Mamapedia Logo
Camilan Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi, Membuat Momen Mengasihi Tanpa Hambatan

Camilan Pelancar ASI yang Wajib Dikonsumsi, Membuat Momen Mengasihi Tanpa Hambatan

author iconSalsa
date icon12 05 2021
category iconKehamilan & Menyusui, Menyusui,

Kabar baik untuk Moms yang jago ngemil! Mengapa? Moms perlu ketahui bahwa dalam memperoduksi ASI yang cukup untuk memberi makan bayi yang sedang tumbuh, Moms membutuhkan kalori ekstra, tepatnya sekitar 500 kalori ekstra. Terlebih, beberapa orang melaporkan rasa lapar atau haus yang hebat menyerang tepat saat ASI mereka turun. Mengisi perut penuh nutrisi  dengan camilan ekstra bisa menjadi cara yang sehat untuk mencapai kebutuhan kalori ekstra. Tapi tentu perlu diingat, bukan sembarang camilan yang bisa Moms konsumsi karena apa yang Moms makan akan berpengaruh pada nutrisi si Kecil.

Sebenarnya, memilih camilan sehat saat menyusui tidak jauh berbeda dengan melakukannya di saat Moms tidak menyusui. Perlu dicatat bahwa pola hidup sehat adalah kunci dari semuanya ya Moms. Salah satunya yang terbaik adalah memenuhi kebutuhan kalori ekstra dengan makanan padat nutrisi, yakni jenis makanan yang mengandung banyak vitamin dan mineral. Nutrisi ini ada pada buah-buahan, sayuran, biji-bijian, daging, kacang-kacangan, dan produk susu.

Selain nutrisi pada makanan untuk memperlancar ASI, kebutuhan cairan Moms juga meningkat saat menyusui, sehingga makanan yang menghidrasi adalah pilihan yang tepat. Mendapatkan cukup cairan akan membantu tubuh Moms menghasilkan banyak susu bergizi untuk si Kecil. Yuk Moms, simak cemilan pelancar ASI penuh nutrisi yang bisa Moms coba di rumah!

Baca Juga: Moms, Yuk Simak Informasi Diet Sehat untuk Ibu Menyusui Disini!

  1. Puding Coklat Alpukat

Jika Moms tim yang suka manis-manis, yuk merapat! Moms hanya perlu memasukkan puding cokelat alpukat, sebagai makanan penutup padat nutrisi yang dapat membantu Moms memenuhi kebutuhan kalori menyusui tanpa banyak gula. Caranya, masukkan alpukat ke dalam blender, lalu masukkan 1 sendok makan bubuk coklat, 2 sendok makan susu, 1 sendok makan sirup maple, dan 1/4 sendok teh vanila. Blender hingga halus dan tercampur semua, dinginkan dan puding alpukat coklat siap dinikmati!

  1. Biji Labu Sangrai

Praktis dan kaya nutrisi, Moms hanya perlu meletakkan biji kering di atas loyang. Kemudian taburi dengan garam dan minyak zaitun, lalu panggang pada suhu 149 ° C selama 45 menit. Camilan ini cocok untuk Moms yang kekurangan waktu tidur karena perlu menjaga si Kecil ataupun ketika Moms mengalami stres. Kandungan seng di dalam biji dapat membantu menjaga sistem kekebalan Moms tetap kuat.

  1. Muffin Isi Telur dan Sayuran

Telur adalah camilan makanan lengkap berprotein tinggi. Untuk muffin isi telur dan sayuran, Moms hanya perlu mengisi 12 cangkir muffin dengan campuran 8 telur, 1/2 cangkir susu, sedikit garam dan merica, serta sayuran favorit Moms yang sudah dipotong berbentuk dadu. Panggang pada 375 ° F (190 ° C) selama 18-20 menit. Camilan gurih dan sehat ini siap mengisi asupan nutrisi Moms.

  1. Labu Smoothie

Untuk minuman lezat ini, Moms bisa campurkan 1/3 cangkir bubur labu, pisang beku, 1 cangkir susu almond, 1 sendok makan madu, dan sedikit bubuk kayu manis. Labu smoothie tidak hanya enak, tapi juga dapat meningkatkan suplai ASI. Sebuah survei yang dilansir dari National Library of Medicine, di tahun 2017 dari 36 wanita di Thailand menemukan bahwa makan labu secara signifikan berkorelasi dengan peningkatan volume susu.

  1. Edamame

Berdasarkan Food Data Central U.S Department of Agriculture, 18,5 gram protein dalam 1 cangkir kacang edamame yang dikupas, dapat membantu Moms memenuhi kebutuhan protein yang meningkat saat menyusui. Edamame juga diperkaya dengan asam folat dan nutrisi lain seperti beta karoten, kalium, magnesium, antioksidan, kalsium, vitamin C dan vitamin K.

Baca Juga: Moms Sudah Tahu? Ini Komposisi Nutrisi yang Terkandung dalam ASI

  1. Coklat Hitam dan Stroberi

Cokelat hitam tidak hanya enak, tetapi juga dapat membantu menghilangkan stres. Sebuah studi tahun 2014 yang dipublikasikan oleh International Journal of Health Science, menemukan bahwa mengonsumsi coklat hitam atau coklat susu setiap hari dapat menjadi cara yang efektif untuk mengurangi stres pada wanita. Lalu, coklat hitam yang dikombinasikan dengan stroberi akan membuat camilan semakin lengkap karena Moms akan mendapatkan serat dan vitamin C ekstra.

  1. Roti Panggang dengan Selai Kacang dan Pisang

Camilan yang enaknya sudah tidak diragukan ini tentu tidak boleh dilewatkan ya, Moms! Sepotong roti gandum utuh dengan selai kacang dan irisan pisang adalah paket nutrisi lengkap. Karbohidrat kompleks yang dicerna dengan lambat yang terkandung dalam roti dan pisang dapat membuat Moms kenyang lebih lama, sementara selai kacang memasok lemak sehat dan 3,5 gram protein per sendok makan.

  1. Smoothie Buah dan Yogurt

Minuman segar ini bisa dengan mudah dibuat hanya dengan 1/2 cangkir yogurt tanpa rasa, pisang beku, dan segenggam beri beku. Yogurt mengandung banyak nutrisi penting seperti protein dan probiotik alami yang baik untuk kesehatan dan pencernaan. Selain itu, yogurt juga rendah akan kalori. Moms dapat membuat smoothie yang cepat dan mudah, serta cocok untuk diminum saat Moms menyusui. Moms juga bisa menambahkan beberapa genggam bayam untuk menambah zat besi. Segar, sehat dan nikmat!

Ketika ASI lancar untuk penuhi nutrisi si Kecil, Moms seringkali menghadapi masalah lain, yakni ASI rembes dan membuat Moms panik. Mooimom Disposable Breast Padssangat cocok digunakan ke manapun terutama ketika Moms bepergian untuk menampung ASI yang rembes. Mooimom Disposable Breast Padsdirancang khusus dengan daya serap tinggi, perekat yang lebar dan anti selip sehingga memberikan kenyamanan selama Moms beraktivitas. 

Bebas beraktivitas tanpa khawatir ASI rembes? Bisa! Dapatkan Mooimom Disposable Breast Pads hanya di Mooimom ya, Moms!

 

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE