Mamapedia Logo
Tips Mempercepat Pembukaan Persalinan

Tips Mempercepat Pembukaan Persalinan

author iconnadhilapn
date icon14 05 2018
category iconGaya Hidup, Kehamilan & Menyusui, Gizi & Kesehatan, Masa Kehamilan, Tips,

Moms yang sedang hamil sering kali khawatir apabila buah hati yang diidamkan lahir ke dunia belum juga memberikan atau menunjukkan tanda-tanda akan keluar. Padahal usia kehamilan sudah memasuki trimester terakhir. Pada tahapan akhir ini, Moms biasanya sudah dapat memprediksi hari kelahiran bayi Moms (HPL).

Jika begitu, Moms tidak perlu banyak khawatir karena justru kekhawatiran tersebut justru dapat berisiko terhadap janin Moms. Oleh karena itu setiap ahli medis biasanya memberikan beberapa saran supaya Moms dapat mempercepat pembukaan persalinan. Dilansir dari suatu sumber, berikut tips-tips yang dapat Moms lakukan untuk mempercepat pembukaan persalinan yang bisa Moms lakukan:

Baca juga: Ternnyata Begini Cara Memperbanyak ASI (Part 1)

  • Meditasi

Meditasi dinilai sebagai suatu cara yang efektif untuk sebuah treatment dan untuk menstimulus kontraksi pada kehamilan. Hal ini berhubungan juga dengan kondisi psikologis. Moms dapat melakukan meditasi di ruang yang nyaman, biasanya di teras rumah atau di kamar pribadi. Hindari gangguan-gangguan berupa kegaduhan dan lain sebagainya agar ketegangan yang mengganggu pikiran Moms dapat hilang. Moms juga dapat memusatkan pikiran untu mendapatkan keadaan tubuh yang nyaman. Ketika seperti ini Moms juga dapat menghilangkan semua beban pikiran dan stress yang mengganggu.

  • Birthing Balls

Olahraga yang disebut dengan birthing ball ini ternyata mampu membantu Moms yang sedang hamil agar dapat mempercepat pembukaan persalinan, jadi birthing ball ini membantu merangsang bayi untuk menuju jalan lahir. Maka secara tidak langsung, aktivitas ini akan merangsang kontraksi dan mempercepat proses pembukaan jalan lahir. Namun yang perlu Moms perhatikan adalah dalam melakukan kegiatan ini harus ada pengawasan serta panduan instruktur untuk menghindari kecelakaan yang dapat membahayakan kandungan Moms.

Baca juga: Ternyata Begini Cara Memperbanyak ASI (Part 2)

  • Pemijatan Akupresur

Pemijatan Akupresur memiliki manfaat untuk menghasilkan relaksasi mendalam sehingga otot-otot termasuk otot rahim tidak menegang. Meskipun pemijatan akupresur ini dapat dilakukan secara pribadi, ada baiknya Moms juga memahami konsep akupresur terlebih dahulu. Hal-hal ini memberikan tekanan terhadap titik-titik tekanan yang tepat sehingga tidak dapat dilakukan oleh sembarangan orang. Teknik sembarangan justu dapat membahayakan kandungan dan terjadinya kontraksi yang berlebihan.

 

Selain tips-tips diatas, Moms juga harus memiliki pola makan yang baik dan teratur. Mengonsumsi makanan yang bergizi juga perlu diperhatikan dalam menunjang proses persalinan yang lancer serta mempersiapkan kesehatan tubuh Moms dan juga si kecil. Selain itu, Moms juga disarankan untuk melakukan aktivitas rutin lainnya untuk menjaga kebugaran tubuh seperti jalan kaki santar setiap pagi ataupun rutin mengikuti senam hamil. Hal ini dapat membantu mempercepat pembukaan persalinan pada saat nanti buah hati Moms telah siap dilahirkan.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE