Mamapedia Logo
Relaksasi Untuk Memperlancar ASI

Relaksasi Untuk Memperlancar ASI

author iconnadhilapn
date icon06 03 2018
category iconGaya Hidup, Kehamilan & Menyusui, Gizi & Kesehatan, Menyusui, Tips,

Relaksasi untuk Moms yang menyusui merupakan salah satu kunci keberhasilan melancarkan ASI untuk memberikan asupan ASI yang berkualitas dengan kuantitas yang cukup bahkan berlebih bagi si kecil. Maka dari itu, terdapat teknik-teknik relaksasi laktasi/relaksasi untuk melancarkan ASI. Teknik ini pada umumnya diajarkan oleh perawat ataupun dokter di rumah sakit. Moms dapat melakukan pijatan relaksasi ini sendiri di rumah dan bisa Moms lakukan kapan saja.

Dilansir dari suatu sumber, sebaiknya teknik relaksasi untuk melancarkan ASI ini dimulai sejak dini, setidaknya pada saat usia kehamilan mulai memasuki trimester ke-3. Apabila Moms sudah melahirkan dan merasakan ASI kurang lancar, saat ini juga belum terlambat untuk menjalankan teknik relaksasi melancarkan ASI ini sekarang.

 

Baca juga: Tips Penyimpanan ASI Secara Tepat

Berikut beberapa langkah relaksasi atau pemijatan untuk melancarkan ASI yang dapat Moms lakukan dirumah:

  1. Gunakan minyak pijat

Moms dapat mengoleskan minyak zaitun atau baby oil pada kedua telapak tangan dan payudara

  1. Lakukan gerakan memutar pada payudara

Angkat dan juga topang payudara kanan dengan menggunakan tangan kanan, kemudian pijat menggunakan tiga jari tangan kiri dengan gerakkan memutar mulai dari pangkal payudara menuju areola. Moms juga dapat melakukan teknik ini untuk payudara sebelah kiri

  1. Relaksasi Untuk Refleks Melancarkan ASI

Letakkan kelima jari tangan kiri yang diregangkan pada pangkal payudara kanan, lalu pijat dengan gerakkan memutar sambal menekan payudara mulai pangkal payudara ke daerah areola. Kemudian lanjutkan gerakkan ini dari arah samping menuju areola. Gerakan ini membantu relaksasi dan membantu refleks melancarkan ASI.

  1. Gerakan kupu-kupu

Moms dapat meletakkan kedua telapak tangan di dada diantara dua payudara kemudian lakukan gerakkan seperti kupu-kupu mulai dari bagian tengah payudara mengarah keatas sambal kedia payudara diangkat dan dilepaskan secara bersamaan namun perlahan-lahan. Ulangi teknik ini berulang kali selama 1 menit.

Baca juga: Yuk Berikan Toilet Training ke Si Kecil

  1. Gerakan memerah payudara

Letakkan ibu jari tangan kanan dan kiri pada areola di atas putting susu payudara kanan dan letakkan jari yang lain pada areola dibawah puting susu. Tekan secara bersamaan kearah dada dan gerakkan ibu jari ddengan gerakkan memutar. Lakukan gerakkan tersebut selama 1 menit

  1. Gerakan kupu-kupu menyebar

Moms dapat menopang payudara kanan dengan tangan kiri dan lakukan pemijatan menggunakan tangan kanan dan kelima jarinya dengan gerakan kupu-kupu secara menyebar ke semua bagian payudara.

  1. Pemijatan menyeluruh

Letakkan telapak tangan kanan di atas payudara kanan, diatas areola dan telapak tangan kiri dibawah areola. Keempat jari kanan dan kiri bertemu di bagian bawah payudara. Lalu dorong kedua telapak tangan secara bersamaan kea rah bawah dengan gerakan memutar tangan. Lakukan pemijatan tersebut dengan cara dan gerakan yang sama pada payudara kiri.

 

Baca juga: Ini Manfaat Vitamin E Untuk Kehamilan

Apabila Moms telah berhasil mendapatkan ASI dengan lancar dan juga dengan kuantitas berlebih. Ada baiknya Moms menyimpan ASI dengan penyimpanan yang tepat. Apabila relaksasi diatas sudah dilakukan, namun ASI masih belum juga lancar. Moms juga dapat mengonsumsi makanan-makanan untuk memperlancar ASI.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE