Mamapedia Logo
Posisi Tidur Nyaman Selama Kehamilan - MOOIMOM

Posisi Tidur Nyaman Selama Kehamilan

author iconNovia Luciana
date icon14 06 2017
category iconKehamilan & Menyusui, Menyusui, Tips,

Tidur berkualitas saat hamil bisa jadi impian banyak ibu hamil karena sudah pasti hal ini akan sulit sekali diwujudkan. Tak jarang juga berkurangnya kualitas tidur di malam hari membuat Moms menjadi sangat kelelahan saat siang harinya, oleh karena hal tersebut, tidur siang masih boleh lho dilakukan untuk ibu hamil. Justru beberapa pakar juga memperbolehkan hal tersebut. Tidak boleh tidur siang saat hamil hanyalah sebuah mitos belaka. Baca juga : Resep Ala Keluaga : Green Juice Detox

 

Berikut ini merupakan posisi tidur yang berbahaya untuk ibu hamil (dikutip dari situs hamil) :

 

  1. Posisi tidur telentang dengan bagian kepala lebih tinggi. Hal ini bisa menyebabkan terbatasnya asupan oksigen pada tubuh Moms. Posisi ini ternyata juga bisa meningkatkan tekanan untuk hati, plasenta, ginjal, serta punggung Moms.
  2. Posisi tengkurap. Tentu saja hal ini tidak diperbolehkan karena perut Moms akan tergencet dan menyebabkan bayi yang ada dikandungan juga ikut tergencet. Hal ini bisa mengancam jiwa bayi.
  3. Tidur miring ke kanan juga tidak dianjurkan. Posisi ini akan membuat organ hati Moms tertekan lebih kuat. Posisi ini bisa menyebabkan oksigen yang dialirkan ke plasenta untuk bayi juga menjadi terganggu. Selain itu, asupan untuk janin juga menjadi lebih terbatas. Baca juga : Pendarahan Selama Kehamilan. Apakah Normal?
  4. Tidur sambil duduk juga tak baik untuk ibu hamil. Sebaiknya jangan sering – sering melakukan hal ini. Posisi tidur yang satu ini selain akan membuat Moms merasa lebih lelah, tekanan pada pembuluh darah ke jantung juga akan berlebihan.

 

Sementara banyak sekali posisi tidur yang tak baik untuk ibu hamil, namun masih ada posisi tidur untuk ibu hamil yang lebih baik dan lebih nyaman :

 

  1. Tidurlah dengan miring ke kiri. Posisi ini dianggap akan membuat janin bergerak lebih bebas dan lebih leluasa. Selain itu aliran oksigen yang mengalir pada tubuh Moms menjadi lebih baik. Oksigen dan nutrisi yang mengalir ke plasenta untuk si kecil juga akan mengalir lebih lancar. Baca juga : Berapa Lama Waktu Ideal Untuk Menyusui?
  2. Gunakan banyak bantal juga akan membuat tidur Moms lebih nyaman. Menggunakan banyak bantal saat tidur bisa membuat kualitas tidur Moms menjadi lebih nyaman.

 

Beberapa tips ini juga dapat digunakan supaya tidur malam Moms menjadi lebih berkualitas dan menjadi lebih baik :

 

  1. Hindari mengkonsumsi kafein sedikit apapun. Saat hamil memang jumlah kafein yang masuk dalam tubuh memang harus dikurangi. Hal ini juga akan membuat kualitas tidur Moms menjadi buruk dan Moms tidak dapat tidur dengan nyenyak.
  2. Batasi konsumsi air putih karena salah satu hal yang bisa membuat kualitas tidur Moms berkurang adalah karena keinginan buang air kecil yang tinggi sehingga harus terus ke kamar mandi setiap beberapa jam atau bahkan beberapa menit sekali.
  3. Gunakan bantal yang nyaman selama tidur, jangan terlalu tinggi dan jangan juga terlalu rendah untuk menghindari pegal – pegal yang mungkin terjadi. Baca juga : Moms, Waspadai Gejala Trimester Kehamilan ini
  4. Hindari bekerja pada malam hari karena biasanya salah satu faktor yang menyebabkan Moms sulit tidur adalah karena masih memikirkan pekerjaan yang tertunda.
  5. Usahakan sebelum tidur untuk menjauh dari smartphone karena biasanya penggunaan smartphone bisa membuat ketagihan dan membuat jam tidur Moms terganggu.

 

Jangan stress karena tak bisa tidur ya Moms. Hal ini masih bisa diatasi kok!

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE