Mamapedia Logo
Makanan Trimester Ketiga yang Perlu Ibu Hamil Konsumsi, Apa Saja?

Makanan Trimester Ketiga yang Perlu Ibu Hamil Konsumsi, Apa Saja?

author iconSalsa
date icon12 05 2021
category iconKehamilan & Menyusui, Masa Kehamilan,

Memasuki trimester ketiga, Moms mungkin sudah mempersiapkan perlengkapan bayi ataupun sudah mendekorasi kamar dengan unik. Namun, Moms juga tidak boleh melewatkan untuk tetap menutrisi si Kecil melalui makanan-makanan yang bergizi di kehamilan trimester ketiga ini.

Pada kehamilan trimester ketiga dimulai ketika kehamilan masuk di usia 28 minggu. Di tahap ini, si Kecil sudah mulai sempurna bentuknya, termasuk organ-organ dalam tubuhnya sudah mulai terbentuk dan juga berfungsi. Lalu pada usia kehamilan yang ke 32 minggu, tulang si Kecil susah mulai terbentuk dengan sempurna. Sehingga Moms tetap harus menutrisi si Kecil dengan beberapa rekomendasi seperti:

  • Omega dan kaolin untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil, terutama dalam perkembangan otak dan sistem sarafnya
  • Membutuhkan asupan kalsium setidaknya 1200 mg per hari
  • Memenuhi zat besi sebanyak 39 mg untuk meminimalisir kelahiran prematur dan semakin banyaknya volume darah yang diperlukan Ibu hamil dan janin
  • Kebutuhan akan seng sebesar 20 mg
  • Kebutuhan akan vitamin A sebanyak 850 gram

Baca Juga: Ibu Hamil, Kurangi Konsumsi Kafein Supaya Terhindar dari Diabetes

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi di trimester ketiga ini, Moms bisa mengolah beberapa makanan menjadi menu sehari-hari yang lezat dengan beberapa cara yang bisa Moms kreasikan. Namun yang perlu diingat, pilihlah cara pengolahan yang tidak mengurangi atau bahkan menghilangkan nutrisi yang ada di dalam makanan tersebut. Lalu apa saja makanan trimester ketiga yang perlu Ibu hamil konsumsi?

  1. Buah-buahan

Bukan hanya segar dan rasanya enak, buah yang kaya akan serat dapat membantu Ibu hamil terhindar dari bahaya sembelit. Pilihan buah yang direkomendasikan untuk Ibu hamil trimester ketiga yaitu semangka, melon, pepaya dan juga mentimun. Fakta berdasarkan  The Women Clinic, mentimun disebut kaya akan nutrisi karena mengandung antioksidan seperti beta-karoten, vitamin C, dan mangan untuk meningkatkan kekebalan dan menghindari peradangan. Mentimun juga kaya kalium, besi, kalsium, seng, fosfor, belerang, dan yodium, yang direkomendasikan untuk menghindari kelainan pertumbuhan dan memastikan pertumbuhan janin.

  1. Ikan

Sumber protein hewani seperti ikan dapat bermanfaat untuk membangun sel-sel tubuh dan janin. Sebaliknya, bila Ibu hamil kekurangan asupan protein dapat meningkatkan risiko terganggunya perkembangan otot, persendian, tulang, hingga menyebabkan masalah dalam pertumbuhan otak janin. Ikan juga mengandung zat besi untuk menghindarkan Moms dari anemia dan mudah lelah. Lalu terdapat kandungan omega-3 yang dapat mengoptimalkan perkembangan otak bayi. Salah satu ikan yang paling disarankan yaaitu salmon karena mengandung docosahexaenoic acid (DHA) yang mendorong pembentukan dan perkembangan sistem saraf bayi dan juga menurunkan risiko depresi Ibu pasca melahirkan.

Baca Juga: 10 Bahaya Ibu Hamil Minum Soda, Wajib Tahu!

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung protein, lemak sehat, vitamin dan juga mineral seperti kalium, folat, vitamin B, magnesium dan zat besi yang amat sangat disarankan untuk Ibu hamil. Mengonsumsi kacang-kacangan juga dapat menambah asupan asam lemak omega-3 dengan mengonsumsi biji bunga matahari atau jenis kacang lainnya seperti kacang almond, kacang mede, kacang polong hingga edamame. Buah-buahan kering juga dapat membantu nutrisi seperti hazelnut, walnut atau muesli. Agar tambah lezat dan bergizi, Moms bisa tambahkan potongan buah-buahan segar seperti kiwi dan raspberry.

  1. Green Smoothies

Jika Moms malas dalam mengonsumsi buah dan sayuran, green smoothies bisa menjadi solusinya. Green smoothies merupakan asupan dengan serat yang tinggi dan kaya akan kalsium, vitamin B16, magnesium dan kalium. Moms bisa membuat green smoothies dengan kombinasi sayur dan buah yang menyegarkan seperti mencampurkan kale dengan nanas dan perasan jeruk.

  1. Susu

Nutrisi yang terkandung dalam susu dapat membantu pembentukan tulang pada janin dan dapat meringankan sakit perut atau heartburn pada Ibu hamil. Selain itu, susu juga bisa dijadikan asupan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Moms sehingga Moms tidak perlu kahwatir si Kecil akan kekurangan nutrisi. Produk olahan susu yang bisa Moms konsumsi juga termasuk yoghurt dan juga keju, ya! 

Pada kehamilan trimester ketiga, perut Moms akan semakin membesar, sehingga banyak diantara Moms yang sulit beraktivitas karena merasakan keluhan pada punggung dan pinggang, tubuh membengkak hingga munculnya strech mark. Mooimom Bamboo Sabuk Penyangga Perut Hamil dapat digunakan setiap hari untuk mendukung akivitas Ibu hamil. 


Mooimom Bamboo Sabuk Penyangga Perut Hamil bisa menjadi solusi atasi nyeri pinggang pada masa kehamilan, efektif mengurangi beban perut, dan dapat memberikan kenyamanan saat kandungan semakin membesar!

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE