Homepage Loading Icon
5 Penyebab Produksi ASI Berkurang, Antisipasi Sejak Awal Yuk!

Hati-Hati, 5 Kebiasaan Ini Bisa Sebabkan Produksi ASI Berkurang

author iconIntan
date icon07 06 2020
category iconKehamilan & Menyusui, Menyusui, Tumbuh Kembang Anak,

Tanpa disadari, kelima hal ini bisa menyebabkan produksi ASI berkurang drastis. Moms wajib mengantisipasinya sejak awal, ya!

Produksi dan kualitas ASI menjadi faktor penentu apakah Moms bisa memberikan ASI eksklusif pada bayi atau tidak. Untuk itu, Moms harus pintar mencari cara untuk meningkatkan produksi ASI dengan kualitas yang baik demi kesehatan si Kecil.

Mulai dari mengonsumsi ASI booster, menggunakan bra menyusui yang aman, menjaga mood lebih stabil agar selalu bahagia, hingga menjaga kesehatan fisik dan mental Moms selama menyusui.

Tapi ternyata ada beberapa kebiasaan yang tanpa disadari bisa menyebabkan produksi ASI berkurang lho, Moms, diantaranya:

1. Tidak memompa ASI secara rutin

Ahli menyebutkan, proses produksi ASI "dipancing" dengan kebiasaan proses pengeluarannya setiap hari. Untuk itu, Moms bisa menetapkan jadwal khusus untuk pumping setiap harinya, misalnya setiap 2 jam sekali.

Mungkin seiring bertambahnya usia bayi, ia tidak akan menyusu sesering biasanya. Namun, produksi ASI Moms tetap harus dikeluarkan secara rutin agar produksinya tetap terjaga hingga waktunya menyapih.

Nah, memompa ASI adalah salah satu alternatifnya untuk menjaga produksi ASI tetap banyak.

2. Postpartum problem

Bagi Moms yang mengalami baby blues hingga kemungkinan terburuk postpartum depression, hal ini juga akan berdampak buruk pada produksi ASI Moms. 

Hal ini juga bisa mempengaruhi kolostrum, atau cairan ASI awal yang wajib dikonsumsi oleh bayi saat proses Inisiasi Menyusui Dini (IMD) beberapa saat setelah bayi lahir.

Bagi Moms yang memiliki fisik kurang sehat saat melahirkan, juga bisa berpengaruh pada produksi ASI. Tapi tenang Moms, produksi ASI bisa "dipancing" agar lebih banyak, kok! Salah satunya dengan berupaya mengonsumsi ASI booster yang sehat.

3. Diet dan olahraga berlebihan

Memang sih, olahraga itu menyehatkan. Namun, tak semua olahraga bisa dilakukan oleh Moms yang baru melahirkan.

Banyak Moms yang ingin cepat-cepat mengembalikan postur tubuhnya ke ukuran semula, salah satunya dengan diet dan olahraga ekstrim. Namun, hal ini bisa berpengaruh pada produksi ASI Moms.

Jadi, pastikan Moms tidak melakukan diet dan olahraga secara berlebihan dan ekstrim ya.

4. Kebanyakan minum kafein

Konsumsi kafein dalam jumlah besar bisa membuat tubuh rentan dehidrasi lho, Moms. Jika tubuh Moms dehidrasi, produksi ASI pun akan berkurang dengan sendirinya. 

Terlebih lagi, kafein yang Moms konsumsi juga akan diterima oleh bayi melalui ASI. Tentu saja, hal ini juga bisa menurunkan kualitas ASI yang Moms berikan.

Batasi jumlah konsumsi kafein maksimal hanya 1 gelas kecil setiap hari.

5. Ketidakseimbangan hormon

ASI sedikit juga bisa disebabkan karena ketidakseimbangan hormon estrogen di dalam tubuh. Untuk itu, penting untuk menjaga kestabilan hormon estrogen yang berpengaruh pada metabolisme tubuh salah satunya proses produksi ASI.

Moms bisa mengonsumsi makanan-makanan organik dan melakukan pola hidup sehat untuk mengupayakan kestabilan hormon demi suplai ASI yang lancar.

Nah, untuk memaksimalkan produksi ASI lebih banyak dan lancar, Moms bisa rutin memompanya secara berkala. Hal ini berpengaruh langsung pada bagaimana hormon prolaktin dalam tubuh Moms diproduksi dan membiasakan ASI keluar lebih banyak.

Pompa ASI MOOIMOM Silicone Breast Pump bisa membantu Moms memicu produksi ASI lebih lancar setiap harinya. Cukup ditempelkan ke payudara, Moms bisa menampung ASI sambil tetap produktif melakukan kegiatan yang lainnya.

Order di sini sekarang, produk best-seller ini harganya di bawah 150ribu, lho!

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Medical Grade Hypoallergenic 3-in-1 Growth Pillow
Medical Grade Hypoallergenic 3-in-1 Growth Pillow

Rp 1,290,000

MOOIMOM New Silicone Breast Pump + Free Lid Pompa ASI Silikon Ibu Menyusui
MOOIMOM New Silicone Breast Pump + Free Lid Pompa ASI Silikon Ibu Menyusui

Rp 149,000

MOOIMOM Breastmilk Storage Bags 120ml Kantong ASI
MOOIMOM Breastmilk Storage Bags 120ml Kantong ASI

Rp 35,000

Breastmilk Storage Bags 250ml Kantong ASI
Breastmilk Storage Bags 250ml Kantong ASI

Rp 119,000

Disposable Breast Pads (12pcs) Penyerap ASI
Disposable Breast Pads (12pcs) Penyerap ASI

Rp 22,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved