Homepage Loading Icon
Bayi Kerap Menyusu Hanya pada Satu Payudara, In Cara Mengatasinya

Bayi Kerap Menyusu Hanya pada Satu Payudara, In Cara Mengatasinya

author iconfallin
date icon17 05 2019
category iconKehamilan & Menyusui,

Bayi moms cuma mau menyusu dari satu payudara saja. Ketika disodorkan payudara yang lain, dia selalu menolak. 

 

Tak perlu khawatir berlebihan, karena ternyata kondisi tersebut wajar terjadi. Namun jika lama dibiarkan akan berdampak pada bentuk payudara dan produksi ASI. 

 

Bentuk payudara yang besar sebelah juga masih dianggap sebagai hal yang tidak perlu ditakutkan. Hal itu terjadi karena satu payudara moms menghasilkan lebih banyak ASI dibanding lainnya. Tidak heran kalau akhirnya si kecil jadi lebih nyaman menyusu payudara yang ASI lebih melimpah.

 

Kalau bayi menolak menyusu dari satu payudara untuk sementara waktu, hal itu biasanya dikarenakan beberapa kondisi tertentu saja. Misalnya, hidung mereka sedang tersumbat, infeksi telinga atau usai menjalani vaksinasi yang membuat satu lengannya terasa sakit.

 

Tetapi seiring dengan kondisinya yang semakin pulih, bayi biasanya akan menyusu kembali dari kedua payudara.

 

Selain itu, moms juga harus mengubah cara menyusui yang salah. Kadang, kebiasaan menyusu si kecil dipengaruhi oleh Anda sendiri. Sebagian moms merasa nyaman menyusui hanya dari payudara yang produksi ASI-nya lebih melimpah.

 

Agar si kecil mau menyusui di salah satu payudara yang tidak disukai, mulailah membiasakan bayi Anda menyusui di sisi itu. Anda bisa mulai menyusui di payudara favorit si kecil, lalu secara perlahan lepaskan lekatan si kecil pada salah satu payudara pindahkan ke sisi payudara lainnya.

 

Bentuk puting yang berbeda antara payudara kanan dan kiri, juga bisa memengaruhi kebiasaan menyusu bayi. Bayi biasanya akan kesulitan menyusu pada sisi payudara yang memiliki puting lebih kecil dan datar. 

 

Untuk mencegah hal itu, moms disarankan untuk menawarkan payudara kanan terlebih dahulu baru yang kiri saat menyusui. Moms juga dapat memompa payudara sebelah kiri jika merasa payudara tersebut kurang maksimal menghasilkan ASI. Dengan memberi rangsangan yang baik maka ASI pun dapat memproduksi secara seimbang dan maksimal. 

 

Perlu diingat, bahwa lebih sering menyusui akan membuat payudara secara otomatis memproduksi ASI sesuai dengan kebutuhan bayi. Sehingga, bagi periode menyusui secara rutin dari payudara kanan ke kiri secara bergantian demi hasil maksimal.

 

Bagi ibu baru, menyusui mungkin bisa cukup merepotkan. Namun, cobalah untuk mempraktikkan beberapa posisi menyusui yang nyaman seperti di atas. Atau Anda juga dapat menggunakan bantal menyusui untuk memberikan kenyamanan pada bayi saat menyusu juga bagi Anda. Ingat, ASI memberikan manfaat berlimpah untuk anak dan sang ibu.

 

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Hands free Pumping Tank / Tank Top Bra Menyusui
Hands free Pumping Tank / Tank Top Bra Menyusui

IDR 340,000

Mooimom Maternity & Nursing Pillow
Mooimom Maternity & Nursing Pillow

IDR 699,000

New Silicone Breast Pump + Free Lid Pompa ASI Silikon Ibu Menyusui
New Silicone Breast Pump + Free Lid Pompa ASI Silikon Ibu Menyusui

IDR 249,000

New Breastmilk Storage Bags 250ml - Kantong ASI
New Breastmilk Storage Bags 250ml - Kantong ASI

IDR 89,000

Natural Comfort Electric Breast Pump Pompa ASI Elektrik
Natural Comfort Electric Breast Pump Pompa ASI Elektrik

IDR 1,690,000

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand
59S Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM CO., LTD. All Rights Reserved