Mamapedia Logo
Meluangkan Waktu untuk Si Kecil Ternyata Penting! Ini Ulasannya

Meluangkan Waktu untuk Si Kecil Ternyata Penting! Ini Ulasannya

author iconNovia Luciana
date icon08 05 2018
category iconGaya Hidup, keluarga, Tumbuh Kembang Anak,

Kesibukan para Ayah dan Ibu yang bekerja memang tidak dapat dihindarkan. Pagi-pagi harus mencari nafkah di luar rumah, bertemu dengan si kecil hanya saat sarapan, lalu kemudian mengantar ke sekolah dan pulang ke rumah dalam kondisi mereka sudah terlelap. Lebih buruknya, saat akhir pekan tiba pun Moms dan Dads masih saja berkutat dengan smartphone dan laptop untuk mengurusi pekerjaan yang tidak ada habisnya. Yang dapat dilakukan hanyalah mencium keningnya lalu kembali sibuk dengan si layar digital.

Baca juga : Tak Hanya Sang Ibu, Ayah Juga Memiliki Peran Penting Lho!

Baca juga : Ajarkan Si Kecil Gosok Gigi Sejak Dini

Jika itu sudah sering terjadi, jangan salahkan sang Anak apabila mereka lebih dekat dengan pengasuh atau lebih dekat dengan kakek-neneknya. Waktu Anda telah habis untuk si pekerjaan siang-malam sedangkan buah hati yang dari dulu Anda nantikan hanya seperti hiasan saja yang cukup Anda lihat tanpa Anda sentuh sedikitpun.

Moms, Dads, memberi perhatian kepada anak Anda tak cukup hanya dengan membelikan mereka mainan jutaan rupiah, pakaian serba mewah, atau makan malam di tempat yang paling hits. Justru yang paling dibutuhkan bagi mereka adalah perhatian, waktu luang, atau paling tidak menanyakan kegiatan apa saja yang mereka kerjakan hari ini. Janie Lacy, seorang konsultan kesehatan mental bersertifikat dari Orlando menyebutkan bahwa anak-anak membutuhkan keduanya, kuantitas dan kualitas waktu (dilansir dari berbagai sumber).

Saat akhir pekan, sebaiknya Anda tidak terlalu fokus dengan pekerjaan. Balas e-mail kantor seperlunya, angkat telepon penting sekedarnya, namun harus tetap luangkan waktu untuk si kecil ya. Menemani mereka bermain, berdongeng sebelum ia tidur, mengajaknya berolahraga di taman, atau kegiatan apa saja yang membuat hubungan antara anak dan orang tua dekat.

Baca juga : Perlunya Mengasah Kecerdasan Verbal Linguistik Si Kecil

Baca juga : Jangan Berteriak! Ini Cara Tepat Berbicara dengan Si Kecil

Perlu diingat bahwa perilaku, kecerdasan, hingga emosi sang Anak sangat bergantung kepada bagaimana cara orang tua memperlakukan mereka. Salah satu hal sepele yang apabila dilakukan ternyata berdampak cukup baik untuk perkembangan anak adalah sering memeluknya baik saat dia membutuhkan apresiasi atau saat si kecil sedang sedih. Menurut Psikolog Kathleen Keating yang juga pengarang buku The Hug Therapy Book and The Love Therapy Book di California ini mengungkapkan bahwa sebuah pelukan dapat meningkatkan kecerdasan otak dan IQ sang anak.

Nah, mulai sekarang coba untuk memberi perhatian lebih kepada mereka sejak kecil dan pantau tumbuh kembang mereka supaya mereka bisa menjadi anak-anak yang mengagumkan ya Moms-Dads.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE