Mamapedia Logo
5 Cara ini Bisa Mengurangi Mual Pada Ibu Hamil!

5 Cara ini Bisa Mengurangi Mual Pada Ibu Hamil!

author iconNovia Luciana
date icon16 05 2018
category iconKehamilan & Menyusui, Masa Kehamilan, Tips,

Mual atau yang biasa disebut dengan morning sickness adalah hal yang wajar bagi ibu hamil. Biasanya hal ini terjadi di trimester pertama kehamilan atau istilah mudahnya adalah saat usia kehamilan masih muda. Morning sickness ini bisa saja terjadi hingga kehamilan menginjak usia 3 bulan.

 

Saat hamil, indera penciuman ibu cenderung lebih tajam dan hal ini biasanya jadi pemicu ia mual bahkan hingga muntah. Setiap ibu berbeda dan beragam, ada yang mual karena mencium bau parfum atau wewangian, ada juga yang sangat peka terhadap jenis makanan tertentu, bisa juga karena mencium suasana rumah, dll. Tak selamanya yang membuat ibu hamil mual dan muntah adalah bau busuk. Nah, ada baiknya ibu hamil mengenali dulu apa saja yang bisa memicu rasa mual-nya, atau apa yang sangat mengganggu bagi penciumannya. (Baca juga : 5 Hal Ini Biasanya akan Membuat Anda Terbangun di Malam Hari Saat Hamil.)

 

Berikut ini bisa disimak 5 cara yang bisa mengurangi rasa mual pada ibu hamil :

Minum Air Putih yang cukup

Air putih berfungsi untuk menjaga tubuh Anda tetap segar dan tidak lemas. Setiap orang membutuhkan air putih, terlebih lagi ibu hamil yang memang temperature suhu badannya berbeda dengan orang normal pada umumnya. Konsumsi air putih dengan cukup bisa juga menghindari Anda dari dehidrasi. Tak hanya itu saja, bagi ibu hamil, air putih juga bisa mengurangi rasa mual yang mengakibatkan muntah. Seringnya ibu hamil muntah bisa membuat cairan dalam tubuh banyak berkurang. Moms bisa pilih air hangat sebagai penetral setelah muntah.

Berolahraga teratur atau paling tidak aktif bergerak

Moms, meski hamil, Anda harus terus aktif bergerak. Olahraga teratur tidak akan membuat Anda melahirkan bayi premature dan jangan khawatir bayi Anda akan lahir dengan berat yang rendah. Anda bisa mengkonsultasikan terlebih dahulu pada dokter jika ingin berolahraga, namun cobalah untuk mulai jalan-jalan pagi di sekitar rumah supaya Anda tetap aktif ya. (Baca juga : Berolahraga Saat Hamil, Inilah Mitos yang Harus Anda Hindarkan)

Baca juga : Jalani Momen Kehamilan dengan Bahagia Seperti Ini!

Baca juga : Tips Mempercepat Pembukaan Persalinan

Makan dengan porsi kecil namun teratur

Ada baiknya juga kalau makan tidak sampai kenyang karena biasanya kekenyangan juga pemicu perut begah hingga rasa mual bahkan menyebabkan muntah. Untuk ibu hamil yang  rawan mual serta muntah, cara ini cukup jitu dilakukan. Takarlah porsi makan Anda dengan piring atau mangkuk yang lebih kecil dan aturlah jam makan Anda menjadi lebih teratur atau bisa juga lebih sering. Mengapa porsi kecil? Seorang ahli gizi Melanie Mc Grice mengungkapkan, jika Anda makan dengan porsi kecil namun teratur akan membuat perut Anda tetap terisi dan sedikit terhindar dari rasa mual berlebihan.

Jangan lupa untuk mengkonsumsi buah yang kaya akan vitamin C

Buah dengan kadar vitamin C yang cukup biasanya bagus untuk mengatasi rasa mual. Tak heran jika banyak ibu hamil memilih mengkonsumsi mangga muda untuk camilan mereka atau memang karena mereka ingin mengurangi rasa mual yang sedang mereka alami. Nah, Moms bisa mengkonsumsi buah-buahan berikut ini karena kandungan vitamin C-nya cukup baik : Mangga, Jeruk, Kiwi, Apel, Anggur, Stroberi, dll. Buah yang kadar asamnya terlalu tinggi sebaiknya tidak dikonsumsi ya Moms karena akan memicu asam lambung naik. (Baca juga : Ini Nutrisi yang Anda Butuhkan Selama Anda Hamil)

Jauhi dulu makanan yang mengandung gas

Sebaiknya Anda sedikit menjaga jarak dengan makanan-makanan yang berpotensi mengandung gas ya Moms. Apa saja sih? Contohnya segala makanan yang difermentasikan seperti semua jenis tape, sayur kol, durian, nangka, sawi putih, dll. Makanan-makanan ini akan membuat perut ibu penuh dengan gas sehingga memicu mual atau bisa jadi muntah karena perut akan terasa kembung, begah, bahkan penuh.

 

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE