Mamapedia Logo
Coklat Ternyata Bermanfaat Untuk Kehamilan Lho Moms!

Coklat Ternyata Bermanfaat Untuk Kehamilan Lho Moms!

author iconnadhilapn
date icon19 01 2018
category iconGaya Hidup, Kehamilan & Menyusui, Masa Kehamilan, Gizi & Kesehatan, Tips,

Coklat memang camilan yang sering menjadi favorit yang sangat lezat dan membuat tubuh menjadi lebih segar. Bahkan dilansir dari suatu sumber, coklat bisa membuat Moms menjadi lebih bahagia dan merasa tetap tenang untuk menghadapi berbagai kondisi. Beberapa mitos memang menyebutkan bahwa coklat merupakan makanan yang dilarang untuk ibu hamil karena mengganggu kesehatan Moms yang sedang hamil dan janin.

Ternyata coklat memiliki manfaat-manfaat tertentu untuk kesehatan Moms dan si kecil di dalam kandungan. Berikut manfaat coklat bagi kesehatan Moms dan janin:

Baca juga: Yuk Moms Kenali Shaken Baby Syndrome

  1. Mencegah Preklamsia

Preklamsia merupakan gangguan kehamilan yang menyebabkan ibu hamil memiliki tekanan darah tinggi sepanjang kehamilan dan beresiko untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Sehingga kondisi ini menyebabkan kelahiran yang prematur, gangguan fungsi hati, dan juga ginjal. Nah Moms, coklat bermanfaat untuk mencegah semua resiko preklamsia karena kandungan theobromin yang membuat Moms menjadi lebih rileks, tenang, dan janin tidak stress.

  1. Menormalkan Tekanan Darah

Sistem tekanan darah dan produksi darah merupakan hal yang penting bagi Moms yang sedang mengandung. Namun, di beberapa kasus beberapa Moms mengalami tekanan darah tinggi. Sehingga coklat menjadi salah satu makanan yang bisa membuat tekanan darah ibu hamil kembali normal dan mengurangi risiko cacat pada janin. Selai n itu, komponen theobromin yang ditemukan pada coklat memiliki peran yang penting untuk mencegah masalah ini dan masalah pelebaran pembuluh darah yang rentan terjadi.

Baca juga: Tips Menggendong Bayi Secara Baik dan Benar

  1. Memberikan Efek Bayi Lebih Bahagia

Berbagai tekanan pada kehamilan akan membuat Moms merasa tidak nyaman dan rawan terhadap stress. Hal ini membuat Moms tidak bahagia dan akan berpengaruh terhadap janinnya. Mengkonsumsi coklat beberapa gram ternyata dapat menurunkan resiko stress pada janin dan ibu hamil.

  1. Meningkatkan Respon Bayi

Coklat yang dikonsumsi selama kehamilan memberikan efek yang baik terhadap respon bayi ketika sudah lahir. Bayi akan cenderung lebih santtar dan tenang sehingga memiliki respon yang sangat baik terhadap orang tua dan berbagai kondisi lingkungan karena coklat mengandung phenythylamin yang dikonsumsi selama kehamilan yang juga menjadi nutrisi ibu hamil

  1. Sumber Antioksidan

Kehamilan membutuhkan antioksidan yang cukup tinggi. Di dalam coklat mengandung antioksidan yang dapat membentuk sistem kekebalan dan kesehatan ibu hamil dan janin, sehingga terbebas dari risiko kanker dan penyakit jantung. Coklat mengandung flavonoid yang membuat Moms lebih sehat dan bahagia.

  1. Meningkatkan Sistem Metabolisme

Coklat mengandung berbagai nutrisi yang berupa magnesium dan zat besi yang dibutuhkan ibu hamil untuk membantu proses metabolism lemak, produksi sel darah merah, dan melindungi Moms dari anemia

 

Baca juga: Minuman Sehat Untuk Ibu Hamil

Nah Moms sekarang tidak perlu takut lagi dengan mitos larangan makan coklat. Jangan lupa tetap waspada akan pilihan coklat yang Moms konsumsi ya. Hindari coklat olahan yang dapat membahayakan. Moms disarankan untuk mengkonsumsi coklat rendah gula dan lemak, dan lebih baik lagi mengkonsumsi dark chocolate.

 

 

 

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE