Homepage Loading Icon
Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Anda Hamil Kembar

Faktor-Faktor yang Bisa Membuat Anda Hamil Kembar

author iconNovia Luciana
date icon28 05 2018
category iconKehamilan & Menyusui, Masa Kehamilan, Tips,

Entah untuk anak pertama atau anak kesekian, kehamilan tetap saja menjadi momen yang menyenangkan untuk setiap keluarga. Ibaratnya, hal ini adalah momen terindah yang tak akan terlupakan. Dikaruniani satu janin dalam kandungan saja sudah bahagia luar biasa, apalagi jika ternyata ada dua atau beberapa janin di Rahim ibu ya? Yang akan kita bicarakan di sini adalah kehamilan bayi kembar. Bagaimana perasaan Anda saat diberitahu dokter bahwa bayi Anda kembar? Kenapa bisa hamil bayi kembar?

 

Baca juga : Sedihnya Saat Mastitis Melanda

 

Menurut situs Babycenter, beberapa faktor di bawah ini bisa jadi yang membuat Anda hamil anak kembar.

 

  1. Ternyata Ras berpengaruh terhadap kehamilan bayi kembar

Tahu kah Anda bahwa ternyata ras Asia justru yang menempati posisi paling rendah untuk kehamilan bayi kembar. Begitu juga dengan ras hispanik (ras yang ada kaitannya dengan orang-orang dan kebudayaan di Spanyol – Wikipedia). Namun meski dikatakan rendah, ini tidak menutup kemungkinan orang Indonesia banyak yang memiliki bayi kembar. Kehamilan bayi kembar nyatanya justru lebih mungkin terjadi pada ras Afrika – Amerika.

 

Baca juga : Dads, Sudah Siapkah Menjadi Ayah Siaga?

 

  1. Postur tubuh sang ibu mempengaruhi kehamilan bayi kembar

Anda adalah wanita dengan tubuh bongsor (tinggi dan cenderung agak gemuk)? Maka ada kemungkinan Anda bisa memiliki bayi kembar. Dilansir dari banyak sumber, postur tubuh tinggi dan agak gemuk ini memungkinkan sang ibu untuk memiliki lebih dari satu bayi dalam rahimnya.

 

Baca juga : Meluangkan Waktu untuk Si Kecil Ternyata Penting! Ini Ulasannya

 

  1. Usia kandungan ibu juga termasuk faktor kemungkinan hamil kembar

Wanita dengan rentang usia 35 hingga 39 tahun justru memiliki kemungkinan hamil bayi kembar karena FSH (Follicle Stimulating Hormone) pada wanita dengan rentang usia tersebut dapat dihasilkan lebih banyak ketimbang kehamilan di usia muda. Follicle Stimulating Hormone (FSH) atau Hormon perangsang folikel, yaitu hormon yang dikeluarkan oleh gonadotropin. Gonadotropin merupakan hormon yang diproduksi oleh aktivitas sel pada ovarium dan testis. Gonadotropin sangat berperan dalam kesuburan (Wikipedia). Sementara FSH berfungsi untuk memacu pertumbuhan dan kematangan folikel atau sel telur dalam ovarium dan juga berpengaruh pada peningkatan hormon estrogen pada wanita (Wikipedia).

 

  1. Makanan yang dikonsumsi Ibu juga bisa jadi pemicu Anda hamil kembar

Menurut suatu sumber, hasil penelitian terkini mengungkapkan bahwa jika ingin hamil anak kembar, maka ibu harus memperbanyak nutrisi protein hewani atau produk-produk yang mengandung susu. Seorang peneliti bernama Gary Steiman yang berasal dari sebuah pusat kesehatan di Long Island menemukan fakta menarik dari hasil studi yang ia lakukan terhadap lebih dari 1000 wanita yang sedang hamil. Mereka yang masuk ke dalam kelompok vegetarian cenderung memiliki peluang lima kali lebih kecil untuk memiliki anak kembar dibandingkan dengan wanita hamil yang mengkonsumsi protein hewani atau yang mengkombinasikan antara vegetarian namun masih mengkonsumsi protein hewani juga.  

 

  1. Sejarah kembar

Seperti yang banyak kita tahu bahwa apabila di sebuah keluarga ada anggota keluarga yang kembar, maka ada kemungkinan Anda juga akan memiliki anak kembar. Begitu juga jika sebelumnya Anda sudah pernah mengandung bayi kembar dengan jenis kelamin yang sama, maka Anda juga masih bisa berpotensi mengandung bayi kembar dengan jenis kelamin yang berbeda nantinya. 

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Elastic Body Corset
Elastic Body Corset

Rp 79,000

Short Sleeves Maternity & Nursing T-Shirt Dress with Lace Baju Hamil Menyusui
Short Sleeves Maternity & Nursing T-Shirt Dress with Lace Baju Hamil Menyusui

Rp 319,000

Maternity & Nursing Dress in Black and White Stripe Baju Hamil Menyusui
Maternity & Nursing Dress in Black and White Stripe Baju Hamil Menyusui

Rp 299,000

Mombella Safety Edge Corner Cushion Guard Pengaman Tepi & Sudut Meja - Black
Mombella Safety Edge Corner Cushion Guard Pengaman Tepi & Sudut Meja - Black

Rp 460,000

MOOIMOM 2 Piece Number 32 Maternity & Nursing Dress Baju Hamil Menyusui
MOOIMOM 2 Piece Number 32 Maternity & Nursing Dress Baju Hamil Menyusui

Rp 749,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved