Mamapedia Logo
Simak Tips Aman Babymoon di Tengah Pandemi

Simak Tips Aman Babymoon di Tengah Pandemi

author iconDinda Ayu Saraswati
date icon11 05 2021
category iconKehamilan & Menyusui, Masa Kehamilan, Kelahiran Anak,

Sejak beberapa tahun terakhir, babymoon jadi tren di kalangan pasangan suami istri yang sedang menanti buah hati. Babymoon sendiri dilakukan untuk menyenangkan ibu hamil pasca mengalami morning sickness di trimester pertama. Sebagian ibu hamil biasanya ingin melakukan babymoon dengan suami sebelum menyambut kelahiran anaknya.

Tak hanya sekedar jalan-jalan, ternyata babymoon memiliki banyak sekali manfaat, misalnya saja mempererat hubungan sesama pasangan. Selain itu juga untuk menghilangkan ketegangan dan stres di pertengahan kehamilan. Sayangnya, bagi Moms yang ingin babymoon ke luar negeri, rencana dari jauh-jauh hari ini batal karena pandemi Corona.

Baca Juga: Rencanakan Travelling, Simak 7 Tips Travelling Bagi Ibu Hamil

Tips Aman Babymoon di Tengah Pandemi

Moms ga perlu khawatir, jika ingin tetap melakukan babymoon maka destinasi di dalam negeri bisa menjadi opsi. Mamapedia punya lima tips yang bisa Moms ikuti:

1. Konsultasi dengan Dokter Kandungan

Sebenarnya, saat tak ada pandemi Corona pun jika Moms ingin melakukan babymoon disarankan untuk konsultasi dengan dokter kandungan. Ini untuk memeriksa apakah kandungan aman saat melakukan perjalanan. Kalau di saat new normal seperti ini, pastinya Moms mendapat lebih banyak saran dari dokter kandungan.

Banyak dokter kandungan yang merekomendasikan babymoon di usia kehamilan 16-28 minggu. Pada trimester dua ini, usia kehamilan dianggap sebagai fase yang paling aman untuk melakukan perjalanan wisata.

2. Gunakan Transportasi Darat

Memilih tetap babymoon mungkin alasan Moms untuk lebih tenang dan tidak cemas dengan keadaan sekarang. Jika Moms mantap melakukan babymoon, dokter kandungan Robyn Horsager-Boehrer, M.D. mengatakan lebih baik memilih transportasi darat.

"Saya merekomendasikan perjalanan darat daripada terbang ke suatu tempat karena Anda akan lebih sedikit terpapar kuman dan kerumunan," ujarnya dikutip dari laman resmi UTSouthwestern Medical Center.

3. Hindari Tempat Wisata yang Ramai

Hindari tempat wisata yang terlalu ramai dengan pengunjung. Ya, karena kita tidak tahu apakah pengunjung di tempat itu benar-benar dalam kondisi sehat atau bahkan tanpa gejala.

Jika Moms masih agak takut pergi ke tempat wisata di tengah pandemi, lebih baik stay safe di hotel saja. Moms bisa melakukan staycation dengan suami di dalam kota atau di kota yang dekat dengan tempat tinggal Moms.

4. Siapkan Perlengkapan Kesehatan yang Ekstra

Di tengah pandemi, Moms harus lebih siap dan memiliki perlengkapan kesehatan yang ekstra saat berpergian. Karena COVID-19, Moms sebaiknya mengemas KO Disinfectant Spray agar terhindar dari virus yang menempel pada benda-benda yang sering Moms sentuh. Jangan lupa juga untuk bawa MOOIMOM Disposable Face Mask Adult.

Setiap kali Moms bepergian selama kehamilan, bawalah kartu asuransi dan salinan catatan pranatal dengan informasi kontak penyedia jika terjadi hal yang tidak terduga.

5. Menginap di Hotel yang Menerapkan Protokol Kesehatan

Dilansir dari Cleveland Clinics, pilih hotel lokasi babymoon yang memiliki protokol kesehatan. Gali informasi terlebih dahulu tentang hotel tempat Moms menginap barulah booking secara online. Ingat, bagaimanapun Moms yang sedang hamil bepergian, berhentilah setiap dua jam entah untuk menggunakan kamar mandi atau regangkan kaki, dan tetap terhidrasi.

Nah, itu dia lima tips aman babymoon di tengah pandemi. Semoga bermanfaat ya Moms!

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE