mamapedia search icon mamapedia icon

Subtotal

View Bag

8 Makanan Ibu Menyusui Agar Bayi Lancar BAB

8 Makanan Ibu Menyusui Agar Bayi Lancar BAB

Bayi yang baru lahir dengan mudahnya terserang berbagai penyakit dan yang paling umum adalah susah BAB. Selain imunitas bayi yang masih lemah, sistem pencernaan bayi yang belum sempurna membuat bayi rentan terhadap sembelit. Meskipun bayi hanya menerima asupan ASI tidak menutup kemungkinan bayi menjadi susah BAB. Tak hanya itu saja, saat bayi masih mendapatkan asupan ASI maka apapun yang dikonsumsi oleh sang ibu juga akan berpengaruh pada bayinya.

Penyebab Bayi Susah BAB

makanan ibu menyusui agar bayi lancar bab

Dikutip dari nhs.uk ada beberapa hal yang menyebabkan bayi susah BAB antara lain:

  1. Makanan padat
    Saat bayi menginjak usia 6 bulan, saat itulah bayi sudah dapat menerima MPASI. Peralihan dari ASI ke MPASI inilah yang biasanya menyebabkan bayi susah BAB dan hal itu wajar terjadi karena sistem pencernaan bayi yang membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan makanan padat. Pastikan Moms memberikan MPASI yang mengandung tinggi serat, karena makanan yang rendah serat dapat membuat bayi susah BAB.
  2. Bayi mengalami dehidrasi
    Kekurangan cairan bisa menjadi penyebab bayi susah BAB karena saat dehidrasi tubuh sang bayi akan menyerap lebih banyak cairan dari makanan dan minuman yang dikonsumsinya. Dehidrasi bisa disebabkan karena bayi mengalami pertumbuhan gigi, sariawan dan bayi dalam kondisi sedang disapih.
  3. Susu formula
    Kandungan dalam susu formula tertentu mungkin saja sulit dicerna oleh tubuh bayi sehingga menyebabkan bayi susah BAB.
  4. Kondisi medis sang bayi
    Beberapa kondisi medis seperti alergi dan gangguan terhadap metabolisme tubuh juga dapat menjadi penyebabnya.
  5. Sang ibu salah makan
    Saat bayi masih menyusu sang ibu otomatis nutrisi yang dikonsumsi oleh sang ibu akan berpengaruh pada sang bayi. Saat bayi mengalami kondisi susah BAB, Moms perlu memperhatikan makanan ibu menyusui agar bayi lancar BAB. Sebaiknya hindari sereal dan susu yang dapat menyebabkan sembelit

Baca juga: Moms, Inilah Rekomendasi Obat Batuk untuk Ibu Menyusui

$[banner_single]$

Makanan Ibu Menyusui agar Bayi Lancar BAB

makanan ibu menyusui agar bayi lancar bab

Untuk mengatasi bayi susah BAB, Moms bisa perhatikan makanan ibu menyusui agar bayi lancar BAB yaitu antara lain:

  • Pepaya
    Selain pepaya bersifat sebagai anti-oksidan, kandungan dalam pepaya sangat baik untuk melancarkan BAB
  • Buah beri-berian
    Buah beri-berian seperti strawberry dan blueberry mengandung serat tinggi sehingga sangat baik untuk pencernaan dan melancarkan BAB si kecil
  • Oatmeal
    Oatmeal bisa menjadi pilihan terbaik bagi Moms untuk makanan ibu menyusui agar bayi lancar BAB, pasalnya oatmeal mengandung serat yang cukup tinggi.
  • Apel
    Salah satu tanda bayi mengalami susah BAB adalah bentuk fesesnya yang keras. Untuk membuat feses menjadi lunak Moms bisa mengonsumsi buah Apel karena kandungan asam organik dan kalium di dalamnya yang dapat melancarkan BAB.

Baca juga: Jangan Sampai Diet Selama Menyusui Memengaruhi Pencernaan Bayi

  • Telur
    Telur mengandung protein yang cukup tinggi yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan sehingga dapat melancarkan BAB. Sebaiknya Moms mengonsumsi telur dengan cara direbus selain nutrisinya yang masih utuh, mengolah telur dengan digoreng dapat menambahkan lemak jahat yang dapat menyebabkan kolesterol.
  • Tahu
    Tahu yang terbuat dari kedelai merupakan sumber protein nabati yang sangat bermanfaat bagi tubuh.
  • Daging merah
    Seperti halnya dengan telur, daging merah tanpa lemak merupakan sumber protein yang tentunya baik untuk pencernaan.
  • Bayam
    Sayuran hijau yang satu ini juga mengandung tinggi serat sehingga bisa menjadi pilihan makanan ibu menyusui agar bayi lancar BAB.

Selain mengonsumsi makan-makanan di atas, sebaiknya Moms mengonsumsi supplemen untuk ibu menyusui yaitu Prenavita Honey Lychee Flavoured yang kaya akan manfaat baik untuk sang ibu dan bayi seperti melancarkan asi dan meningkatkan daya tubuh si kecil.

Prenavita Honey Lychee

Bagikan Artikel: