Homepage Loading Icon
Ingin ASI Kental dan Berkualitas? Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini

Ingin ASI Kental dan Berkualitas? Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini

author iconDinda Ayu Saraswati
date icon14 02 2020
category iconKehamilan & Menyusui, Tumbuh Kembang Anak, Gizi & Kesehatan, Tips,

Banyak Moms khawatir bila ASI yang dihasilkannya terlalu encer. Mereka menganggapASI encermemiliki nutrisi yang lebih sedikit dibandingkan ASI yang kental.Pada dasarnya, tekstur ASI cair maupun kental sama-sama baik untuk si kecil. Namun, beberapa ibu menyusui terkadang ingin dapat memberikan ASI secara optimal, termasuk tekstur ASI yang kental. Nah, agar si kecil bisa mendapatkan semua tekstur ASI, Moms bisa coba dengan cara: rutin menyusui, saat menyusui jangan buru-buru melepaskan payudara dari bayi, lakukan pompa ASI, terakhir yang paling penting adalah perhatikan asupan makanan harian Moms.

Ada banyak pilihan makanan untuk ibu menyusui yang bisa membantu Bunda meningkatkan kualitas ASI. Mengonsumsi rekomendasi bahan makanan untuk ibu menyusui berikut akan membuat ASI lebih kental dan berkualitas serta kaya nutrisi untuk si kecil.

  1. Ikan Salmon

Tahukah Moms, makanan untuk meningkatkan kualitas ASI bisa didapat dari jenis ikan-ikanan? Namun, untuk membuat ASI berkualitas dan kental, jenis ikan yang paling baik adalah ikan salmon. Ikan salmon memiliki kandungan omega 3 berjenis EPA (Eicosapentaenoic acid) dan DHA (Docosahexaenoic acid). DHA sangat bagus bagi perkembangan saraf dan meningkatkan kecerdasan Si Kecil, sedangkan EPA baik untuk jantung dan pembentukan sel darah. Namun, pastikan Bunda memasak ikan salmon hingga matang, karena untuk mengantisipasi adanya kuman penyakit di makanan sehat untuk ibu menyusui satu ini.

  1. Daging Sapi Tanpa Lemak

Bagi Moms yang suka makan steak sapi, makanan ini tetap aman untuk dikonsumsi selama periode menyusui, lho. Tetapi, akan lebih baik jika Bunda mengkonsumsi daging sapi tanpa lemak. Hal ini dikarenakan daging sapi tanpa lemak mengandung banyak zat besi yang diperlukan oleh Bunda guna menambah energi yang terkuras pasca melahirkan dan menyusui. Untuk menghindari bakteri, pastikan daging sapi yang Moms konsumsi dimasak pada tingkat kematangan well done, ya.

  1. Beras Merah

Makanan untuk ibu menyusui selanjutnya adalah beras merah. Beras merah mengandung senyawa galaktogogus yang baik untuk melancarkan ASI. Beras merah juga akan membantu proses pemulihan pasca melahirkan. Selain itu, beras merah juga membantu meningkatkan nafsu makan dan menjaga kadar gula dalam darah Moms, lho. Yang paling penting, makanan untuk ibu menyusui satu ini juga mengandung banyak senyawa yang akan meningkatkan kualitas ASI, lho. Saat si kecil sudah bisa mengonsumsi makanan selain ASI, beras merah juga bisa menjadi makanan pendamping ASI yang baik buat bayi. Makin nggak ragu beralih ke makanan untuk bukan?

  1. Telur

Bahan makanan untuk meningkatkan kualitas ASI lainnya adalah telur. Bahan makanan ini kaya akanvitaminD yang berfungsi untuk menjaga tulang Moms dan juga perkembangan tulang bayi pada masa pertumbuhan.

  1. Air Putih

Terakhir yang nggak boleh dilupakan adalah minum air putih yang cukup ya, Moms. Pastikan Moms mengonsumsi air putih yang sudah matang dan bebas dari kuman serta bakteri. Bunda juga bisa mengurangi dan menghindari konsumsi air minum isi ulang dan juga air minum dalam kemasan.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Disposable Breast Pads (30pcs) Penyerap ASI
Disposable Breast Pads (30pcs) Penyerap ASI

Rp 30,000

MOOIMOM NEW Natural Comfort Electric Breast Pump Pompa ASI Elektrik
MOOIMOM NEW Natural Comfort Electric Breast Pump Pompa ASI Elektrik

Rp 1,390,000

MOOIMOM New Silicone Breast Pump + Free Lid Pompa ASI Silikon Ibu Menyusui
MOOIMOM New Silicone Breast Pump + Free Lid Pompa ASI Silikon Ibu Menyusui

Rp 149,000

Natural Comfort Electric Breast Pump Pompa ASI Elektrik
Natural Comfort Electric Breast Pump Pompa ASI Elektrik

Rp 1,390,000

MOOIMOM Silicone Breastpump Premium Pack
MOOIMOM Silicone Breastpump Premium Pack

Rp 189,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved