Mamapedia Logo
8 Sayuran Pelancar ASI Alami yang Ampuh dan Enak

8 Sayuran Pelancar ASI yang Ampuh dan Enak

author iconGrandys Sofia
date icon22 01 2021
category iconMenyusui,

Sayuran pelancar ASI yang dapat Moms coba untuk konsumsi agar produksi ASI lancar dan juga memiliki kualitas terbaik untuk tumbuh kembang si Kecil secara optimal ini terlepas dari kondisi ibu menyusui yang mengalami permasalahan ketika memberikan ASI pada si Kecil.

Permasalahan ASI ini menjadi cukup kompleks dirasakan oleh para Moms pasca melahirkan dan seperti tidak ada jeda untuk beristirahat karena harus dihadapkan pada kondisi air susu yang masih belum mengalir secara baik dan juga lancar. ASI memang sudah dipercaya untuk memberikan manfaat terbaik untuk tumbuh dan juga kembang si Kecil karena asupan nutrisinya yang terbaik. Selain itu juga, pada ibu menyusui akan dirasakan dampak yang paling nyata terasa adalah laju kenaikan berat badan yang akan lebih terkontrol selama memberikan ASI kepada si Kecil. 

Sayuran Pelancar ASI

Sehingga membutuhkan jenis sayuran berikut ini untuk dapat memperlancar ASI dan juga semakin berkualitas.
Memang selain opsi untuk konsumsi sayuran yang dapat memperlancar ASI, Moms juga dapat melakukan pijat laktasi, melakukan proses pumping dan juga rutin konsumsi makanan yang tinggi nutrisi dan juga gizi 

1. Daun katuk 

Menu wajib pasca persalinan adalah daun katuk, banyak yang sudah menghidangkan ini sebagai menu andalan agar ASI yang dihasilkan menjadi lancar. Dalam daun katuk terdapat kandungan Prolaktin dan juga laktagogoum yang berfungsi untuk menaikkan jumlah produksi ASI, sehingga Moms senang dan juga kecukupan nutrisi si Kecil terpenuhi dengan baik. Yang perlu diperhatikan oleh para Moms saaat memilih daun katuk adalah memilih daun yang masih muda dan tidak keras lalu rebus saja sebentar tidak perlu lama-lama karena bisa jadi kandungan nutrisi di dalamnya menjadi hilang.

2. Pare

Sayuran yang rasanya pahit ini tak jarang menjadi favorit sebagian Moms karena bisa dibuat sebagai tumis sayuran pare. Paria ini mengangung folat dan juga fitonutrien yang berfungsi untuk menambah jumlah produksi ASI pada Moms. Selain kandungan tersebut, Paria juga kaya akan Vitamin C, Antioksidan dan juga vitamin K. Dengan memberikan ASI kepada si Kecil, tentu aliran nutrisi yang baik ini juga akan masuk ke dalam tubuh si Kecil. Beberapa macam orang sudah banyak yang lihai dalam mengolah paria agar tidak terlalu kuat rasa pahitnya. Bisa dilakukan perendaman selama setengah jam lalu tiriskan dan siap untuk diolah.

3. Bayam

Sayuran yang terkenal akan zat besinya ini memang tidak boleh terlewatkan sebagai sayuran pelancar ASI. Selai kaya akan kandungan zat besinya yang bagus untuk menambah produksi sel darah merah bagi ibu pasca persalinan yang tentu membutuhkan pasokan darahnya kembali. Kehilangan darah ini nantinya akan berpengaruh kepada produksi ASI Moms, karena kadar zat besi yang rendah dalam tubuh seorang ibu akan mempengaruhi jumlah produksi ASI yang dihasilkan.

Baca Juga: 7 Cemilan untuk Ibu Menyusui yang Juga Jadi Pelancar ASI

4. Edamame

Jenis kacang-kacangan ini juga bermanfaat untuk memberikan tambahan kualitas pada ASI Moms. Kacang kedelai yang masih ada dalam polongnya ini memberikan pemenuhan kebutuhan protein dalam ASI sebanyak 76 gram. Sedangkan kebutuhan ASI yang baik pada umumnya Moms harus mengkonsumsi edamame sebanyak 800 gram setiap harinya.

5. Jagung manis

Jagung manis sangatlah lezat dibuat hidangan hangat seperti sup jagung atau sup bening. Tinggiya kandungan karbohidrat serta protein didalamnya mampu meningkatkna jumlah ASI bagi Moms pasca melahirkan. Sehingga sangat dianjurkan untuk menyantap jagung pasa melahirkan agar ASI yang dihasilkan menjadi lancar.

6. Pepaya muda

Banyak sekali hidangan yang dtemukan dengan memanfaatkan pepaya muda. Di dalamnya terkandung Laktagogoum yang bagus sekali untuk menaikkan jumlah produksi ASI pada Moms saat menyusui.  Pepaya muda juga termasuk sayuran yang mudah sekali ditemukan atau dapat dipesan ke tukang sayur karena memang sayuran alami peningkat jumlah ASI.

7. Kemangi

Sayuran yang sering ditemukan pada lalapan dan juga beberapa olahan masakan yang memberikan citra rasa sedap ini ternyata memiliki kandungan enzim phytoestrogens yang bermanfaat sekali untuk menaikkan jumlah produksi ASI pada Moms. Sehingga ASI lancar adalah hal yang paling mudah dilakukan karena kemangi ini sangat mudah ditemukan bahkan bisa ditanam sendiri juga di rumah.

8. Wortel

Sayuran yang terkenal dengan manfaatnya untuk kesehatan mata ini ternyata bisa meningkatkan produksi ASI pada tubuh Moms. Kandungan enzim Phytoestrogen ini memberikan efek penambahan ASI yang optimal bagi Moms untuk keperluan menyusui si Kecil.
Selain kaya akan vitamin A yang baik untuk kesehatan dan tumbuh kembang struktur mata anak, wortel juga memberikan kebaikan dalam hal produksi ASI.
Sayuran pelancar ASI ini dapat Moms coba untuk menambah ASI semakin deras dan lancar dan juga memiliki kualitas ASI yang terbaik, kaya nutrisi untuk tumbuh dan kembang si Kecil semakin optimal.

 

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE