Mamapedia Logo
Atasi Perut Kembung Pada Bayi Secara Alami

Atasi Perut Kembung Pada Bayi Secara Alami

author iconnadhilapn
date icon02 02 2018
category iconGaya Hidup, Gizi & Kesehatan, Menyusui, Tumbuh Kembang Anak, Tips,

Perut kembung yang terjadi pada bayi sangat mudah terjadi. Kondisi ini biasanya dialami pada bayi yang baru lahir ataupun yang sudah berumur beberapa bulan. Perut yang kembung sering menyebabkan bayi Moms cenderung sering menggeliat, menangis terus menerus, dan juga membuat bayi sulit untuk tidur. Bahkan bayi Moms juga dapat menolak pemberian ASI ataupun susu formula.

Baca juga: Manfaat Penggunaan Maternity Belt Saat Kehamilan

Dilansir dari suatu sumber, perut bayi yang kembung digambarkan sebagai tanda-tanda adanya angina yang terperangkap pada perut sehingga perut bayi akan lebih keras dan merasa tidak nyaman. Pada dasarnya penyebab perut bayi yang kembung merupakan gangguan yang normal. Berikut beberapa cara yang dapat Moms lakukan untuk mengatasi perut bayi yang kembung:

  1. Menggosok Perut Bayi

Jika perut bayi Moms kembung, dan ketika ditepuk dengan pelan maka akan mengeluarkan suara yang nyaring. Moms dapat menggosok perut bayi dimana cara ini merupakan cara yang baik untuk menghangatkan perut bayi dan membantu perut agar bisa kembali seperti semula. Bahkan hal ini juga membantu bayi agar buang angina sehingga tidak kembung. Caranya adalah dengan menggosok perut bayi dari arah punggung ke pusar dan berika tekanan yang lembut ketika mendekati pusar. Jangan terlalu menekan keras karena bisa membuat perut bayi sakit.

Baca juga: Yuk Moms Lakukan Hal Ini Saat Hamil

  1. Kurangi Pemberian Susu Formula

Pemberian susu formula yang terlalu banyak dapat menyebabkan perut yang kembung dan juga sembelit yang menyakitkan untuk bayi. Oleh karena itu, Moms dapat mengurangi takaran susu formula. Perut kembung juga bisa disebabkan oleh pemberian susu formula yang tidak sesuai dengan perut bayi. Jika hal tersebut terjadi, cobalah untuk mengganti merek susu formula yang diberikan kepada bayi.

  1. Menepuk Punggung Bayi

Perut bayi yang kembung biasanya terjadi karena masalah angina yang terperangkan dalam perut. Kondisi tersebut biasanya terjadi setelah bayi minum susu formula ataupun ASI dan juga makanan pendamping ASI. Hal ini membuat bayi sulit untuk bersendawa. Moms perlu menggendong bayi dengan posisi sedikit tegak, kemudian tepuk ringan dan dengan lembut pada bagian punggungnya dan tunggu hingga bayi bersendawa.

  1. Mandikan Bayi Dengan Air Hangat

Air hangat baik untuk membantu perut bayi menjadi lebih nyaman. Cara ini dapat dilakukan pada bayi yang baru lahir atau yang sudah berumur beberapa bulan. Apabila bayi dapat menerima minuman lain selain ASI, coba berikan air hangat untuk membantu perut bayi agar menjadi lebih nyaman.

Baca juga: Ini Penyebab Perut Kencang Saat Hamil

  1. Biarkan Bayi Aktif

Jangan membatasi gerakan bayi. Berbagai gerakan yang sesuai dengan pola perkembangan dan kemampuan fisik bayi dapat membantu membuang gas yang ada pada perut bayi. Ajaklah bayi bermain dan belajar sesuai dengan fisiknya sehingga melalui gerakan-gerakan yang dibuat dapat membantu bayi bersendawa. Cara ini merupakan cara yang penting dilakukan setelah bayi minum ASI atau susu formula.

 

Perut kembung yang dialami oleh bayi merupakan masalah yang sangat umum. Namun terkadang terdapat posisi tertentu ketika bayi sering mengalami perut kembung yang sulit dikenali penyebabnya, apabila hal tersebut terjadi, maka Moms dapat mencoba untuk membawanya ke dokter. Perut kembung pada bayi bisa disebabkan juga oleh masalah medis seperti adanya gangguan pada penyerapan nutrisi oleh bayi.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share