Mamapedia Logo
Cara Mengontrol Berat Badan Saat Hamil

Cara Mengontrol Berat Badan Saat Hamil

author iconnadhilapn
date icon25 01 2018
category iconGaya Hidup, Kecantikan, Kehamilan & Menyusui, Masa Kehamilan, Tips,

 

Berat badan merupakan hal penting yang perlu diperhatikan saat hamil. Jumlah kenaikan berat badan disaat Moms sedang hamil dapat mempengaruhi kesehatan kehamilan dan juga kesehatan bayi yang akan dilahirkan.

Pada masa kehamilan, Moms biasanya cenderung mengkonsumsi makanan dengan porsi yang lebih banyak dari biasanya dengan anggapan nutrisi yang masuk juga untuk memenuhi kebutuhan nutrisi janin yang ada dalam kandungan dan juga kebutuhan Moms. Sering kali Moms tidak menyadari bahwa porsii makan berlebihan akan menyebabkan kegemukan atau obesitas. Sehingga anggapan obesitas pada Moms yang sedang hamil merupakan hal yang wajar. Padahal kenaikan berat badan yang berlebihan dan di luar batas normal akan menimbulkan resiko tertentu yang mungkin tidak Moms sadari.

Baca juga: Apa Si Kecil Harus Masuk Playgroup?

Dilansir dari suatu sumber, untuk mengurangi resiko tersebut, Moms dapat menjaga pola makan dan juga pola hidup agar berat badan Moms tidak meingkat secara drastic. Sebaiknya Moms fikus terhadap pemilihan makanan, aktivitas fisik, dan istirahat yang cukup. Berikut tips untuk Moms agar dapat mengontrol berat badan saat hamil:

  1. Pilih Makanan Yang Sehat

Moms dapat memilih makanan seperti buah dan sayur yang segar untuk mengolah dan menjadikannya sebagai selingan makanan. Konsumsi roti dan sereal yang berbahan dasar gandum yang dapat membantu dan menjaga pencernaan Moms karena tinggi akan serat. Pilihlah produk susu yang rendah lemak.

  1. Hindari Makanan Olahan

Makanan dan minuman yang ada di dalam kemasan biasanya mengandung gula buatan yang tinggi. Moms harus menhindari makanan dan juga minuman yang memiliki kandungan natrium dan zat aditif yang tinggi. Moms juga tidak dianjurkan mengkonsumsi makanan ringan seperti snack jajanan, permen, es krim, dan lain sebagainya dalam jumlah yang banyak untuk menghindari lemark trans fat dengan cara mengurangi makanan yang di goreng.

Baca juga: Coklat Ternyata Bermanfaat Untuk Kehamilan Lho Moms

  1. Hitung dan Perhatikan Jumlah Kalori Makanan

Perhatikan jumlah kalori yang dikonsumsi setiap makan, sehingga Moms akan cenderung memilih makanan yang rendah kalori dan tidak makan dengan berlebihan. Jangan lupa Moms juga harus menghindari junk food, dan akan lebih baik lagi jika mengkonsumsi makanan seperti salad, sayuran, dan juga sup.

  1. Memasak di Rumah

Jangan gunakan minyak yang banyak disaat memasak di rumah, dan hindari masak dengan cara di goreng. Masak dengan cara menumis, merebus, atau mengukus karena dinilai lebih baik dibandingkan menggoreng.

  1. Lakukan Olahraga Rutin

Moms dapat melakukan olahraga-olahraga ringan yang aman seperti berjalan santai, berenang, dan juga yoga khusus untuk Moms yang sedang hamil.

 

Baca juga: Yuk Moms Kenali Shaken Baby Syndrome

Walaupun hamil, Moms juga bisa kok menjaga keseimbangan berat badan dan kesehatan, sekaligus memberikan nutrisi yang optimal untuk janin yang ada di dalam kandungan. Moms juga bisa mengkonsultasikan hal ini kepada dokter kandungan.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share