Mamapedia Logo
Pertimbangkan Hal Ini Saat Memilih Dokter Kandungan

Pertimbangkan Hal Ini Saat Memilih Dokter Kandungan

author iconnadhilapn
date icon02 02 2018
category iconGaya Hidup, Kehamilan & Menyusui, Masa Kehamilan, Tips, Keluarga,

 

Pada saat Moms mengetahui tentang kehamilan untuk pertama kalinya, terkadang Moms merasa bahagia sekaligus bingung untuk menemukan dokter kandungan yang tepat. Bahkan Moms juga bertanya-tanya apa saja sebenarnya hal yang perlu dipertimbangkan dan bagaimana pemilihan dokter yang cocok untuk Moms?

Dilansir dari suatu sumber, berikut hal-hal yang Moms perlu pertimbangkan saat memilih dokter kandungan:

 

Baca juga: Atasi Perut Kembung Pada Bayi Secara Alami

 

  1. Dokter Yang Sudah Dikenal

Beberapa Moms tentunya pernah berkunjung ke dokter kandungan sebelum hamil, seperti saat Moms memiliki masalah menstruasi atau pemeriksaan papsmear setiap tahunnya. Bila Moms sudah memiliki dan mengenal dokter yang pernah dikunjung sebelumnya, ada baiknya Moms memilih dokter yang sebelumnya sudah pernah menangani Moms sehingga dapat memberikan perasaan yang tenang karena dokter tersebut telah mengetahui dan memiliki riwayat kesehatan Moms.

 

  1. Waktu dan Tempat Praktik

Moms sebaiknya memilih dokter kandungan yang memiliki jam praktik sesuai waktu luang yang Moms miliki dan akan lebih baik lagi apabila dokter tersebut membuka praktik pada akhir pecan sehingga Moms dan mengunjunginya dan berkonsultasi dengan lebih leluasa. Pertimbangkan juga lokasi tempat praktiknya dan jangan memaksakan diri memilih dokter dengan reputasi terkenal tapi memiliki tempat praktik yang jauh dari rumah.

Baca juga: Manfaat Penggunaan Maternity Belt Saat Kehamilan

 

  1. Dokter Pria atau Wanita?

Apabila Moms lebih nyaman diperiksa oleh dokter wanita, maka Moms sebaiknya memilih dokter wanita. Namun ada juga Moms yang tidak mempermasalahkan soal jenis kelamin dari dokter yang menangani proses kehamilan dan juga persalinannya. Soal keterampilan dan juga reputasi, dokter kandungan wanita dan pria sama-sama tidak memiliki perbedaan. Sehingga semuanya kembali kepada Moms yang memutuskan.

 

  1. Bersedia Dihubungi Setiap Saat

Pilihlah dokter yang komunikatif karena mungkin Moms akan banyak pertanyaan dan juga keluhan selama kehamilan. Pastikan juga Moms merasa nyaman dan cocok ketika berdiskusi dengan dokter sehingga Moms merasa mendapat perhatian, dihargai, dan juga dapat memperoleh penjelasan yang jelas.

 

Baca juga: Yuk Moms Lakukan Hal Ini Saat Hamil

 

Jadi, itu tadi beberapa cara dan pertimbangan untuk memilih dokter kandungan yang tepat untuk Moms. Jangan memaksakan diri untuk memilih dokter dan lokasi rumah sakit yang jauh ya Moms. Selamat memilih!

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE