penting untuk diingat, kesehatan dan kebahagiaan Moms sama pentingnya dengan kesehatan dan kebahagiaan si Kecil.

Berikut ini adalah perlengkapan pasca melahirkan yang dapat Moms siapkan untuk mendukung kelancaran masa-masa setelah persalinan.

1. Pakaian Menyusui

Setelah melahirkan, Moms akan menyusui si Kecil. Maka penting bagi Moms untuk menyiapkan beberapa pakaian yang nyaman dan fleksibel untuk menyusui nanti (busui friendly) sebagai perlengkapan pasca melahirkan.

Blouse atau baju berkancing depan, seperti piyama, yang memudahkan Moms untuk menyusui si Kecil. Cari pakaian yang berbahan adem, halus dan longgar karena kondisi tubuh Moms masih belum pulih pasca melahirkan.

2. Bra Menyusui (Nursing Bra) dan Breast Pad

Perlengkapan pasca melahirkan selanjutnya adalah bra menyusui (nursing bra) dan breast pad.

Pemilihan bra juga harus diperhatikan saat sedang masa menyusui bayi. Moms bisa memakai nursing bra agar dapat menyusui si Kecil dengan mudah tanpa harus melepas bra yang sedang Moms pakai.

Dengan begitu, Moms bisa lebih fleksibel untuk menyusui si Kecil di manapun. Bra khusus ini juga memiliki bahan yang lebih halus dan tidak menggunakan kawat agar membantu ASI mengalir dengan lancar.

Selain nursing bra, breasts pad juga dibutuhkan untuk membantu Moms selama proses menyusui ini. Breasts pad merupakan penyerap ASI yang diselipkan di antara bra dan payudara untuk mencegah rembesan ASI.

Terdapat 2 jenis breast pad yang dapat Moms pilih, yaitu breast pad sekali pakai dan yang bisa dicuci agar dapat dipakai berkali-kali.

Baca Juga: Masih Bingung Menentukan Jenis Bra Menyusui Sesuai Kebutuhan? Simak Penjelasannya

3. Bantal Menyusui

Bantal menyusui juga tak kalah penting dimiliki untuk meng-ASI-hi si Kecil, terutama jika ini merupakan pengalaman pertama untuk Moms.

Tentu sebagai new Moms, menyesuaikan posisi menyusui masih tergolong sulit karena belum terbiasa. Nah, bantal menyusui akan sangat membantu Moms. Dengan bentuknya yang letter U, perlengkapan ibu setelah melahirkan ini bisa  sekaligus mengusir pegal-pegal di bagian lengan hingga punggung berkat sanggahan dari bantal itu sendiri.

4. Nursing Cover

Perlengkapan pasca melahirkan untuk mendukung proses menyusui selanjutnya adalah nursing cover. Si Kecil bisa saja menangis kelaparan di manapun ia berada, termasuk ketika sedang Moms bawa ke tempat umum, seperti rumah sakit saat akan check up.

Agar Moms tidak bingung mencari ruangan untuk ibu menyusui dan harus menyusui si Kecil saat itu juga, maka nursing cover dapat menjadi pilihan yang praktis digunakan dimanapun Moms dan si Kecil berada. Pilih nursing cover dari bahan kain katun agar dapat digunakan juga sebagai alas stroller.

5. Korset

Korset menjadi perlengkapan pasca melahirkan yang wajib Moms miliki. Tubuh wanita setelah melahirkan akan mengalami perubahan dibanding dengan saat sebelum hamil dan melahirkan.

Korset ini berfungsi untuk mengencangkan kembali bagian perut yang kendur setelah persalinan agar Moms segera mendapatkan kembali bentuk tubuh seperti sebelum melahirkan.

Jika Moms melahirkan secara caesar, sebaiknya gunakan korset saat Moms merasa siap untuk memakainya dan bekas jahitan di perut sudah mengering agar tidak ada efek samping seperti luka jahitan yang akan terbuka ketika terkena korset ini.

Namun bagi sebagian besar, korset dapat juga membantu pergerakan Moms dan menahan sakit pasca operasi. Moms bisa memilih korset dengan bahan yang nyaman dan mudah untuk digunakan.

6. Nipple Cream

Meskipun menyusui merupakan salah satu pengalaman menyenangkan bagi seorang ibu, namun nyatanya ada masalah yang dialami ibu menyusui, salah satunya adalah puting payudara yang lecet.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, sediakan nipple cream sebagai salah satu perlengkapan ibu setelah melahirkan untuk merawat puting payudara saat menyusui. Penting bagi Moms untuk memperhatikan bahan yang terkandung di dalam nipple cream ini. Pilih yang memiliki formula aman sehingga tak perlu dibilas dan aman jika tertelan oleh bayi.

7. Pompa ASI (Breast Pump)

Dengan berbekal tekad yang kuat untuk memberikan ASI kepada si Kecil selama 2 tahun, maka pompa ASI wajib masuk dalam daftar perlengkapan pasca melahirkan.

Saat bayi beristirahat dan tertidur, Moms dapat melakukan pompa ASI sambil bersantai ataupun sambil menonton film. Cara ini juga ampuh memperbanyak supply air susu, lho.

Untuk Moms yang bekerja, sangat disarankan memilih pompa asi elektrik seperti MOOIMOM Electric Breast Pump atau pompa asi elektrik. Karena selain praktis, Moms tidak perlu repot memerah ASI secara manual saat berada di kantor.

Dengan begitu, Moms bisa tetap memenuhi asupan ASI si Kecil meski harus bekerja. Agar tetap steril dan bebas dari kontaminasi bakteri, jangan lupa selalu mencuci atau mensterilisasi corong pompa ASI serta botolnya ya, Moms.

8. ASI Booster

Seperti yang Moms ketahui bahwa salah satu cara terbaik meningkatkan produksi ASI adalah dengan terus menyusui si Kecil. Karena stimulasi syaraf selama menyusui membantu menghasilkan lebih banyak ASI di payudara. Pengosongan ASI akan memberikan sinyal kepada tubuh Moms untuk meningkatkan produksi ASI.

Namun, ASI booster juga dapat dikonsumsi Moms untuk membantu merangsang produksi ASI jika dirasa asupan ASI untuk si Kecil masih kurang. Pilih ASI booster dengan kandungan alami fenugreek, kolagen, dan goji berry seperti PRENAVITA Honey Lychee Flavoured Powder Drink.

Ini merupakan bubuk laktasi untuk memperlancar ASI. Dengan praktis Moms hanya tinggal seduh ke dalam 300ml air hangat atau bisa juga Moms campurkan ke dalam smoothies favorit Moms, maka PRENAVITA Honey Lychee Flavoured Powder Drink siap dihidangkan.

Baca Juga: 4 Tips Menghadapi Perubahan Fisik Pasca Melahirkan

9. Cooler Bag

Saat mulai memompa ASI, Moms juga memerlukan cooler bag yang dikhususkan untuk menyimpan ASIP, terutama saat bepergian. ASIP yang disimpan di cooler bag ini tidak dianjurkan untuk berbagi tempat dengan daging atau bahan mentah lainnya agar tidak terkontaminasi dengan bakteri.

Selain itu, dengan membeli cooler bag akan memudahkan Moms dalam menyimpan dan membawa ASIP ke manapun tanpa repot.

10. Kantong ASI

Kantong ASI merupakan perlengkapan pasca melahirkan yang wajib dimiliki saat proses menyusui untuk menaruh hasil perahan ASI.

MOOIMOM Breastmilk Storage Bags sangat dianjurkan karena praktis dan memiliki ukuran yang pas untuk menyimpan ASI sesuai dengan kebutuhan bayi.

Paling tidak, Moms sebaiknya sediakan minimal 1 pack MOOIMOM Breastmilk Storage Bags untuk storage ASI selama satu bulan.

Kantong ASI ini merupakan kantong sekali pakai, sehingga tinggal dibuang apabila Moms sudah selesai menggunakannya untuk menyimpan ASIP.

11. Gendongan (Baby Sling)

Bayi baru lahir tentu butuh selalu digendong oleh ibunya. Maka tak heran jika diletakkan di stroller, terkadang rewel hingga menangis. Hal inilah yang sering membuat Moms merasa pegal, karena biasanya si Kecil ingin digendong dalam waktu lama.

Oleh karena itu, lengkapi perlengkapan pasca melahirkan dengan membeli gendonan bayi. Sehingga ketika membawanya pergi ke luar rumah, Moms dapat menggendongnya dengan gendongan model baby sling atau hipseat. Kedua jenis gendongan ini cenderung lebih praktis digunakan dan mudah memakainya.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
MOOIMOM Lightweight Hipseat Carrier Gendongan Bayi
MOOIMOM Lightweight Hipseat Carrier Gendongan Bayi

Rp 990,000

[ABC DESIGN] Stroller Ping / Kereta Dorong Bayi
[ABC DESIGN] Stroller Ping / Kereta Dorong Bayi

Rp 5,500,000

MOOIMOM 2 in 1 Baby Ring Sling & Nursing Cover / Gendongan Bayi
MOOIMOM 2 in 1 Baby Ring Sling & Nursing Cover / Gendongan Bayi

Rp 340,000

[PRENAVITA] Honey Lychee Flavoured  Powder Drink 15 Sachet
[PRENAVITA] Honey Lychee Flavoured Powder Drink 15 Sachet

Rp 199,000

MOOIMOM Bamboo Postpartum Belly Band Corset
MOOIMOM Bamboo Postpartum Belly Band Corset

Rp 756,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved