Mamapedia Logo
Cara Memperbaiki Posisi Bayi Sungsang Secara Alami

Cara Memperbaiki Posisi Bayi Sungsang Secara Alami

author iconNovia Luciana
date icon08 08 2018
category iconKehamilan & Menyusui, Masa Kehamilan, Tips,

Posisi bayi sungsang sering kali ditemukan pada trimester terakhir. Posisi sungsang sendiri merupakan posisi vertikal dimana posisi kepala bayi berada di bagian atas rahim sehingga membelakangi jalan lahir pada saat menjelang masa persalinan. Pada kondisi yang normal, seharusnya posisi kepala bayi berada di rahim bagian bawah menghadap kearah jalan lahir.

Selama berada di dalam kandungan, bayi terus bergerak dan berputar. Seiring waktu, ukuran bayi akan semakin membesar sehingga bayi sulit untuk berpindah posisi setelah usia kehamilan memasuki minggu ke 37. Dilansir dari suatu sumber, posisi bayi sungsang dapat diketahui melalui pemeriksaan kehamilan atau USG oleh dokter kandungan di rumah sakit.

 

Baca juga: Posisi Tidur Ibu Hamil Berdasarkan Trimester Kehamilan

 

Namun Moms tidak perlu khawatir, ternyata terdapat cara-cara alami untuk mengembalikan bayi dalam posisi normal. Apabila bayi Moms berada pada posisi yang sungsang, berikut cara-cara alami yang dapat dilakukan:

 

  • Mengangkat Panggul

Moms dapat mulai mengubah posisi bayi sungsang di dalam kandungan dengan mengangkat panggul setinggi 30 cm dari lantai. Untuk melakukan posisi ini, Moms harus berada dalam posisi terlentang dengan lutut ditekuk dan kaki menapak. Olahraga ringan ini dapat dilakukan selama 10-15 menit dan sebanyak 3 kali setiap harinya. Moms disarankan untuk mengganjal bagian panggul agar tidak terasa nyeri. Selain itu, Moms juga dapat melakukan olahraga ringan lainnya selama hamil, seperti dengan berjalan kaki yang juga dapat membantu memperbaiki posisi bayi sungsang.

 

  • Menggunakan Suara

Pada umumnya bayi dapat mulai mendengar suara-suara dari luar perut Moms saat usia kehamilan memasuki minggu ke-15. Moms dapat menggunakan alunan music atau suara Moms sendiri untuk membujuk bayi Moms agar bergerak ke posisi yang seharusnya. Moms dapat menempelkan headphone pada bagian bawah perut Moms.

 

  • Terapi Hipnosis

Terapi hipnosis dilakukan untuk membuat Moms menjadi lebih rileks, focus, dan juga tenang dengan memberikan sugesti ke alam bawah sadar Moms. Berdasarkan penelitian, posisi bayi bisa diubah jika Moms yang sedang hamil sering melakukan terapi ini saat usia kehamilan memasuki minggu ke 37-40. Moms juga bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan rekomenndasi ahli hipnoterapi.

 

  • Terapi Akupuntur

Terapi akupuntur yang digabung dengan membakar daun atau ramuan yang disebut juga sebagai terapi moksibusi diduga dapat membantu merubah posisi bayi sungsang. Terapis akan menusukan jarum akupuntur ke ujung jari kelingking. Cara ini diyakini da[at merangsang pergerakan bayi di dalam kandungan Moms agar dapat kembali ke posisi yang seharusnya. Namun Moms juga harus tetap berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan sebelum melakukan metode alternatif ini ya.

 

Baca juga: Persiapan Persalinan Bayi Sungsang

 

Beberapa metode pengobatan alami diatas dapat memperbaiki posisi bayi sungsang pada sebagian kasus. Moms sebaiknya mengkosultasikan pengobatan alami diatas dengan dokter kandungan terlebih dahulu agar Moms tidak merasakan nyeri dan merasakan terganggu di masa kehamilan.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share