Mamapedia Logo
Bukan Malas, Namun Ibu Hamil Sering Lelah Karena Hal Ini

Bukan Malas, Namun Ibu Hamil Sering Lelah Karena Hal Ini

author iconnadhilapn
date icon21 05 2018
category iconGaya Hidup, Kehamilan & Menyusui, Masa Kehamilan, Gizi & Kesehatan, Tips,

Ibu hamil sering dicap malas karena sulit untuk bangun dan beraktivitas. Hal ini belum tentu benar. Banyak hal yang membuat Moms yang hamil merasa lelah sehingga tidak bersemangat. Meski berat badan Moms yang sedang hamil muda belum banyak bertambah, namun banyak yang merasakan lelah berlebihan. Sebagian wanita baru merasakannya pada usia kehamilan tujuh bulan, namun ada yang mengalami rasa lelah tersebut sepanjang kehamilan.

Dilansir dari suatu sumber, berikut beberapa alasan Moms yang hamil dan merasa lelah yang sering kali disalah artikan sebagai alasan malas beraktivitas:

Baca juga: Tips Melaksanakan Puasa Saat Kehamilan

  • Perubahan hormon

Salah satu hal yang terjadi saat hamil adalah peningkatan hormon progesteron. Hormon ini dapat memicu rasa kantuk pada ibu hamil. Selain itu, tubuh mengalami produksi darah disertai dengan penurunan tekanan darah dan juga kadar gula. Sayangnya, meski sering merasa mengantuk, banyak Moms yang sedang hamil muda tidak merasakan tidur malam yang nyenyak karena sering buang air kecil.

  • Mual dan muntah

Meski sering disebut morning sickness, namun sebenarnya mual dan juga muntah pada Moms yang hamil bisa berlangsung kapan saja sepanjang hari. Banyak energi yang terkuras saat Moms yang hamil merasakan mual dan juga muntah

Baca juga: Ternyata Puasa Memiliki Manfaat Bagi Ibu Hamil

  • Cemas

Faktor emosi mempengaruhi kondisi fisik Moms yang hamil, termasuk ketika merasakan cemas. Ada beragam hal yang biasanya menjadi hal yang dicemaskan ibu hamil, termasuk juga kondisi kesehatan bayi, persiapan menjadi ibu, hingga perasaannya tentang kehamilan tersebut. Moms yang sedang hamil perlu mengatasinya agar tidak berlanjut menjadi depresi.

  • Anemia

Jangan cepat menganggap Moms yang sedang hamil itu malas. Bisa jadi lelah yang dirasakan berkaitan dengan anemia defisiensi zat besi. Untuk memastikan kondisi tersebut, dokter perlu melakukan tes darah. Umumnya dilakukan pada awal trimester pertama, menjelang akhir trimester kedua, ataupun pada awal trimester ketiga.

  • Penambahan beban

Pada usia kehamilan trimester ketiga, Moms yang hamil akan sering merasa lelah karena semakin bertambahnya berat bayi dan juga berat badan. Hal ini juga dapat memicu sulit tidur pada ibu hamil dan sering buang air kecil yang kemudian menyebabkan rasa lelah.

 

Hindari menganggap Moms yang hamil sebagai seorang probadi yang malas ataupun sebutan lain yang mungkin disebabkan oleh perubahan kondisi fisik yang dialami. Moms yang sedang hamil membutuhkan banyak dukungan dari keluarga dan lingkungan sekitar agar tetap sehat hingga persalinan.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE