Mamapedia Logo
Minuman Sehat Untuk Ibu Hamil

Minuman Sehat Untuk Ibu Hamil

author iconnadhilapn
date icon15 01 2018
category iconGaya Hidup, Resep, Kehamilan & Menyusui, Gizi & Kesehatan, Masa Kehamilan,

Moms yang sedang hamil pada umumnya sering merasa kehausan karena tubuh mengalami dehidrasi karena penyerapan air dalam tubuh selama hamil berjalan begitu cepat. Tenang Moms, hal ini merupakan hal yang normal kok mengingat kondisi Moms yang sedang hamil. Dilansir dari suatu sumber, terdapat minuman-minuman sehat yang dapat Moms konsumsi selama masa kehamilan. Selain itu, minuman sehat ini juga banyak direkomendasikan oleh dokter spesialis.

Baca juga: Apa Sushi Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil?

Berikut minuman-minuman sehat yang dapat dikonsumsi oleh Moms yang sedang hamil:

  • Susu Tanpa Lemak

Disaat hamil, tubuh Moms akan menyerap kalsium dua kali lebih cepat dari biasanya. Sehingga Moms butuh mengkonsumsi susu rendah emak yang mengandung kadar kalsium yang tinggi. Disarankan Moms mengkonsmsi 220 gram susu tanpa lemak untuk mencukupi 30% kebutuhan kalsium dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi susu secara rutin dapat membantu perkembangan janin lebih sempurna dan menambah daya tahan janin dalam rahim.

  • Air Kelapa

Air kelapa mengandung minuman isotonik alami yang efektif untuk mencegah Moms mengalami dehidrasi. Air kelapa juga bagus untuk menyegarkan tubuh setelah berkeringat dan sangat kehausan saat hamil. Minuman sehat ini juga dapat membuat kondisi ibu hamil tetap fit serta mempermudah dalam proses persalinan.

  • Air Lemon

Air lemon memiliki banyak kandungan vitamin C yang sangat bagus untuk dikonsumsi sebagai minuman sehat. Terlebih lagi, apabila Moms baru memasuki trimester pertama, maka dengan meminum air lemon ini dapat menjadi solusi ketika Moms merasakan mual-mual. Air lemon dapat menetralkan lambung yang dalam kondisi tidak stabil.

Baca juga: Bahaya Kucing Untuk Ibu Hamil

  • Smoothies

Smoothies merupakan minuman jus yang di blender dan biasanya terdiri dari buah-buahan, kemudian ditambahkan susu. Jenis minuman ini merupakan minuman yang menyehatkan karena sangat kaya akan kandungan-kandungan bergizi dan bermanfaat seperti kalsium, protein, dan juga serat yang bagus untuk melancarkan metabolisme tubuh Moms.

  • Jus Sayuran

Jenis sayuran seperti bayam, daun mint, atau wortel dan tomat juga bagus untuk menghilangkan rasa dahaga selama hamil. Selain itu, dua jenis jus tersebut kaya akan zat besi dan juga vitamin A yang membuat Moms energik seharian penuh.

  • Jus Semangka

Jus semangka sangat kaya akan berbagai vitamin yang menunjang pertumbuhan janin di dalam kandungan. Selain itu, buah semangka juga membantu kebugaran ibu hamil sehari-hari. Dan apabila Moms rutin mengkonsumsi jus semangka, maka proses pencernaan akan berjalan lancar.

  • Green Tea (Teh Hijau)

Meminum green tea secukupnya bermanfaat bagi kesehatan janin karena dapat mengurangi stress, dan juga antioksidan yang ada di dalamnya akan memperbaiki kesehatan Moms juga.

 

Mengkonsumsi minuman-minuman sehat diatas memiliki banyak manfaat untuk Moms yang sedang mengandung. Selain bermanfaat untuk janin, bermanfaat juga untuk tubuh Moms.

https://cahayaibu.com/10-minuman-sehat-ibu-hamil-perlu-dikonsumsi/

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE