Mamapedia Logo
Khasiat Minyak Telon untuk Bayi

Khasiat Minyak Telon untuk Bayi

author iconDwi Ayu Rochani
date icon28 06 2020
category iconTumbuh Kembang Anak,

Apakah Moms selalu menyiapkan minyak telon di rumah? Ya, bagi sebagian ibu, minyak telon menjadi benda yang wajib dimiliki untuk kebutuhan Si Kecil. Istilah telon sebenarnya berasal dari bahasa Jawa yaitu telu (tiga) karena mengandung tiga bahan utama: minyak adas, minyak kayu putih dan minyak kelapa.Tiap kandungan minyak alami dalam minyak telon, membawa manfaat yang berbeda.

Manfaat Minyak Telon
Berikut beberapa manfaat minyak telon berdasarkan kandungannya:

Minyak kayu putih

Kandungan minyak kayu putih yang terdapat dalam minyak telon menciptakan sensasi rasa hangat saat dioleskan ke kulit. Kandungan ini tidak hanya menghangatkan, tetapi juga dapat meredakan rasa gatal akibat gigitan tungau.

Minyak adas

Minyak adas yang terkandung dalam minyak telon mampu meredakan sakit perut, dan hidung meler. Selain itu, dalam minyak adas juga terkandung senyawa antimikroba yang dipercaya mampu mencegah infeksi dan menghambat pertumbuhan jamur tertentu yang mungkin menyebabkan penyakit kulit.

Minyak kelapa

Kandungan minyak kelapa yang terdapat dalam minyak telon bermanfaat untuk melembapkan kulit, tidak terkecuali kulit bayi. Kandungan ini mampu menghidrasi kulit dengan baik, serta terbukti mampu mengatasi gejala eksim yang ditandai dengan ruam dan gatal. Minyak kelapa yang memiliki sifat antimikroba, juga mampu melindungi kulit dari mikroorganisme yang mungkin bisa menyebabkan infeksi kulit.

Baca juga : Membedong Bayi, Apakah Maih Perlu ? 

Cara Penggunaan Minyak Telon

Sebelum mengoleskan minyak telon ke kulit, baca dulu label kemasannya. Biasanya pada label kemasan tertera kandungan, tata cara penggunaan, dan juga tanggal kedaluwarsa. Membaca label kemasan sangatlah penting untuk mengetahui keamanan penggunaan, terutama jika digunakan pada bayi.

Menggunakan minyak telon yang sudah kedaluwarsa dapat meningkatkan risiko terjadinya reaksi alergi. Selain itu, efektivitas dan manfaat dari minyak telon yang sudah kedaluwarsa kemungkinan sudah menurun.

Nah, setelah membaca label kemasan dengan teliti, cobalah oleskan minyak telon sedikit saja ke kulit. Pada bayi, Moms dapat mengoleskan sedikit minyak telon ke bagian kaki dan lengan untuk melihat kemungkinan munculnya reaksi alergi. Jika dalam waktu 24 jam setelah minyak telon dioleskan, kulit bayi terlihat mengalami kemerahan atau peradangan, hentikan penggunaannya. Kemungkinan hal ini disebabkan bayi alergi terhadap kandungan yang terdapat pada minyak telon tersebut.
 

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE