Mamapedia Logo
Berbagai Penyebab Berat Badan Bayi Tidak Naik & Cara Mengatasinya

Berbagai Penyebab Berat Badan Bayi Tidak Naik & Cara Mengatasinya

author iconEvi Puspitasari
date icon22 08 2021
category iconTumbuh Kembang Anak, Gizi & Kesehatan,

Berat badan bayi tidak naik akan menjadi kekhawatiran tersendiri bagi Moms. Dan banyak pertanyaan yang mungkin timbul apa yang menyebabkannya dan bagaimana cara menaikan berat badan bayi.

Apa yang menyebabkan berat badan bayi tidak naik?

Ada beberapa faktor eksternal dan internal yang dapat menyebabkan berat badan bayi tidak naik antara lain:

  1. Tidak mendapatkan cukup kalori
    Bayi yang sehat, cukup bulan, dan disusui biasanya menyusui setiap 2 hingga 3 jam. Bayi yang diberi susu formula membutuhkan 1,5 hingga 2 ons susu formula setiap 3 jam. Saat perut mereka tumbuh, waktu antara menyusui meningkat, tetapi beberapa bayi mungkin tidak mendapatkan kalori yang mereka butuhkan.
     
  2. Masalah dalam menyusu
    Hal ini dapat menghambat bayi dalam mendapatkan asupan ASI yang cukup. Untuk menyusui dengan baik, sebisa mungkin bagian bawah areola Anda harus berada di dalam mulut bayi Anda. Jika Anda kesulitan mendapatkan pelekatan yang baik, konsultasikan dengan konsultan laktasi untuk menyingkirkan masalah apa pun, seperti lidah atau bibir.

Baca juga: Cek Berat Badan Bayi Ideal Berdasarkan Tabel Berat Badan Bayi

  1. Tidak menyerap kalori yang mereka konsumsi
    Hal ini berhubungan dengan sistem pencernaan bayi yang bisa saja terdapat masalah dengan penyerapan kalori. Sehingga kalori yang masuk ke dalam tubuh bayi tidak terserap dengan baik.
     
  2. Masalah Dengan Pemberian Makan
     Alasan paling umum untuk kurangnya kenaikan berat badan bayi Anda mungkin karena ia tidak cukup makan atau tidak mendapatkan cukup susu selama menyusui. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai alasan; bayi mungkin lidahnya kelu atau Anda mungkin mengalami masalah dalam memproduksi cukup ASI.
     
  3. Kondisi Medis yang Sudah Ada Sebelumnya
    Alasan bayi Anda tidak bertambah berat badan juga bisa disebabkan oleh kondisi lain yang sudah ada sebelumnya. Misalnya, seperti Kondisi lain bisa jadi jika ibu memiliki puting susu terbalik. Ada banyak kondisi medis yang dapat menimpa ibu dan anak dan mengakibatkan sesi menyusui yang buruk. Disarankan agar Anda berbicara dengan dokter Anda dan menjalani serangkaian tes lengkap seperti yang diminta oleh mereka untuk lebih mengidentifikasi kondisi medis yang mungkin Anda atau anak Anda hadapi. Setelah penyebabnya diidentifikasi, dokter dapat membantu membuat rencana perawatan untuk membantu meningkatkan siklus makan.

berat badan bayi tidak naik

Tips untuk menaikkan berat badan bayi

Asupan makanan tidak terbatas pada waktu makan dan camilan. Dikutip dari Healthline ada beberapa tips untuk meningkatkan berat badan bayi Anda antara lain:

  • Vitamin dan suplemen
    Meskipun sebagian besar bayi dilahirkan dengan cadangan zat besi yang cukup dalam tubuhnya untuk bertahan selama 4 bulan pertama kehidupan, karena ASI mengandung sangat sedikit zat besi, American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan agar bayi yang disusui diberi suplemen zat besi. 1 mg zat besi untuk setiap kilo berat badan) sejak usia 4 bulan. Bayi yang diberi susu formula mendapatkan cukup zat besi dari susu formula. Ini juga merupakan ide yang baik untuk menyediakan banyak makanan kaya zat besi. Sebelum memulai bayi Anda dengan vitamin atau suplemen, Anda harus berbicara dengan dokter anak Anda.
  • Jadwal makan yang teratur
    Untuk bulan-bulan pertama kehidupan, ingatlah bahwa bayi Anda lebih selaras dengan kebutuhan mereka sendiri daripada jam. Jika mereka lapar, beri mereka makan. Seiring bertambahnya usia, Anda dapat mulai menetapkan waktu makan. Setelah 6 bulan atau lebih, lebih banyak jadwal makan dapat membantu mendorong kebiasaan makan yang sehat. Pastikan untuk menjadwalkan waktu snack pada pertengahan pagi dan sore hari karena perut kecil tidak menyimpan banyak cadangan.
  • Kebersamaan saat makan
    Ciptakan kebersamaan saat makan bersama si kecil. Jauhkan gangguan seminimal mungkin dengan mematikan telepon dan TV Anda. Ingat Moms jangan paksakan si kecil jika menolak makanan maupun minuman yang diberikan. Moms bisa menciptakan di lain waktu dengan memberikan sedikit variasi yang berbeda dari sebelumnya.

Baca juga: 5 Resep MPASI Penambah Berat Badan Bayi Berbahan Dasar Daging Sapi

  • Kesenangan saat makan
    Tidak diragukan lagi pasti Anda pernah menciptakan seolah-olah suapan Anda adalah pesawat terbang yang siap mendarat di mulutnya. Hal ini bagus untuk sedikit membuat permainan kepada si kecil selain itu makan di luar ruangan juga dapat menciptakan suasan baru baginya. Biarkan bermain-main di rumput untuk menambah nafsu makan. Rencanakan berbagai makanan untuk mendorong mencoba rasa baru, ingat untuk memperkenalkan makanan baru satu per satu.

Guna mendukung waktu makan si kecil yang lebih menyenangkan Moms bisa menggunakan Mugu Feeding Set yang didesain dengan warna semenarik mungkin dan terbuat dari bahan yang aman. Dapatkan Mugu Feeding Set hanya di Mooimom.

berat badan bayi tidak naik

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE