Mamapedia Logo
Makanan Penunjang Kecerdasan Otak Janin

Makanan Penunjang Kecerdasan Otak Janin

author iconNovia Luciana
date icon19 07 2018
category iconResep, Kehamilan & Menyusui, Masa Kehamilan, Tips,

Memiliki anak yang cerdas adalah dambaan setiap orang tua. Konon kabarnya, kecerdasan dari ibu akan menurun pada sang anak. Hal tersebut bisa jadi benar juga adanya, namun kecerdasan bayi masih dapat dibentuk sejak ia sedang berada dalam kandungan. Dokter pun pasti akan memberikan berbagai macam vitamin penunjang perkembangan otak sedari awal kehamilan. Yang paling sering diberikan adalah berbagai vitamin dengan kandungan asam folat yang tinggi. Selain mengkonsumsi vitamin penunjang perkembangan otak, beberapa kebiasaan berikut ini dapat diterapkan supaya si kecil terlahir cerdas, dikutip dari banyak sumber :

Segala hal yang berasal dari ayam

Ayam adalah protein hewani yang punya banyak kandungan nutrisi dan gizi untuk tubuh, terutama untuk wanita hamil. Sementara itu kandungan vitamin dan gizi terbaik ada pada ayam kampung jika dibandingkan dengan ayam negeri. Hati ayam mampu memberikan pasokan oksigen yang cukup untuk melancarkan sirkulasi darah ke plasenta dan janin. Sementara itu, daging ayam mengandung zat besi dan protein yang tinggi. Zat besi dan protein tersebutlah yang mampu membentuk serta meningkatkan kecerdasan bayi sejak dalam Rahim. Lalu ada lagi yang bermanfaat dari ayam, yakni kuning telurnya. Apabila dikonsumsi secara wajar, kuning telur pada ayam mampu meningkatkan perkembangan sel – sel pada otak bayi sehingga bayi akan menjadi lebih aktif dan lebih sehat.

Baca juga : Sajian Menu Kacang Hijau Sehat untuk Bumil

Produk kacang – kacangan 

Konsumsi produk kacang – kacangan saat hamil juga bagus untuk perkembangan sang janin. Contoh produk kacang – kacangan yang baik dikonsumsi saat hamil adalah sebagai berikut :

  • Kacang tanah. Kacang yang satu ini memiliki kandungan protein yang tinggi serta kandungan asam folat yang bagus untuk otak janin. Selain itu kacang tanah mampu memperkuat tulang belakang sang bayi.
  • Kacang kedelai. Semua olahan kacang kedelai atau kacang kedelai itu sendiri dapat membantu membentuk struktur sel – sel otak agar selalu kuat sejak dari awal kehamilan Moms. Hal ini dikarenakan kacang kedelai mengandung asam amino yang tinggi.
  • Kacang hijau. Sementara itu, kacang hijau juga tak kalah menyehatkannya untuk tubuh. Kacang hijau punya kandungan fosfor, vitamin B1, serta enzim-enzim yang mampu memperkuat tulang kepala dan otak pada bayi. Konon katanya, kacang hijau juga bisa memicu rambut si kecil menjadi lebih lebat saat dilahirkan. Selain ketiga kacang tersebut di atas, kacang-kacangan lainnya seperti kacang polong, kacang merah, dan kacang kenari juga bisa membuat otak si kecil cerdas sejak dalam kandungan.

Segala macam sayuran berwarna

Sayuran berwarna bisa membantu si kecil cerdas sejak dalam kandungan karena biasanya sayuran berwarna memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Beberapa contoh sayuran segar dan berwarna berikut ini bisa dimasukkan ke dalam menu sehat Moms untuk sehari – hari :

  • Bayam dan Brokoli. Kedua sayuran berwarna hijau segar ini bagus dikonsumsi karena memiliki sejumlah manfaat seperti mencegah resiko demensia, mencegah penurunan fungsi otak seiring bertambahnya usia, melindungi otak dari stress, meningkatkan fungsi kognitif, serta memperlambat efek penuaan. Bayam dan brokoli punya banyak fungsi karena punya kandungan vitamin seperti folat dan juga vitamin K.
  • Wortel. Sayuran berwarna oranye ini punya kandungan vitamin A yang berguna untuk menyehatkan mata, selain itu, wortel juga mengandung vitamin B, vitamin C, dan beta karoten untuk meningkatkan memory otak, fungsi otak, dan mencegah penuaan dini.
  • Tomat. Sama halnya dengan wortel, tomat mampu menyehatkan mata serta berguna buat otak. Kandungan lycopene mampu menangkal radikal bebas pada sel-sel tubuh, mencegah demensia, serta Alzheimer.

Baca juga : Bolu Kurma Lezat untuk Kudapan Berbuka

Wah, ternyata banyak sekali ya bahan makanan yang bisa membantu si kecil cerdas sejak awal. Selain itu, bahan makanan yang tersebut di atas juga cukup sehat untuk dikonsumsi setiap hari. Selamat mecoba!

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share