Mamapedia Logo
Yuk Minimalkan Merkuri Pada Ikan, Moms!

Yuk Minimalkan Merkuri Pada Ikan, Moms!

author iconnadhilapn
date icon07 03 2018
category iconGaya Hidup, Kehamilan & Menyusui, Gizi & Kesehatan, Masa Kehamilan, Tips,

Moms yang sedang hamil biasanya tidak asing lagi dengan saran mengonsumsi ikan yang sarat nutrisi, termasuk kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi. Namun terkadang ikan juga berisiko mengandung merkuri yang dapat membahayakan janin. Tapi Moms tidak perlu khawatir karena ada panduan agar Moms yang hamil tetap dapat mengonsumsi ikan secara sehat,

Dilansir dari suatu sumber, ikan merupakan jenis makanan yang kaya akan protein, rendah lemak jenuh, vitamin D dan berbagai nutrisi yang dibutuhkan Moms yang sedang hamil. Selain itu, ikan juga mengandung docosahexaenoic acid (DHA) yang bermanfaat untuk perkembangan otak bayi. Sehingga Moms yang seang hamil disarankan mengonsumsi setidaknya 2-3 porsi ikan setiap minggu.

Baca juga: Relaksasi Untuk Memperlancar ASI

Risiko Merkuri di Kandungan Ikan

Mesikupun ikan mengandung banyak nutrisi untuk Moms yang sedang hamil, namun ada risiko kandungan merkuri pada ikan. Terutama ikan yang paling banyak terpapar merkuri yaitu ikan laut karena dapat menyerap merkuri dari lapisan dalam laut saat ia bernapas dan juga makan. Bayi yang ada dalam kandungan Moms adalah yang paling berisiko mengalami gangguan kesehatan akibat merkuri

Apabila Moms mengonsumsi ikan yang mengandung merkuri secara terus menerus dalam jangka yang panjang, hal ini akan menyebabkan merkuri terakumulasi dalam aliran darah. Kondisi ini dapat mengganggu perkembangan sistem syaraf dan otak bayi. Efeknya mungkin baru akan terlihat saat bayi mulai berjalan, bicara, mengingat, dan juga memperhatikan.

Baca juga: Tips Penyimpanan ASI Secara Tepat

Kandungan merkuri di dalam ikan juga berbeda-beda, tergantung usia, ukuran, habitat, lokasi dan makanan yang dikonsumsi ikan. Jenis ikan yang sebaiknya dihindari adalah jenis ikan predator yang berukuran besar seperti makarel raja, ikan hiu, ikan todak, dan ikan barramundi. Dan selama Moms mengonsumsi ikan yang mengandung merkuri dengan kadar tinggi, Moms tetap bisa mendapatkan manfaat sehat dari ikan tanpa khawatir mengganggu kesehatan.

Berikut tips-tips mengonsumsi ikan dengan aman:

  • Memilih jenis ikan yang tepat
  • Batasi jumlah konsumsi makanan laut
  • Hindari konsumsi ikan mentah
  • Ikan harus dimasak hingga matang

 

Intinya, Moms tidak perlu khawatir karena apabila Moms mengonsumsi ikan yang mengandung merkuri, tubuh manusia sebenarnya secara alami membuang merkuri. Gangguan kesehatan akibat merkuri baru terjadi ketika seseorang mengonsumsi ikan atau makanan yang mengandung tinggi merkuri terus menerus selama berbulan-bulan atau dalam porsi yang berlebihan.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE