Homepage Loading Icon
Hamil? Jangan Konsumsi 5 Makanan Ini Moms! - MOOIMOM

Bahaya! Jangan Konsumsi 5 Makanan Jenis ini Saat Hamil!

author iconNovia Luciana
date icon14 06 2017
category iconMasa Kehamilan, Gizi & Kesehatan, Kehamilan & Menyusui,

Bahaya! Jangan Konsumsi 5 Makanan Jenis ini Saat Hamil!

Sedang dalam kondisi hamil itu tandanya Anda wajib memperhatikan pola asupan makanan Anda setiap saat. Meski beberapa dokter ada yang menganjurkan untuk tak terlalu khawatir dan terlalu ribet dalam hal ini, namun biasanya ibu hamil justru seperti otomatis mengetahui apa yang baik dan buruk bagi dirinya. Kondisi kehamilan setiap wanita pasti berbeda, oleh karena itu Anda juga perlu berkonsultasi kepada dokter jika ragu ingin mengkonsumsi tertentu. Seperti ikan, memang ikan bagus untuk pembentukan sel otak bayi Anda, namun ternyata tak semua ikan boleh dikonsumsi. Berikut ini akan dijabarkan beberapa makanan yang ternyata bahaya jika dikonsumsi oleh ibu hamil, dilansir dari berbagai sumber.

Makanan mengandung MSG

MSG adalah Monosodium Glutamat atau Sodium Glutamat, ini merupakan garam natrium dari asam glutamate yang merupakan salah satu asam amino non esensial paling berlimpah dan terbentuk secara alami. Produsen makanan menggunakan MSG ini biasanya sebagai penguat rasa makanan, orang-orang pada umumnya mengenal MSG sebagai micin (Wikipedia). MSG cukup berbahaya jika dikonsumsi berlebihan oleh ibu hamil karena terdapat zat kimia di dalamnya dan tentu saja terbentuk karena proses kimia juga. Zat ini rupayanya bisa menyebabkan pembentukan otak bayi tidak sempurna dan bisa menimbulkan gangguan kecerdasan pada bayi Anda. Menurut beberapa sumber lain, MSG bisa juga menyebabkan ibu hamil mengalami kontraksi dini. Contoh makananya yang banyak mengandung MSG dan biasanya dihindari oleh ibu hamil adalah mie instant, makanan ringan, dsb.

Ikan – ikanan

Sebenarnya, ikan-ikanan baik untuk dikonsumsi ibu hamil karena akan membuat perkembangan otak bayi menjadi baik juga. Tapi sayangnya, ikan laut sekarang ini sudah tercemar merkuri yang berasal dari limbah-limbah pabrik atau limbah rumah tangga. Mengapa ikan laut mengandung merkuri? Karena laut adalah tempat pembuangan terakhir dari berbagai sumber pembuangan. Untuk orang biasa atau orang yang sedang tidak hamil atau merencanakan kehamilan, kandungan merkuri yang hanya beberapa microgram (mcg)  saja per liter pada ikan, tidak menjadi masalah jika dikonsumsi. Namun lain halnya untuk beberapa kategori. Menurut FDA (Food and Drug Administration) dan EPA (Environmental Protection Agency), sebaiknya beberapa orang dengan kategori seperti wanita yang sedang merencanakan kehamilan, ibu hamil, ibu menyusui, dan bayi tidak dianjurkan mengkonsumsi ikan terlalu banyak atau dengan kata lain harus dikurangi. Beberapa jenis ikan ini yang harus Anda hindari : ikan hiu, ikan tuna, ikan sarden, ikan tenggiri, dan ikan todak. Sementara ikan jenis salmon, nila, dan kod masih aman dikonsumsi karena kadar merkurinya rendah.

Makanan mentah atau setengah matang

Jika Anda penyuka makanan sushi atau makanan setengah mentah lainnya, maka sebaiknya Anda berpuasa terlebih dahulu. Makanan mentah tidak baik dikonsumsi ibu hamil karena beberapa bakteri dan virus yang terkandung berbahaya bagi kesehatan janin. Bahkan beberapa ibu yang memiliki kondisi kandungan lemah justru akan mengalami kontraksi dini jika mengkonsumsinya. Untuk jenis seafood atau sushi yang diolah mentah atau setengah matang, bisa jadi makanan tersebut mengandung virus tokso yang akan membuat kepala janin terisi terlalu banyak cairan. Sementara bakteri seperti salmonella biasanya terdapat pada makanan setengah matang yang akan menyebabkan diare, disentri, bahkan kontraksi dini pada ibu hamil. Contoh makanan setengah matang yang tidak diperbolehkan adalah seperti telur setengah matang, daging steak medium well, dan semacamnya.

Daging olahan dan daging kambing sebaiknya dihindari terlebih dahulu

Jika saat tidak hamil Anda bebas mengkonsumsi makanan daging-dagingan atau olahannya, maka saat hamil Anda harus lebih teliti. Pilihlah daging sapi daripada daging kambing. Daging kambing tidak diperbolehkan dikonsumsi oleh ibu hamil karena daging kambing ini sifatnya panas. Selain itu, daging kambing mengandung natrium dalam jumlah yang tinggi, kemudian zat besi, dan vitamin B kompleks yang dapat memicu hipertensi. Hipertensi tidak pada ibu hamil saja berbahaya, terlebih lagi pada ibu hamil karena bisa menyebabkan keracunan kehamilan. Sementara itu, mengkonsumsi daging kambing yang sifatnya panas dapat memicu suhu tubuh Anda naik dan suhu tubuh kandungan Anda juga naik. Hal ini bisa mengakibatkan keguguran tiba-tiba. Lalu untuk daging olahan, sebaiknya jangan dikonsumsi karena kita tidak tahu apakah pengolahannya higienis atau tidak. Beberapa contoh daging olahan ini sebaiknya dihindari dulu saat hamil : kornet, daging mackerel, dendeng, abon, dan semacamnya.

Sayuran mentah

Meski sayuran bagus untuk tubuh karena pasti akan menambah serat bagi ibu hamil (serat berfungsi mencegah sembelit pada ibu hamil), namun ibu hamil sangat tidak disarankan mengkonsumsi sayuran tanpa dimasak. Sayuran mentah seperti lalapan bisa saja dikonsumsi saat Anda tidak dalam kondisi hamil, namun jika hamil, bakteri pada sayuran mentah ini bisa berbahaya karena bisa membuat Anda pusing, mual, muntah, diare, disentri, dan terburuknya bisa menyebabkan keguguran. Maka sebaiknya dihindari ya Moms! (Baca juga : Ini 5 Makanan Supaya Kandungan Ibu Kuat!)

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Crossover Maternity & Nursing Bra Hamil Menyusui
Crossover Maternity & Nursing Bra Hamil Menyusui

IDR 190,000

Crossover Low Waist Maternity Briefs Celana Dalam Hamil
Crossover Low Waist Maternity Briefs Celana Dalam Hamil

IDR 79,000

Super Soft Skinny Maternity Jeans Celana Jeans Hamil
Super Soft Skinny Maternity Jeans Celana Jeans Hamil

IDR 499,000

Super Soft Crossover Maternity & Nursing Bra Top Tank Top Bra Ibu Hamil Menyusui
Super Soft Crossover Maternity & Nursing Bra Top Tank Top Bra Ibu Hamil Menyusui

IDR 239,000

Cotton Maternity & Nursing Bra Top / Tank Top Bra Hamil Menyusui
Cotton Maternity & Nursing Bra Top / Tank Top Bra Hamil Menyusui

IDR 349,000

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM CO., LTD. All Rights Reserved