Homepage Loading Icon
Hamil kosong Tanpa Kuret, Ternyata Ini Dampaknya Moms!

Hamil kosong Tanpa Kuret, Ternyata Ini Dampaknya Moms!

author iconanisyukur
date icon07 10 2019
category iconMasa Kehamilan, Kehamilan & Menyusui,

Setiap Moms menginginkan bahwa setiap kehamilan dapat berjalan dengan lancar tanpa suatu kendala apapun. Namun terkadang, meskipun telah berusaha dengan maksimal, musibah tidak dapat dihindari. Beberapa Moms mungkin akan mendapatkan kehamilan kosong meski telah berusaha dengan maksimal.

Kehamilan kosong atau hamil anggur

Kehamilan kosong adalah atau hamil anggur yang dalam medis disebut blighted ovum merupakan sebuah fenomena kehamilan dimana kantung hamil berkembang tanpa adanya embrio di dalamnya meskipun terjadi pembuahan di dalam rahim. Ciri-ciri hamil kosong biasanya ditandai dengan bercak darah yang tidak sama dengan tanda kehamilan normal, kram pada perut yang cukup hebat, kondisi perut yang tidak mengembang ukurannya, serta tidak ditemukannya embrio pada pemeriksaan USG meskipun seharusnya sudah terlihat.

Kehamilan kosong umumnya tidak akan bertahan lama karena janin tidak berkembang. Biasanya orang akan melakukan kuret untuk membersihakan sisa kehamilan kosong tersebut. Namun, karena beberapa alasan banyak pula para perempuan yang tidak melakukan kuret untuk membersihkan sisa dari kehamilan kosong tersebut. 

Lantas apakah hamil kosong tanpa kuret berbahaya?

Kuret merupakan salah satu tindakan pembersihan saat hamil kosong atau janin tidak berkembang. Bila kehamilan kosong dibiarkan begitu saja tanpa melakukan kuretase dapat menimbulkan beberapa dampak negatif diantaranya:

1. Keguguran spontan

Pada banyak kasus kehamilan kosong yang tidak dilakukan proses kuratase dapat menimbulkan keguguran spontan pada ibu hamil. Kondisi keguguran spontan ini terjadi kurang lebih pada 50% kehamilan kosong yang terjadi di trimester pertama. Kondisi keguguran spontan pada kehamilan kosong tersebut dapat menimbulkan beberapa dampak mulai yang ringan hingga berbahaya terutama bagi ibu. Dampak paling terasa adalah munculnya rasa sakit dan pendarahan pada rahim ibu.

2. Berpotensi menyebabkan tumbuhnya kista

Sat hamil kosong dan tidak melakukan tindakan pembersihan dapat mengkibatkan tersisanya beberapa kotoran di rahim ibu hamil. Adanya kotoran yang terdapat pada rahim tersebut dapat meningkatkan resiko terjadinya kista. Menurut wikipedia, kista adalah tumor jinak yang paling sering ditemui. Bentuknya kistik, berisi cairan kental, dan ada pula yang berbentuk anggur. 

3. Mengakibatkan pendarahan dan anemia

Dampak dari kasus hamil kosong tanpa kuret adalah mengakibatkan adanya pendarahan dan anemia. Karena hamil kosong pasti akan mengalami keguguran. Dan apabila kondisi ini tidak segera diatasi maka akan terjadi pendarahan hebat yang bisa mengakibatkan kekurangan darah pada sang ibu atau kondisi ini juga biasa dikenal dengan anemia.

4. Mengundang datangnya penyakit 

Kehamilan kosong tanpa kuretase dapat menyebabkan datangnya penyakit lain kedalam tubuh. Penyakit – penyakit ini akan didominasi dengan jenis infeksi. Infeksi yang ada bisa berupa infeksi saluran kemih pada ibu hamil yang tentunya kan sangat berbahaya bagi kesehatan ibu hamil tersebut karena bisa menurunkan kesempatan seorang penderita untuk memiliki momongan setelah mengalami kehamilan kosong.
 

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Long Seamless Boned Corset Korset Pelangsing Pasca Melahirkan
Long Seamless Boned Corset Korset Pelangsing Pasca Melahirkan

IDR 299,000

Seamless Slimming Suit / Baju Pelangsing
Seamless Slimming Suit / Baju Pelangsing

IDR 279,000

Adjustable Recovery Corset
Adjustable Recovery Corset

IDR 139,000

Bamboo Postpartum Belly Band Corset
Bamboo Postpartum Belly Band Corset

IDR 920,000

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand
59S Brand
SmilyMia Brand
Tweeling Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM CO., LTD. All Rights Reserved