Mamapedia Logo
Trik Memilih Harga Pompa ASI yang Murah dan Tetap Berkualitas

Trik Memilih Harga Pompa ASI yang Murah dan Tetap Berkualitas

author iconGisela Niken
date icon28 09 2020
category iconKehamilan & Menyusui, Menyusui,

Harga pompa ASI menjadi salah satu faktor penting dalam memilih pompa yang tepat. Jangan sampai Moms membeli tanpa memperhatikan faktor kegunaannya. Begitu pula dengan kualitas pompa ASI yang dipilih. Jangan sampai hanya memilih harga pompa ASI yang murah tapi tidak memahami kualitasnya.

Faktor yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Pompa ASI

Jika Moms ingin memilih pompa ASI manual, tentunya jangan asal pilih. Ada banyak pertimbangan yang perlu Moms perhatikan. Tentunya ini bisa membuat pompa ASI bekerja dengan maksimal. Pertama adalah bagian corong. Jika dilihat hal ini adalah sesuatu yang penting pada bagian pompa ASI.

Sebelum membeli pastikan terlebih dahulu dengan ukuran payudara. Tentu saja poin ini juga penting baik untuk pompa ASI manual dan elektrik. Perlu diingat juga saat menyusui, payudara mungkin membesar. Maka dari itu, Moms harus benar-benar menyesuaikan dengan kondisi Moms.

Harga pompa ASI

Kedua perhatikan tingkat keamanan dari pompa ASI. Moms perlu memastikan bahwa pompa tersebut memiliki tanda BPA free. Artinya plastiknya bebas dari racun dan aman untuk dipakai menampung ASI. Tanda BPA free ini untuk memastikan bahwa memang tidak membahayakan Moms dan Si Kecil.

Berikutnya adalah mencari pompa ASI yang punya sparepart ringkas dan juga tidak rumit. Hal ini untuk memudahkan Moms ketika membersihkan maupun mensterilkan. Jangan lupa untuk memastikan bentuknya aman untuk disimpan. Artinya punya penutup yang menjaga supaya tetap steril.

Selain itu, bahan dari corongnya juga harus diperhatikan.  Bagian kulit pada payudara termasuk yang sangat sensitif. Maka dari itu, Moms perlu berhati-hati karena bisa menimbulkan iritasi jika salah memilih harga Pompa ASI yang terlalu murah. Maka dari itu, pilih yang memang tidak menimbulkan iritasi dan pastinya aman di kulit.

Jangan lupa untuk memastikan bahwa pompa ASI yang Moms pilih mudah untuk dibersihkan. Ingat bahwa pompa ASI akan menampung sesuatu yang akan dikonsumsi bayi. Maka penting untuk memperhatikan kebersihan pompa ASI tersebut. Cek apakah pompa ASI tersebut akan mudah dibersihkan.

Jika Moms mencari harga pompa ASI murah, maka Moms bisa memilih pompa ASI manual. Tentunya model pompa ASI ini membuat Moms harus memompa dengan bantuan kekuatan tangan. Namun memang model ini sangat direkomendasikan bagi Moms yang ingin mencari harga murah namun berkualitas.

Jangan lupa untuk memilih pompa ASI yang sesuai dengan kebutuhan. Moms bisa memilih pompa yang manual, memakai baterai hingga memakai listrik. Jika Moms punya banyak waktu pumping, tentunya Moms cukup memakai pompa manual. Pastinya harga pompa ASI juga lebih terjangkau.

Sementara jika Moms adalah ibu bekerja dan butuh ASI perah yang banyak, maka Moms bisa membeli pompa ASI yang elektrik. Dengan bantuan mesin, proses pompa ASI akan jauh lebih cepat dan juga efektif.

Jangan lupa Moms juga perlu membeli perlengkapan menyusui seperti penampung ASI silikon. Dengan model ini, Moms tinggal memasang pompa ke payudara dengan memencet bagian bawah silikon. Cara ini akan menampung ASI. Salah satu yang bisa dibeli adalah MOOIMOM Silicone Breastpump. Dengan bahan terbaik, alat ini akan aman dipakai oleh Moms. Harga pompa ASI ini hanya dibanderol di bawah Rp 200 ribu.

MOOIMOM Silicone Breastpump

Cara Memakai Pompa ASI yang Tepat

Harga pompa ASI yang murah sekalipun harus dibarengi dengan cara pakai yang tepat. Pertama, Moms cukup meletakkan alat isapnya di area payudara. Alat pemerah tersebut akan menekan payudara dan menyimpan ASI tersebut ke dalam botol yang dipasang di bawah corong. Sebelum memakainya tentu Moms perlu menyiapkan terlebih dahulu alat pompa.

Umumnya model dengan harga pompa ASI terjangkau tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memasang elemen elemen dari pompa tersebut. Moms tinggal memasang semuanya sesuai dengan tempatnya. Kemudian Moms langsung memasang pompa pada posisi yang tepat.

Pastikan bahwa puting dan payudara nyaman dengan posisi tersebut. Maka menyesuaikan ukuran payudara dengan model corong pompa adalah hal yang penting. Apalagi bagian payudara adalah bagian yang sensitif. Bahkan ada beberapa Moms yang merasakan nyeri sampai bagian puting yang lecet.

Setelah posisinya sudah pas, Moms tinggal memposisikan salah satu tangan yang memegang pompa. Sementara itu bagian tangan lainnya berfungsi tuk menopang payudara. Kemudian gerakkan tuas pompa secara perlahan. Saat melakukan ini, Moms bisa menggerakan sesuai dengan ritme isapan bayi kala menyusui. Hal ini juga menjadi kelebihan dari pompa ASI manual. Moms bisa menyesuaikan ritmenya supaya ASI cepat keluar.

Lakukan terus menerus sampai jumlah ASI cukup dan payudara sudah kosong. Jangan lupa untuk mencuci tangan setelah proses pompa. Tak lupa untuk membersihkan semua peralatan setelah sudah selesai digunakan.

 

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE