Homepage Loading Icon
Yuk Kenali Warna ASI, Moms!

Yuk Kenali Warna ASI, Moms!

author iconnadhilapn
date icon16 05 2018
category iconGizi & Kesehatan, Kehamilan & Menyusui, Tips, Gaya Hidup, Menyusui,

ASI memang memiliki beragam warna. Biasanya Moms juga akan menemukan dan melihat warna ASI seperti krem, kekuningan, atau mungkin bening. Hal tersebut merupakan hal yang masih umum dan alami terjadi pada Moms yang masih menyusui. Namun, Moms juga perlu mengetahui apa saja perbedaan dan juga faktor yang menyebabkan warna ASI bisa berubah-ubah.

Dilansir dari suatu sumber, terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi warna ASI yaitu seperti waktu atau periode menyusui dan juga kolostrum. Pada umumnya, warna ASI akan terlihat jernih dan juga kebiruan saat Moms awal-awal menyusui atau pada awal memompa ASI. Pada warna seperti itu, ASI yang dihasilkan lebih rendah lemak. Dengan seiring waktu Moms menyusui, lemak dalam ASI akan bertambah. Maka setelah lemak bertambah, warna ASI akan berubah menjadi krem atau putih.

Baca juga: Yuk Kenali Plasenta Previa

Di dalam ASI yang di produksi oleh Moms juga terkandung kolostrum yang memiliki banyak kandungan nutrisi yang lebih tinggi untuk tubuh bayi, meski dengan jumlah yang sedikit, terkadang kolostrum berwarna putih jernih, namun yang sering dialami Moms adalah berwarna kuning atau oranye dan juga kental.

Berikut ini macam-macam perbedaan warna ASI pada Moms yang masih menyusui:

  1. Warna Hijau

Moms mungkin pernah melihat warna ASI hijau atau sedikit kehijauan. Hal tersebut terjadi setelah Moms mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam dan juga rumput laut. Hal tersebut tidak berbahaya, karena mengonsumsi sayuran hijau dapat memperlancar produksi ASI dan lebih berkualitas.

  1. Warna Pink, Oranye, dan juga Merah

Seperti halnya ASI yang berwarna hijau, ternyata ASI yang berwarna merah jambu, oranye, dan juga merah dapat diakibatkan oleh makanan yang dikonsumsi Moms yang berwarna tersebut. Makanan seperti jambu biji atau makanan lainnya yang berawarna merah dan juga oranye.

Baca juga: 5 Cara Mengurangi Mual Saat Kehamilan

  1. Warna Coklat

Warna ASI yang berwarna coklat biasanya terjadi karena ada darah yang masuk pada kelenjar menyusui. Tapi Moms juga masih bisa tetap menyusui karena dengan begitu, darah juga akan bercampur dengan ASI dan berhenti dengan sendirinya karena darah dalam jumlah yang sedikit tidak membahayakan bayi. Jika darah sudah bercampur ASI tidak berhenti, Moms harus memeriksakan hal ini kepada dokter.

  1. Warna Hitam

ASI yang berwarna kehitaman diakibatkan oleh penggunaan antibiotic jenis Minocin. Minocin atau minocycline merupakan antibiotik yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada jerawat, demam, dan juga masalah kulit lainnya. Selain itu, bisa juga menyebabkan kulit menggelap. Sehingga Moms yang masih menyusui tidak dianjurkan untuk menggunakan anti biotik jenis ini.

 

Perubahan warna ASI memang umum terjadi karena asupan makanan yang Moms konsumsi. Perubahan warna yang kurang wajar seperti yang telah dibahas diatas harus dianggap serius ya Moms, karena dapat mempengaruhi kandungan produksi ASI dan membahayakan bayi.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Washable Nursing Pads (2 Pairs) - Penyerap ASI
Washable Nursing Pads (2 Pairs) - Penyerap ASI

IDR 129,000

Breastmilk Storage Bags 250ml Kantong ASI
Breastmilk Storage Bags 250ml Kantong ASI

IDR 119,000

Skinny Maternity Jeans with Rips Celana Jeans Hamil
Skinny Maternity Jeans with Rips Celana Jeans Hamil

IDR 499,000

New Silicone Breast Pump + Free Lid Pompa ASI Silikon Ibu Menyusui
New Silicone Breast Pump + Free Lid Pompa ASI Silikon Ibu Menyusui

IDR 249,000

2 Piece Swing Nursing Dress Baju Ibu Hamil & Menyusui
2 Piece Swing Nursing Dress Baju Ibu Hamil & Menyusui

IDR 579,000

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM CO., LTD. All Rights Reserved