Mamapedia Logo
Inilah Bahayanya Jika Moms Mengkonsumsi Alkohol

Inilah Bahayanya Jika Moms Mengkonsumsi Alkohol

author iconNovia Luciana
date icon20 10 2017
category iconGaya Hidup, Kehamilan & Menyusui, Masa Kehamilan, Tips,

Alkohol memang salah satu hal yang tak baik bila dikonsumsi secara berlebihan. Minuman yang satu ini punya efek yang tak baik untuk seluruh badan manusia. Dikutip dari banyak sumber, pengaruh jangka pendek dari alkohol begitu merugikan, contohnya :

 

  1. Orang yang mengkonsumsi alkohol bisa beresiko mengalami gangguan percakapan.
  2. Bisa juga terkena pendarahan pada kerongkongan, apabila ia tak kuat mengkonsumsi minuman beralkohol dengan merk tertentu.
  3. Beberapa orang bisa jadi mengalami jantung berdegup dengan irama yang tidak teratur.
  4. Beresiko terhadap penyakit kanker usus kecil.
  5. Beresiko terhadap kerusakan hati dan juga melemahnya otot – otot.
  6. Pada wanita beresiko mengalami ketidaksuburan.
  7. Hingga bisa mengalami kerusakan otak.

 

Jika pengaruh jangka pendeknya punya dampak buruk sebesar ini, maka sama halnya dengan efek jangka panjangnya, yaitu :

 

  1. Bisa mengalami kerusakan jantung dan juga stroke.
  2. Mengalami insomnia berkepanjangan (susah tidur).
  3. Bagi wanita bisa meningkatkan resiko kanker payudara.
  4. Beresiko terhadap impotensi atau ketidaksuburan.
  5. Susah berkonsentrasi atau mudah lupa akan banyak hal.
  6. Bisa menyebabkan tekanan darah tinggi.
  7. Bisa mengalami kerusakan otak yang lebih parah hingga merubah kepribadian.

 

Ini adalah resiko terburuk bagi manusia yang semulanya sehat, lalu bagaimana dampaknya dengan ibu hamil? Banyak penelitian mengungkapkan bahwa tak baik mengkonsumsi alkohol saat hamil karena akan banyak berpengaruh kepada janin yang sedang di kandung. Dikutip dari situs hamil, berikut ini adalah bahaya yang bisa terjadi pada ibu hamil yang masih mengkonsumsi alkohol :

 

  1. Resiko keguguran sangat besar

 

Kehamilan pada fase berapapun memiliki resiko keguguran, meski resiko tertinggi ada pada fase trimester pertama. Pada fase ini, Moms diharuskan sangat memperhatikan segala hal dari mulai nutrisi, vitamin, hingga aktifitas Moms pun tak bisa sembarangan. Fase trimester awal janin masih sangat rentan sehingga ia membutuhkan perlindungan dan perawatan extra. Tidak mengkonsumsi alkohol adalah salah satu perlindungan yang dapat dilakukan karena zat yang terkandung pada alkohol bisa meracuni semua sel yang akan berkembang pada janin yang ada dalam Rahim. Baca juga : Khasiat Salak yang Sehat untuk Ibu Hamil

 

  1. Beresiko melahirkan bayi dengan gangguan fisik

 

Zat kimia pada alkohol bisa merusak perkembangan janin dalam Rahim sehingga bayi yang akan dilahirkan pun bisa jadi tak sempurna. Beberapa kasus yang ada, ibu yang sering mengkonsumsi alkohol saat hamil punya resiko melahirkan bayi dengan gangguan fisik seperti kepala yang memiliki ukuran normal seperti bayi lahir pada umumnya, anggota tubuh yang tak umum, bahkan dapat mengalami masalah pada pertumbuhan sendi – sendinya.

 

  1. Janin beresiko meninggal di dalam kandungan

 

Alkohol mengakibatkan organ – organ tubuh manusia tak bekerja semestinya, sama halnya juga pada perkembangan bayi dalam kandungan. Hal terburuk adalah janin bisa meninggal di dalam kandungan apabila ibunya tetap mengkonsumsi alkohol meski dalam jumlah yang sedikit. Jantung bisa tidak berkembang seperti pada umumnya sehingga menyebabkan kematian.

 

  1. Beresiko melahirkan bayi premature

 

Sering mengkonsumsi alkohol adalah salah satu kebiasaan buruk yang punya resiko tinggi. Moms bisa saja melahirkan bayi premature (bayi lahir belum saatnya) apabila tetap mengkonsumsi alkohol meski kadar alkoholnya rendah. Tak hanya itu saja, kebiasaan Moms mengkonsumsi alkohol bisa membuat bayi yang lahir memiliki berat badan yang rendah. Hal ini disebabkan karena asupan nutrisi yang masuk dalam tubuh Moms tak layak atau tak baik. Baca juga : Manfaat Berenang Bagi Ibu Hamil

 

  1. Bayi bisa memiliki imun yang lemah

 

Saat Moms mengkonsumsi alkohol, kandungan alkohol ini pun akan tetap ada dalam darah dan tersalurkan juga ke janin sehingga janin atau bayi Moms nanti tetap memiliki darah yang punya kandungan alkohol. Kandungan alkohol dalam darah sendiri bisa membuat imun pada bayi melemah dan tak sekuat bayi – bayi pada usianya. Bisa juga mengakibatkan sakit kuning pada bayi baru lahir. Baca juga : Makanan Berikut Ini adalah Penguat Kandungan Lemah!

Sudah tahu kan dampak buruk mengkonsumsi alkohol saat sedang hamil? Yuk hentikan segera kebiasaan buruk ini supaya Moms dapat melahirkan bayi yang sehat dan ceria!

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE