Homepage Loading Icon
5 Makanan Mentah yang Bahaya Dikonsumsi Ibu Hamil

5 Makanan Mentah yang Bahaya Dikonsumsi Ibu Hamil

author iconanisyukur
date icon13 10 2019
category iconMasa Kehamilan, Kehamilan & Menyusui, Resep, Gizi & Kesehatan,

Banyak sekali jenis makanan yang menjadi berbahaya bagi ibu hamil muda. Hal itu dikarenakan dalam makanan tersebut mengandung zat yang tidak boleh masuk ke dalam perut ibu hamil. Ibu yang sedang hamil sebaiknya pintar dalam memilih-milih makanan. Jangan asal makan dan suka saja. Selama ini, ibu hamil muda akan mengalami masa ngidam. Ibu hamil muda juga hanya mau makan makanan yang sedang dia inginkan. Lantas apa saja makanan mentah yang tidak boleh dimakan oleh ibu hamil? Berikut ulasanya untuk Moms


Telur

Kandungan protein yang terdapat di dalam telur sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Jika dikonsumsi dalam keadaan mentah atau setengah matang, telur justru dapat memberikan efek negatif bagi ibu hamil, khususnya bagi janin. Namun, telur harus dikonsumsi dalam kondisi benar-benar matang.

Telur kemungkinan mengandung bakteri Salmonella yang menjadi pemicu, mual, muntah, diare, demam, dan kram perut pada ibu hamil. Dalam beberapa kasus, mengonsumsi telur mentah atau setengah matang juga dapat meningkatkan risiko bayi lahir prematur, karena itulah harus dimasak sampai matang.

Daging

Makanan lain yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil dalam keadaan mentah adalah daging. Daging berisiko mengandung Salmonella yang bisa menyebabkan ibu hamil mengalami gangguan pencernaan, bahkan gangguan kehamilan dan janin.Jika ingin mengonsumsi daging, Bumil bisa memasaknya sampai benar-benar matang, sampai tidak ada bagian daging berwarna merah muda dan darahnya benar-benar hilang. Jangan lupa juga untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah memasak daging ya, Bumil.

Ikan

Ucapkan selamat tinggal pada makanan berbahan dasar ikan mentah, seperti sushi. Ikan mentah berisiko mengandung bakteri Listeria. Infeksi Listeria bisa meningkatkan risiko keguguran, kelahiran prematur, dan janin meninggal dalam kandungan (stillbirth).Sebaiknya Bumil lebih selektif dalam memilih ikan. Sebab, beberapa jenis ikan berpotensi terpapar bahan kimia di lautan dan berbahaya jika dikonsumsi ibu hamil, salah satunya adalah merkuri.

Kerang, lobster, dan udang

Makanan yang terbuat dari kerang, lobster, maupun udang, juga perlu dimasak dengan sempurna. Kerang, lobster, dan udang dapat terkontaminasi bakteri, virus, hingga racun. Sehingga, jika dikonsumsi dalam keadaan mentah atau tidak benar-benar matang, berisiko menyebabkan keracunan makanan, yang dapat mengganggu kehamilan.

Sayur kecambah

Makanan kecambah, seperti kacang, toge, kacang hijau, atau lobak, memang baik untuk dikonsumsi. Namun, jika dikonsumsi dalam keadaan mentah, justru bisa membawa efek buruk untuk ibu hamil. Sayuran berkecambah berisiko terpapar bakteri yang dapat meningkatkan risiko keguguran dan bayi lahir prematur, apalagi jika sayuran dalam kondisi rusak.Bakteri Salmonella bisa hinggap di sayuran kapan saja, baik saat proses produksi, panen, penyimpanan, pengiriman, maupun saat sayuran itu dijual. Jika tetap ingin mengonsumsi sayur kecambah, pastikan Bumil telah mencucinya sampai bersih dan memasaknya sampai benar-benar matang ya.

Walaupun tidak bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan di atas, Bumil tetap bisa mengonsumsi makanan lezat lainnya kok. Saat hamil, usahakan untuk memastikan semua makanan dan minuman yang dikonsumsi bersih, aman, dan matang ya. Selain itu, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter, tentang makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bumil dan calon bayi.
 

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Mooimom Anti-Leg Cramp Pregnancy Pillow Bantal Hamil
Mooimom Anti-Leg Cramp Pregnancy Pillow Bantal Hamil

IDR 499,000

Mooimom - Belly Cream - Krim Selulit Ibu Hamil & Pasca Melahirkan
Mooimom - Belly Cream - Krim Selulit Ibu Hamil & Pasca Melahirkan

IDR 199,000

Mooimom Multifunction Pregnancy Pillow Bantal Hamil
Mooimom Multifunction Pregnancy Pillow Bantal Hamil

IDR 599,000

New Seamless Maternity & Nursing Bra Hamil Menyusui
New Seamless Maternity & Nursing Bra Hamil Menyusui

IDR 199,000

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand
59S Brand
SmilyMia Brand
Tweeling Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved