Mamapedia Logo
Ternyata Puasa Memiliki Manfaat Bagi Ibu Hamil

Ternyata Puasa Memiliki Manfaat Bagi Ibu Hamil

author iconnadhilapn
date icon17 05 2018
category iconGaya Hidup, Kehamilan & Menyusui, Gizi & Kesehatan, Masa Kehamilan, Tips,

Pada bulan Ramadhan, berpuasa merupakan kewajiban seluruh umat Islam. Semua umat Islam tentunya ingin melaksanakan kewajiban puasa, termasuk Moms yang sedang hamil. Namun, untuk Moms yang hamil, berpuasa harus dijalankan dengan lebih waspada karena adanya kehadiran janin di dalam rahim yang harus mendapatkan nutrisi penuh. Sementara puasa berarti menahan makan dan minum dari mulai sebelum subuh hingga maghrib.

Dilansir dari suatu sumber, puasa memiliki manfaat untuk Moms yang sedang hamil. Manfaat-manfaat puasa bagi Ibu Hamil tersebut adalah sebagai berikut:

Baca juga: Tips Melaksanakan Puasa Saat Kehamilan

  1. Menstabilkan Tingkat Insulin

Moms yang hamil bisa mendapatkan manfaat berupa tingkat insulin yang lebih baik, hal ini sangat baik untuk Moms yang hamil karena ketika berpuasa, karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh akan diterima lebih baik dibandingkan ketika tidak berpuasa.

  1. Membantu Mengelola Berat Badan

Cara sehat untuk mengelola berat badan melalui puasa merupakan cara sehat untuk diet yang baik. Tidak hanya mengurangi makanan, namun membuat jadwal makan menjadi lebih baik. Proses metabolisme dan juga pembakaran lemak juga akan menjadi lebih baik.

  1. Memperbaiki Umur Sel Tubuh

Wanita hamil akan mengalami perubahan hormone yang besar, jadwal makan yang teratur membuat tubuh memiliki metabolism yang lebih baik yang dapat membantu sel tubuh bekerja dan bisa melakukan regenerasi dengan baik.

Baca juga: Berpuasa Pada Kehamilan Trimester Pertama, Amankah?

  1. Memperbaiki Pola Makan

Puasa membuat Moms yang hamil memperbaiki pola makan menjadi lebih teratur dan pola makan yang lebih baik ini membuat tubuh menerima nutrisi yang lebih lengkap. Puasa juga akan membantu tubuh Moms yang hamil dalam mengelola kalori yang masuk ke dalam tubuh.

  1. Membantu Mengelola Rasa Lapar

Pada saat hamil, berpuasa dapat membantu untuk mengelola rasa lapar berlebihan. Moms yang hamil biasanya akan merasa lebih sering lapar. Puasa akan membuat hormone bekerja dengan baik kemudian tubuh akan merasa lapar, ketika sebenarnya memang sudah lapar.

  1. Menjaga Kesehatan

Puasa meningkatkan keehatan dan kondisi tubuh yang lebih baik, sehingga metabolism yang lebih baik juga akan mengatasi masalah perubahan hormone selama kehamilan. Hal ini membuat kondisi kesehatan setelah melahirkan juga menjadi lebih baik.

  1. Membantu Meningkatkan Fungsi Otak

Puasa mampu meningkatkan jumlah protein yang ada di bagian otak. Protein yang bekerja untuk otak juga akan membantu produksi neuron baru dalam otak yang akan menyehatkan sistem saraf.

  1. Membuat Kulit Lebih Sehat

Puasa juga membantu Moms yang hamil menjaga kesehatan kulit dimana pada umumnya Moms biasanya mengalami masalah kulit di sekitar paha, perut, dan juga kaki. Bahkan beberapa Moms yang hamil mengalami masalah kulit di semua bagian tubuh.

Baca juga: Yuk Kenali Warna Asi, Moms!

  1. Meningkatkan Konsentrasi

Pada saat berpuasa, secara otomatis sistem pencernaan berubah menjadi lebih baik. Tubuh berusaha mendapatkan energy sesuai cadangan nutrisi yang ada dalam tubuh. Penyerapan nutrisi menjadi lebih teratur yang dapat membantu meningkatkan konsentrasi menjadi lebih baik.

  1. Membuat Hati Lebih Tenang

Puasa memberikan makna spiritual yang sangat kuat, puasa akan membuat hati menjadi lebih tenang dan tidak panik. Perhatian yang didapatkan dari pasangan dan juga keluarga juga akan menjadi lebih besar sehingga berpuasa juga akan membuat jiwa ibu hamil menjadi lebih tenang.

Ternyata berpuasa memiliki banyak manfaatnya kan Moms? Apabila Moms merasa tidak nyaman atau kuat berpuasa, sebaiknya jangan dipaksakan. Dan apabila Moms masih ragu untuk berpuasa dengan kondisi kehamilan yang Moms alami, sebaiknya Moms mengonsultasikan hal ini ke dokter.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE