mamapedia search icon mamapedia icon

Subtotal

View Bag

Payudara Sakit Saat Menyusui? Jangan Sepelekan Hal Ini!

Payudara Sakit Saat Menyusui? Jangan Sepelekan Hal Ini!

Moms yang mengalami nyeri pada payudara tentu saja ada dibeberapa kondisi, terutama untuk ibu yang sedang dalam masa menyusui. Kondisi ini tentu saja membuat busui menjadi sangat tidak nyaman ketika memberikan ASI kepada si Kecil.

Menyusui sendiri adalah cara untuk menguatkan ibu dan juga si Kecil sehingga diharapkan dalam proses menyusui ini, Moms dan juga si Kecil dapat sama-sama merasakan rasa nyaman.

Dari kondisi aman itu sendiri, nantinya Moms dan si Kecil akan merasakan efek yang luar biasa pada produksi ASI yang semakin menignkat karena tidak ada rasa tertekan atau hal-hal yang menghalangi selama menyusui.

Penyebab sakit payudara saat menyusui

Moms, rasa nyeri pada payudara ini memang wajar dan sering terjadi pada Moms di masa menyusui, lalu apa penyebab dari timbulnya rasa nyeri pada saat menyusui.

1. ASI yang diproduksi sudah banyak

Kondisi ASI yang full pada payudara Moms, tanpa dipungkiri membuat rasa nyeri pada payudara Moms terasa begitu nyata.Sebetulnya rasa nyeri pada payudara akibat produksi ASI yang terlampau banyak, akan berkurang sesuai dengan kebutuhan dari asupan si Kecil dan sesuai dengan timeline tumbuh kembangnya. Kondisi nyeri pda payudara juga akan terjadi pada saat awal-awal proses menyusui si Kecil, dan tidak sampai si Kecil ASI eksklusif. Yaitu sekitar 3 bulan pertama dari masa menyusui ini.

2. Kondisi bayi mengalami Tongue-tie

Nyeri pada payudara juga dapat disebabkan dari faktor si Kecil saat menyusui payudara Moms. Kondisi dari mulut bayi yang dinamakan Tongue-tie ini membuat si Kecil tidak dapat menyusui dengan baik dan pas pada payudara Moms, sehingga menyebabkan isapan dari payudara Moms itu tidak didapati secara maksimal, dan tak jarang menimbulkan lecet pada bagian payudara Moms. Dan rasa nyeri pada payudara ini juga. Tentunya, Moms ingin segera mengatasi rasa sakit pada payudara ini dengan cepat dan juga efektif dan Moms bisa mengetahui info lebih lanjut dengan klik link di sini, ya. Sehingga dapat kembali memberikan ASI dengan optimal kepada si Kecil tanpa lagi merasakan sakit payudara saat menyusui.


Baca Juga:
Normalkah Jika Payudara Sakit Saat Menyusui?


$[banner_single]$

3. Abses pada bagian payudara

Tentu ASI yang terlampau banyak namun tidak rutin untuk dikeluarkan karena berkejaran dengan jadwal membeirkan ASI secara langsung, seagian Moms akan merasa sangat kerepotan. Tak jarang kondisi payudara membengkak ini membuat rasa sakit tak tertahankan bagi sebagian Mooms. Dan juga kondisi payudara ini jika dibiarkan terlalu lama kondisinya akan membengkak dan tak lama akan timbul dan terjadinya mastitis.

4. Permasalahan kulit/eksim

Rasa nyeri pada bagian payudara tak jarang timbul dari kondisi puting payudara yang mengalami nyeri dan juga rasa gatal yang menganggu. Rasa gatal yang berujung pada rasa nyeri di payudara Moms ini berawal dari lifestyle seperti penggunaan produk beberapa lotion dan juga sabun yang tidak cocok pada kulit Moms.

5. Terinfeksi oleh jamur

Rasa nyeri pada payudara juga bisa terjadi karena adanya infeksi jamur yang menyerang payudara Moms dan menyebabkan rasa sakit pada payudara. Hal ini juga bisa terjadi akibat timbulnya infeksi pada mulut bayi dikarenakan sariawan dan saat menyusui, tertular dan bisa menyebabkan rasa sakit pada payudara, Moms. Rasa sakit pada payudara ini dapat sembuh dengan beberapa cara berikut ini, yang dapat Moms baca selengkapnya di sini, ya. 

6. Pemilihan bra yang kurang tepat

Saat memilih bra untuk menyusui, ada baiknya Moms tetapkan pilihan bra yang memiliki kualitas terbaik dan juga berbahan nyaman dan juga lembut. Sehingga penekanan berlebih pada payudara dapat diminimalisir dan juga payudara tidak akan terlalu sakit saat menyusui.

Normalkah payudara sakit saat menyusui

Tentunya menyusui dengan keadaan dan rasa sakit pada payudara akan membuat rasa tidak nyaman. Dan hal ini menjadikan sebagian Moms akan merasa sangat tidak nyaman dalam memberikan ASI nya kepada si Kecil.

Keadaan payudara sakit saat menyusui ini tentunya hal yang wajar terjadi dan apabilan Moms menemukan keadaan yang bertambah parah, Moms bisa melakukan konsultasi terhadap dokter dan juga tenaga medis yang terpercaya, ya.

Langkah mengatasi payudara sakit saat menyusui

Berikut ini cara atau langkah yang bisa Moms lakukan.

1. Selalu memilih bra yang sesuai

Pilih bra yang sesuai dengan masa menyusui, akan berpengaruh besar terhadap rasa sakit yang dirasakan saat menyusui. Untuk itu, memilih bra yang nyaman saat menyusui adalah hal yang paling penting selama proses menyusui.

2. Menjaga payudara dalam keadaan bersih 

Kebersihan payudara Moms juga sangat menentukan dari rasa sakit yang dirasakan saat menyusui ini. Dengan begitu, area payudara yang bersih juga akan menghindari adanya pertumbuhan bakteri dan juga jamur pada payudara Moms. Payudara yang bersih akan sehat dan mengurangi adanya risiko terjadinya puting lecet karena kondisi payudara yang tetap terjaga kebersihannya, setelah selesai menyusui, Moms akan segera membersihkannya. Terjadinya puting lecet ini, ada langkah-langkah untuk mengatasinya yang dapat Moms dapatkan info selengkapnya dengan klik link di sini, ya. 


Baca Juga:
Tips Mengatasi Payudara Bengkak Saat Menyusui


3. Menyusui si Kecil dengan jam-jam yang sudah disesuaikan

Hal ini tentunya agar payuadara tidak terasa penuh dan juga si Kecil tetap terpenuhi asupan ASI selama Moms memberikan ASI. Dengan tepat pada waktunya, Moms juga bisa melakukan proses pumping jika tidak terkejar saat memberikan ASI secara langsung pada si Kecil.

Untuk itu, Moms yang sedang dalam masa menyusui bisa membuat Moms mencoba beberapa point di atas ketika payudara sakit saat menyusui membuat Moms tak nyaman. Untuk menyusui sendiri, ada baiknya Moms tetap semangat dalam memompa ASI menggunakan MOOIMOM Wireless Electric Breast Pump yang praktis dan nyaman digunakan. Lebih lengkapnya, simak video berikut yuk!

$[video(76Oa262T9Rg&t=1s)]$

Bagikan Artikel: