Homepage Loading Icon
Kapan Ibu Perlu Memompa ASI? Ini Penjelasannya!

Kapan Ibu Perlu Memompa ASI? Ini Penjelasannya!

author iconGisela Niken
date icon28 09 2020
category iconKehamilan & Menyusui, Menyusui,

Kegiatan memompa ASI memang memberikan segudang manfaat. Mulai dari membuat produksi ASI meningkat sampai membantu Si Kecil mendapatkan asupan ASI yang tepat. Kondisi ini membuat Moms harus memahami teknik memompa ASI yang tepat. Salah satunya soal waktu yang tepat untuk memompa ASI.

Kapan Ibu Harus Memompa ASI?

Agar produksi ASI lancar, Moms yang menyusui disarankan untuk menyusui sebanyak mungkin. Sebab itu merupakan cara terbaik untuk memberi nutrisi pada bayi sekaligus membuat produksi ASI semakin banyak. Nah, tentu Moms akan bertanya sebenarnya kapan waktu yang tepat untuk memompa ASI? Pertama adalah watu pagi hari. Pada saat ini, kebanyakan Moms akan memiliki pasokan ASI paling banyak.

Selain pagi hari, Moms perlu memompa di antara waktu menyusui. Misalnya seperti 30-60 menit setelah menyusui. Moms juga bisa memompa ASI setidaknya satu jam sebelum menyusui. Dengan waktu yang tepat, maka pasokan ASI bayi akan kembali tersedia untuk waktu menyusui selanjutnya.

Lalu bagaimana jika Moms hanya memompa ASI dan tidak menyusui secara langsung? Tentu waktu yang tepat untuk memompa juga berbeda. Moms harus memastikan untuk memompa 8-10 kali dalam periode 24 jam. Produksi susu penuh pada satu hari biasanya 750 sampai dengan 1.035 mL. Jika sudah bisa mendapatkan produksi ASI dengan penuh, Moms perlu melakukan jadwal ini secara konsisten.

Salah satu kunci sukses untuk memompa ASI adalah alat pompa yang tepat. Moms bisa memakai MOOIMOM New Natural Comfort Electric Breast Pump. Dengan pompa ini, Moms akan melakukan proses pumping lebih nyaman sehingga akan membantu Moms untuk memperoleh produksi ASI yang lancar.

https://www.mooimom.id/product/new-natural-comfort-electric-breast-pump-pompa-asi-electric/

Bagaimana Jika Hasilnya Sedikit?

Saat mulai melakukan memompa ASI, Moms mungkin sedih dan galau melihat jumlah ASI perah yang didapatkannya. Umumnya, Moms akan merasa ASI perah yang didapat terlalu sedikit. Moms juga sebaiknya jangan membandingkan ASI perah dengan ibu lain. Tentunya ini akan memberikan tekanan tersendiri.

Nah Moms sebaiknya jangan terlalu khawatir karena ada banyak faktor yang mempengaruhi jumlah ASI dari hasil memompa ASI. Dalam buku The Breastfeeding Answer Book karangan Nancy Mohrbacher, IBCLC, FILCA, seorang konselur menyusui mengatakan bahwa Moms perlu memperhatikan banyak faktor jika mau mencari tahu jumlah ASI perah.

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah dari segi waktu. Bila memerah atau memompa ASI pada hari pertama kelahiran bayi misalnya, ASI perah yang Moms peroleh mungkin hanya sekitar 30 ml saja. Jangan kaget jika mendapatkan ASI perah dengan jumlah sedikit ketika di awal kelahiran.

Tapi bila setelahnya Moms kemudian terus menyusui bayi secara eksklusif, maka ASI perah yang Anda hasilkan dari sekali pompa bisa melonjak sampai 900 ml pada hari ke-40.  Tentunya hasilnya kan berbeda bila Moms malah memberi bayi makanan dan minuman lainnya selain ASI.

Memompa ASI

Namun sebaiknya, manfaatkanlah masa-masa awal kehadiran si kecil ini untuk menyusuinya secara langsung, Moms. Jangan langsung terburu-buru sebab Moms bisa mulai memerah di bulan ke-2 atau ke-3 nanti. Mungkin Moms bisa melakukannya bila memang payudara sudah terlalu penuh. Kemudian ada hal lain yang perlu diperhatikan bila berbicara hasil memompa ASI.

Hal kedua adalah mengenai latihan. Memerah maupun memompa payudara tentunya butuh latihan, Moms. Latihan ini sebenarnya tidak hanya berguna untuk membuat Anda menjadi mahir. Dengan latihan akan membantu tubuh dan juga membiasakan tubuh untuk merespons pompa atau gerakan perah. Mungkin akan berbeda gerakannya seperti yang dilakukan bayi saat menyusu langsung pada payudara. 

Pada awalnya Moms mungkin akan mendapat ASI perah dalam jumlah kecil, tapi Moms sebaiknya jangan putus asa. Jangan berasumsi bahwa ASI perah yang Moms dapatkan sekarang adalah gambaran dari ukuran kapasitas produksi ASI Anda. Apalagi kalau Moms baru pertama atau beberapa kali memompa ASI. Semua itu tidak ada yang instan loh, Moms!

Faktor yang terakhir adalah mengenai faktor-faktor yang memengaruhi hasil pemerahan atau pemompaan. Faktor ini memang cukup banyak.  Misalnya saja faktor usia bayi Moms. Atau ada faktor lain seperti apakah Moms menyusui secara eksklusif atau tidak, jarak waktu sejak terakhir menyusui langsung dengan waktu pemompaan atau pemerahaa hingga jarak waktu antar pemerahan atau pemompaan.

Bahkan ada faktor lainnya yang tak terduga misalnya apakah Moms memompa ASI dalam keadaan emosional? Tentu saja cara memerah dan juga kualitas dari pompa ASI yang dipakai akan memainkan peran penting. Moms butuh waktu untuk mendapatkan hasil maksimal.

Perlu diingat bahwa memang banyak faktor yang memengaruhi. Jadi jangan terlalu khawatir jika hasil memompa ASI kurang memuaskan. Moms sebaiknya janganberfokus pada berapa jumlah ASI perah yang normal. Apalagi membanding-bandingkan hasil ASI perah dengan orang lain.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
MOOIMOM New Silicone Breast Pump + Free Lid Pompa ASI Silikon Ibu Menyusui
MOOIMOM New Silicone Breast Pump + Free Lid Pompa ASI Silikon Ibu Menyusui

Rp 149,000

MOOIMOM Silicone Breastpump Premium Pack
MOOIMOM Silicone Breastpump Premium Pack

Rp 189,000

MOOIMOM Feeding Bottle
MOOIMOM Feeding Bottle

Rp 49,000

MOOIMOM Silicone Gas Storage
MOOIMOM Silicone Gas Storage

Rp 39,000

MOOIMOM X BONNELLS Breastfeeding Package / Paket Menyusui
MOOIMOM X BONNELLS Breastfeeding Package / Paket Menyusui

Rp 399,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved