Mamapedia Logo
Kombinasi Jus Buah dan Sayur Penuh Nutrisi, Moms Sudah Coba?

Kombinasi Jus Buah dan Sayur Penuh Nutrisi, Moms Sudah Coba?

author iconSalsa
date icon10 04 2021
category iconKehamilan & Menyusui, Gizi & Kesehatan, Tips,

Apakah diantara Moms ada yang tidak menyukai buah dan sayur? Kalau ada, Moms sebaiknya berpikir lagi karena sayur dan buah amat sangat baik nutrisinya untuk tubuh Moms yang sedang hamil, setelah melahirkan atau Moms yang sedang menyusui. 

Dilansir dari Healthline, mengonsumsi buah dan sayur dapat membantu mencegah sembelit dan gejala umum lainnya selama masa kehamilan. Para ahli medis merekomendasikan untuk mengonsumsi  dua hingga empat porsi dan empat hingga lima porsi sayuran setiap hari.

Menurut Medical New Today, wanita hamil harus mengonsumsi setidaknya lima porsi buah dan sayuran yang berbeda setiap hari. Dengan catatan, Moms harus membatasi asupan buah kering dan jus buah kemasan karena mengandung gula dan kalori yang tinggi daripada jenis buah segar.

Moms mungkin bisa mencoba kombinasi jus buah dan sayur sebagai tahap awal agar mencintai sayuran dan buah hingga dapat mengonsumsinya secara terus menerus. Kombinasi jus buah dan sayur ini bisa membuat Moms jatuh hati dan bersemangat untuk mencukupi nutrisi diri dan juga buah hati. Apa saja kombinasi jus buah dan sayur yang wajib dicoba?

  1. Sawi, Stroberi dan Buah Naga

Sawi merupakan sayur yang kaya dengan vitamin A, C dan K yang penting untuk menjaga fungsi tubuh. Rasa sawi akan hilang dengan rasa stroberi yang manis dan sedikit masam. Stroberi ini bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan melancarkan pencernaan.

  1. Jeruk dan Wortel

Kalau ini dijamin enak dan segar, Moms! Jus ini juga tidak memunculkan rasa bahkan bau dari wortel. Wortel sudah terkenal dengan vitamin A yang baik. Sedangkan jeruk baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin C yang bermanfaat untuk detoks hingga recovery tubuh Moms yang baru melahirkan.

Baca Juga: Sayur yang Baik Dikonsumsi bagi Ibu Hamil

  1. Bluberry, Kale, Melon

Untuk sayur dalam jus ini adalah kale yang kaya akan manfaat seperti mengandung omega 3 dan 6 sehingga baik untuk mengatasi peradangan. Belum lagi manfaat seperti merangsang perkembangan otak si Kecil yang masih berada dalam janin. Tenang Moms, kale cenderung tidak terlalu berbau, kok!

  1. Seledri, Bayam, Melon

Melon sebagai buah yang menyegarkan bermaanfaat untuk menambah cairan dalam tubuh dan menambah asupan vitamin C. Selain itu, melon bisa menambah rasa manis dari jus yang dikombinasikan dengan bayam dan seledri. Seledri bermanfaat untuk memberikan kandungan kalsium. Kandungan kalsium dalam 100 gram dalam daun seledri adalah 50 miligram. Sangat baik untuk diminum sebagai tambahan nutrisi Moms saat menyusui.

  1. Blueberry, Wortel, dan Buah Naga

Vitamin A dalam wortel tidak perlu diragukan untuk membantu pertumbuhan mata dan kulit si Kecil, tentu juga bisa memelihara mata dan kulit Moms. Kemudian, Buah blueberry yang mengandung antioksidan untuk menunjang kecerdasan bayi dan beberapa seyawa yang baik untuk Moms dan buah hati seperti vitamin K, vitamin A, mineral, kalsium dan masih banyak lagi. Buah naga membantu menetralkan racun dalam tubuh dan melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

Baca Juga: Moms Perlu Tahu, Ini 7 Makanan Detok untuk Ibu Hamil

  1. Mangga dan Bayam

Bayam sangat direkomendasikan untuk Ibu hamil karena mengandung asam folat yang tinggi, sumber utama zat besi, baik untuk kesehatan tulang, membuat rasa nyeri saat kehamilan berkurang serta menurunkan angka kelahiran secara prematur. Selain itu, vitamin C dan A dalam mangga sangat dibutuhkan dalam pembentukan sistem pertahanan tubuh Ibu ataupun janin.

  1. Stroberi dan Seledri

Stroberi dan seledri memiliki sumber vitamin C dan kaya akan kandungan airnya sehingga bisa membantu Moms untuk menghidrasi tubuh. Walaupun dehidrasi tidak memengaruhi banyaknya ASI yang dihasilkan, tapi Moms yang sedang menyusui bisa sakit kepala bahkan pingsan bila kekurangan cairan.

  1. Lemon dan Seledri

Ibu menyusui atau yang baru melahirkan umumnya memiliki masalah terhadap pembuluh darah seperti varises. Kandungan zat flavonoid dalam lemon dipercaya bisa mengatasi kondisi kesehatan pembuluh darah ini. Kandungan fitonutrien yang bersifat anti inflamasi, antioksidan dan penguat sistem tubuh dalam seledri dapat membantu Moms untuk recovery pasca melahirkan.

  1. Apel dan Labu Siam

Apel kaya akan vitamin C, Vitamin A, kalium dan serat. Terdapat studi yang menunjukkan bahwa Ibu hamil yang mengonsumsi apel secara teratur memiliki resiko lebih rendah untuk melahirkan anak dengan asma dan alergi. Sedangkan labu siam dipercaya bermanfaat untuk menambah produksi ASI bagi Ibu yang menyusui.

  1. Pir dan Kale

Buah pir mengandung berbagai jenis vitamin B yaitu B3 dan B6 yang mampu meringankan mual dan muntah atau morning sickness selama masa kehamilan. Sedangkan kale yang mengandung banyak vitamin K dapat membantu menjaga pembuluh darah tetap kuat. Pembuluh darah yng kuat ini akan sangat penting untuk Ibu hamil yang harus mengalirkan banyak darah di daerah sekitar rahim.

Moms, kombinasi jus buah dan sayur ini akan semakin enak jika Moms campurkan dengan bubuk Prenavita sebagai penambah nutrisi kehamilan dan menyusui. Selain enak, kombinasi jus dan buah ini akan semakin kaya nutrisi untuk Moms dan buah hati.

Prenavita ASI Booster Honey Lychee Flavoured Power Drink merupakan minuman berbentuk bubuk untuk membantu melancarkan ASI. Prenvita  juga dapat dijadikan suplemen untuk pemulihan pasca persalinan. Mengandung biji fanugreek yang merupakan stimulator potent untuk produksi ASI yang mampu meningkatkan ASI sebanyak 90%. Kandungan whey protein-nya dapat meningkatkan laktasi dan kualitas ASI serta sumber protein berkualitas tinggi.

Prenavita Suplemen Kehamilan Vanilla Flavoured Powder Drink merupakan nutrisi sehari-hari untuk Ibu dan calon bayi di kandungan. Multivitamin dan nutrisinya diperuntukkan agar ibu dan bayi senantiasa fit. Minuman ini juga dirancang untuk mendukung kehamilan yang sehat bagi ibu dan janin. Mengandung bahan-bahan yang penting untuk kesehatan calon ibu dan juga bayi seperti Folic Acid, Cholecalciferol (Vitamin D3), Milk calcium, O'Young Broccoli dan Lecithin.

Prenavita yang membuat Ibu sehat dan tampil prima bisa Moms dapatkan di website Mooimom!

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE