Mamapedia Logo
Kegunaan Bawang Merah Sebagai Obat Anak

Kegunaan Bawang Merah Sebagai Obat Anak

author iconnadhilapn
date icon17 04 2018
category iconGaya Hidup, Resep, Kehamilan & Menyusui, Gizi & Kesehatan, Tumbuh Kembang Anak,

Moms tentunya sangat familiar dengan bawang merah yang biasanya digunakan sebagai bumbu dapur untuk masak. Namun, bawang merah biasaya digunakan sebagai ramuan obat tradisional yang bermanfaat juga untuk kesehatan. Dilansir dari suatu sumber, bawang merah memiliki berbagai kandungan seperti minyak atsiri, sikloaliin, metilaliin,kaemfrol, kuersetin, dan floroglusin yang dinilai efektif untuk menurunkan suhu tubuh.

Kandungan Flavonoid yang ada pada bawang merah juga berfungsi sebagai anti bakteri, anti radang, dan juga untuk menurunkan demam. Senyawa aliin dalam bawang merah berfungsi untuk membunuh bakteri yang menyebabkan gejala infeksi dan peradangan pada anak. Selain penurun demam, bawang merah juga memiliki manfaat lainnya yaitu sebagai berikut:

Baca juga: Tren Maternity Photoshoot

  1. Meredakan flu dan batuk

Kandungan sulfur yang ada pada bawang merah dapat melegakan pernapasan dan mencairkan dahak, sehingga mengatasi masalah pernapasan dan juga kandungan minyak atsiri yang dapat mentralisir racun. Cara untuk mengatasi flu dan batuk adalah dengan menumbuk kasar bawang merah tersebut, mencampurannya dengan minyak kayu putih atau minyak telon, kemudian dibalurkan ke punggung anak.

Baca juga: 

  1. Mengatasi perut kembung

Perut kembung biasanya dialami anak yang telah melakukan terlalu banyak aktivitas atau belum sarapan. Pada saat anak mengalami perut kembung, perutnya akan terasa sakit, penuh, dan juga mual. Cara untuk mengatasi perut kembung adalah dengan menumbuk kasar bawang merah , campurkan dengan minyak kayu putih atau minyak telon, kemudian balurkan ke perut dengan hati-hati. Campuran ini dapat menghangatkan perut anak dan menimbulkan rasa nyaman.

Baca juga: Yuk Moms Bikin Chocolate Lava Cake

  1. Mengobati bisul

Bisul biasanya disebabkan oleh suatu bakteri yang menimbulkan infeksi pada permukaan kulit. Bawang merah dapat digunakan untuk menyembuhkan bisul karena kandungan senyawa aktif yang dapat membunuh bakteri. Penggunaannya untuk menyembuhkan bisul juga lumayan mudah yaitu dengan menempelkan irisan bawang merah pada kulit yang terkena bisul.

 

Nah Moms, mudahkan cara-cara memanfaatkan bawang merah untuk menyembuhkan penyakit-penyakit ringan yang terjadi pada anak. Moms bisa langsung mencoba mempraktikkannya sendiri lho.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE