Mamapedia Logo
Bahaya Kucing Bagi Ibu Hamil

Bahaya Kucing Bagi Ibu Hamil

author iconnadhilapn
date icon15 01 2018
category iconTumbuh Kembang Anak, Masa Kehamilan, Kehamilan & Menyusui, Gizi & Kesehatan, Gaya Hidup,

Kucing merupakan hewan peliharaan yang banyak disukai karena tingkah kucing yang lucu dan menggemaskan. Selain itu, memelihara kucing juga dapat digunakan untuk mengusir tikus. Tikus merupakan hewan yang suka mencuri makanan dan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Namun ternyata, kucing juga memiliki bahaya tersendiri, khususnya bagi ibu hamil.

Pada umumnya, bahaya mengenai kucing yang diketahui banyak orang adalah apabila seorang peremuan suka tidur dengan kucing, maka hal tersebut dapat membuat dirinya susah hamil karena kotoran kucing yang cukup berbahaya. Dilansir dari suatu sumber, berikut adalah bahaya kucing bagi ibu hamil yang harus diketahui:

Baca juga: Apa Sushi Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil?

  1. Virus Tokso

Apabila Moms yang sedang hamil berdekatan dengan kucing, maka Moms dapat terkena virus tokso yang sangat ditakuti para wanita dan juga ibu hamil karena virus ini dapat menyebabkan janin meninggal di dalam kandungan, sementara itu bagi wanita, virus tokso menyebabkan susah hamil.

  1. Keguguran

Kotoran kucing yang mengandung parasit tokso juga dapat menyebabkan keguguran karena kotoran kucing menginfeksi janin yang ada di dalam kandungan, sehingga janin tersebut tidak mampu bertahan lama dalam kandungan.

Baca juga: Khasiat Granola Bagi Kesehatan

  1. Janin Cacat

Kotoran kucing mengandung parasit yang menyebabkan Moms terkena virus tokso yang juga dapat menyebabkan janin yang cacat dalam kandungan.

  1. Merusak Organ Mata Bayi

Adanya parasit dalam virus tokso mampu menyebabkan infeksi pada mata bayi yang menimbulkan kerusakan dan membuat mata bayi menjadi rabun.

  1. Kerusakan Otak

Apabila virus tokso sampai ke otak bayi, maka bayi tersebut dapat mengalami kerusakan otak yang menyebabkan bayi akan mengalami down syndrome dan mengalami keterlambatan berfikir.

  1. Mudah Lelah dan Terserang Penyakit

Infeksi ringan yang dialami akan menyebabkan flu yang berkepanjangan sehingga menyebabkan sistem imun menurun sehingga membuat mudah lelah dan tidak mampu melakukan terlalu banyak aktivitas.

Baca juga: Kecukupan Nutrisi Yang Harus Dipenuhi Ibu Hamil

  1. Infeksi Getah Bening

Getah bening dalam tubuh ibu hamil dapat terinfeksi dengan parasit tokso tersebut. Akibatnya getah bening mengalami peradangan dan juga pembengkakan.

  1. Mata Juling dan Tuli

Kerusahan mata yang disebabkan oleh virus terseut dapat membuat bayi terkena mata juling. Hal tersebut terjadi karena syaraf bayi terserang oleh virus tokso sehingga membuat matanya menjadi juling dan telinganya menjadi tuli.

 

Hal-hal diatas adalah bahaya yang ditimbulkan oleh kucing kepada Moms yang sedang hamil. Semoga Moms juga dapat lebih berhati-hati dan waspada ya.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE