mamapedia search icon mamapedia icon

Subtotal

View Bag

5 Obat Tradisional Ruam Pipi Bayi, Boleh Dicoba Nih Moms!

5 Obat Tradisional Ruam Pipi Bayi, Boleh Dicoba Nih Moms!

Ruam biasanya muncul pada lipatan kulit bayi, seperti lipatan tangan, lipatan kaki, atau leher Si Kecil. Meski begitu, ruam juga bisa muncul di wajah bayi lho Moms. Jika hal ini terjadi, biasanya Si Kecil akan merasa tidak nyaman dan menangis terus-menerus. Moms pun menjadi panik karena hal ini.

Biasanya, ruam pada wajah bayi tidak berbahaya dan hilang dengan sendirinya. Namun, terkadang ruam pada wajah bayi juga dapat mengindikasikan kondisi serius. Berikut ini adalah obat tradisional ruam pipi bayi yang perlu Moms simak.

1. Kulit Pisang

Kulit pisang dapat menjadi alat perawatan ruam kulit yang sangat baik, termasuk untuk mengatasi ruam pada wajah bayi secara alami.

Pertama, dinginkan kulit pisang selama sekitar satu jam atau lebih. Kemudian, oleskan sepotong kecil ke daerah yang terkena dan biarkan selama beberapa saat.

Cara ini tidak hanya akan membantu membersihkan kulit dan melembapkannya dengan benar, tetapi juga membuat bayi merasa segar kembali.

Baca Juga: Cara Mengatasi Ruam Pada Bayi yang Perlu Moms Ketahui

2. Timun

Timun juga bisa digunakan untuk mengatasi ruam pada bayi. Timun memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi ruam kulit di wajah.

Timun dapat dicampur dengan oatmeal untuk membentuk pasta kental. Ini dapat diterapkan pada area wajah yang terkena ruam untuk membantu meringankan gejala.

3. Oatmeal

Kandungan avenanthramides yang bersifat anti-inflamasi pada oatmeal akan membantu meredakan iritasi akibat gatal pada kulit.

Cara menjadikan oatmeal sebagai obat tradisional ruam pipi bayi adalah mencampurkan oatmeal secukupnya dengan sedikit air hingga teksturnya menjadi kental. Lalu Moms bisa mengoleskannya pada pipi bayi. Jika ingin teksturnya lebih halus, Moms dapat menghaluskannya dengan blender hingga berbentuk pasta.

Baca Juga: Ruam Pada Bayi Buat si Kecil Rewel, Ini Dia Penyebabnya!

4. Yoghurt

Ruam pada kulit, seperti kulit wajah terjadi karena kerusakan pada sistem kekebalan tubuh. Bakteri yang ditemukan dalam yoghurt dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi dan pada saat yang sama mengurangi gejala ruam seperti gatal.

5. Teh Chamomile

Teh chamomile mengandung antioksidan yang membantu dalam disinfektan luka dan mengurangi ruam pada kulit. Tergantung pada ukuran ruam, Moms mungkin perlu menggunakan satu atau lebih kantong teh.

Coba letakkan kantong di air panas dan setelah mendidih, biarkan hingga dingin. Saat air suam-suam kuku, keluarkan kantung dari air dan letakkan di wajah bayi. Pastikan kantong teh tidak terlalu panas ya Moms.

Tenangkan bayi ketika rewel dengan menggendongnya menggunakan Tweeling & Co. Gendongan ini kuat dan halus sehingga bayi dapat nyaman dalam gendongan.

Dapatkan di www.mooimom.id atau klik gambar di atas ya Moms!

Bagikan Artikel: