Mamapedia Logo
7 Manfaat Bawang Merah untuk Bayi, Tak Cuma Redakan Demam!

Tak Cuma Redakan Demam, Ini 6 Manfaat Lain Bawang Merah untuk Bayi

author iconKenhari
date icon10 02 2021
category iconGaya Hidup, Tumbuh Kembang Anak, Tips,

Bawang merah sangat familiar dengan para Moms karena menjadi andalan di dapur. Namun, manfaat lainnya juga bisa menjadi alternatif pengobatan tradisional, lho! Salah satu metode yang biasa dilakukan menggunakan bawang merah adalah untuk mengatasi demam pada bayi.Ketimbang memberikan obat, banyak orang tua yang memilih cara alami untuk mengatasi demam pada bayi. 

Moms bisa mengaplikasikan cara ini untuk membantu menurunkan demam pada bayi :

- Siapkan 3-5 butir bawang merah, kupas, dan cuci bersih.
- Gerus, iris, atau parut bawang merah, tetapi jangan sampai halus.
- Tambahkan sedikit minyak (minyak telon, minyak kayu putih, minyak zaitun, atau minyak lainnya) lalu aduk.
- Balurkan campuran tersebut ini ke badan anak seperti ubun-ubun, perut, dada, lipatan lengan, paha, dan telapak kaki.
- Saat membalurkan, Moms juga bisa memberikan pijatan halus.

Read More : Wajib Tahu, Ini 5 Cara Alami Menurunkan Panas pada Anak

Manfaat lain bawang merah sangat banyak lho, Moms. Dapat digunakan sebagai Obat Alami ketika bayi atau anak kita mengalami masalah pada tubuh, Moms dapat mengetahui Kegunaan Bawang Merah Sebagai Obat Anak. Klik Disini! Kandungan Flavonoid yang ada pada bawang merah juga berfungsi sebagai anti bakteri, anti radang, dan juga untuk menurunkan demam. 

Masih banyak manfaat lain bawang merah, Tak Cuma Redakan Demam, Ini 6 Manfaat Bawang Merah Untuk Bayi : 

1. Mengobati gejala batuk pada bayi


Batuk merupakan respons alami tubuh dalam membersihkan saluran pernapasan dari dahak dan penyebab iritasi. Meski sebagian besar batuk yang ringan akan sembuh dengan sendirinya, rasa tidak nyaman akibat batuk kerap membuat anak tidak nyaman. Namun, apabila si Kecil batuk berdahak berikut Cara Meredakan Batuk Berdahak pada Bayi. Klik Disini!

Moms bisa memanfaatkan bawang merah untuk mengatasi gejala batuk pada si Kecil. Caranya dengan mengiris bawang merah menjadi beberapa bagian dan tumbuk bawang merah yang dicampur dengan minyak kayu putih. Lalu balurkan pada punggung, kaki dan tangan bayi. Pengobatan alami ini dapat membuat mereka menjad lebih rileks.

Read more : Obat Batuk Alami yang Aman untuk Anak


2. Meredakan gejala flu pada bayi


Saat si Kecil terkena flu, maka tidak harus selalu diatasi dengan obat. Tapi gunakanlah pengobatan alami dengan bawang merah. Caranya sangat mudah, Moms hanya perlu menghaluskan bawang merah atau mengirisnya tipis-tipis. Jika sudah, campurkan beberapa tetes minyak kayu putih. Lalu oleskan di punggung, dada, kepala dan telapak kaki si Kecil secara merata. Moms juga bisa meletakkan campuran bawang merah tersebut di samping tempat tidurnya. Melalui efek uap yang keluar dari bawang merah, maka akan membuat mereka lebih rileks.


3. Mengatasi masuk angin pada bayi

Masuk angin adalah hal yang sering terjadi pada bayi dan anak-anak. Biasanya masuk angin diikuti dengan gejala sakit perut dan perut kembung hingga muntah-muntah yang membuatnya tidak nyaman. Jika sudah begitu, sebaiknya harus segera diobati memakai bahan alami seperti bawang merah. Apalagi bawang merah sudah turun temurun dipercaya sebagai obat masuk angin.

Dengan menggosok badan anak menggunakan irisan bawang merah yang dicampur minyak kayu putih, maka akan membuatnya lebih hangat dan rileks.


4. Menangani perut kembung pada bayi


Tentunya saat bayi mengalami perut kembung, hal itu membuatnya rewel dan tidak mau makan. Namun jangan khawatir, kenali dulu ciri - ciri perut kembung pada bayi. Klik disini!

Cobalah mengatasi masalah itu dengan bawang merah yang dapat menstimulasi saluran pencernaannya. Cukup membalurkan bawang merah pada perut anak secara merata dan disertai pijatan lembut searah jarum jam, maka cara ini akan meredakan perut kembung.

5. Baik untuk Sistem Pencernaan


Serat dalam bawang merah mampu meningkatkan proses pencernaan, sehingga buang air besar jadi teratur. Bawang mengandung jenis serat larut khusus yang disebut oligofruktosa, yang mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus. Selain itu, sebuah studi tahun 2005 di dalam jurnal Clinical Gastroenterology and Herepatology menemukan, oligofruktosa dapat membantu mencegah dan mengobati diare.

6. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut


Bawang merah kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit dan rambut.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE