Mamapedia Logo
Posisi Tidur Ibu Hamil Berdasarkan Trimester Kehamilan

Posisi Tidur Ibu Hamil Berdasarkan Trimester Kehamilan

author iconNovia Luciana
date icon26 07 2018
category iconKehamilan & Menyusui, Masa Kehamilan, Tips,

Moms yang sedang hamil biasanya menghadapi kondisi yang cukup sulit ketika hamil, terlebih lagi dengan posisi saat tidur. Pada awal trimester, banyak Moms yang tidak bisa tidur karena sakit punggung, kram perut, mual, pusing, dan gangguan lainnya. Ternyata hal ini juga dipengaruhi oleh beberapa keluhan lainnya yang berhubungan dengan kecemasan dan juga tekanan pikiran.

Dilansir dari suatu sumber, terkadanga ibu hamil memang suka merasa tidak bisa tidur dan kehilangan posisi tidur favorit mereka. Namun, hal ini bisa diatasi dengan mengetahui posisi tidur ibu hamil berdasarkan trimester kehamilan. Yuk Moms simak posisi tidur yang tepat dan nyaman berdasarkan trimester kehamilan.

Baca juga: Tips Mengatasi Batuk Saat Hamil Tanpa Obat

 

  • Posisi Tidur Trimester Pertama

Pada trimester pertama, Moms biasanya menjadi gelisah karena gangguan kehamilan. Gangguan tidur di malam hari lebih sering terjadi dan lebih senang untuk tidur di siang hari, hal ini disebabkan produksi hormom progesterone yang terus meningkat selama kehamilan. Selain itu Moms juga akan sering merasakan pusing dan mual yang menyebabkan sulit tidur. Untuk mengatasi masalah tersebut di trimester pertama kehamilan, posisi tidur yang baik adalah sebagai berikut:

  1. Tidur Miring

Tidur miring seperti huruf S dapat dicoba karena membuat ibu hamil menjadi lebih nyaman dan mengatasi rasa lelah yang berlebihan.

  1. Tidur Miring ke Kiri

Tidur dengan posisi miring ke kiri sangat disarankan untuk Moms yang berada di trimester pertama karena mendukung aliran darah yang lebih baik dari pembuluh vena di jantung dan menyalurkan oksigen dan gizi Moms kepada janin.

  1. Menempatkan Banyak Bantal

Moms juga dapat menempatkan banyak bantal dan menempatkan di bagian kepala, punggung, dan juga kaki.

 

Baca juga: Makanan Penunjang Kecerdasan Otak Janin

 

  • Posisi Tidur Trimester Kedua

Trimester merupakan masa kehamilan yang paling nyaman karena janin telah menunjukkan perkembangan yang cukup pesat. Bahkan keluhan-keluhan yang terjadi pada trimester pertama tidak lagi dirasakan. Namun Moms jangan terlena dengan posisi yang lebih nyaman, karena belum tentu posisi tersebut aman untuk janin. Berikut adalah posisi tidur yang baik untuk trimester kedua:

  1. Miring ke Kiri

Posisi tidur yang baik pada trimester kedua adalah dengan miring ke bagian kiri karena membuat Moms dapat tidur lebih nyaman dan janin bisa bergerak dengan lebih leluasa. Selain itu, pasokan oksigen dan nutrisi ke plasenta juga mengalir dengan lancer.

  1. Jangan Terlentang

Tidur dengan posisi terlentang ternyata dapat membatasi asupan oksigen untuk janin dan menyebabkan kelelahan pada bagian punggung Moms. Untuk itu, Moms tetap harus memperhatikan kualitas tidur yang dimiliki. Setiap harinya, Moms membutuhkan 8 jam waktu tidur untuk mendukung kehamilan. Kurangi menonton TV yang dapat menyebabkan insomnia dan jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas karena dapat menyebabkan sakit perut yang mengurangi kenyamanan saat tidur.

 

  • Posisi Tidur Trimester Ketiga

Banyak Moms yang merasa kurang tidur dan lelah selama trimester ketiga. Hal ini menyebabkan tubuh Moms merasa sangat lelah. Secara khusus, kondisi ini dapat menyebabkan Moms merasa lemah dan stress. Untuk itu, Moms bisa mengikuti beberapa tips ini:

  1. Gunakan busa khusus yang Moms letakkan dibawah punggung untuk mengatasi rasa lelah saat harus tidur miring
  2. Batasi konsumsi minum di malam hari untuk mengurangi buang air kecil di malam hari, namun Moms dapat memperbanyak minum di siang hari.
  3. Hindari mengkonsumsi kopi dan juga makanan pedas yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan

 

Baca juga: Minuman Berikut Ini Bermanfaat untuk Ibu Hamil

 

Posisi tidur miring ke kiri menjadi salah satu posisi yang paling aman dan nyaman untuk semua trimester kehamilan karena membuat tubuh Moms menjadi lebih nyaman dan bebas dari gangguan tekanan darah dan juga punggung yang terlalu lelah.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE