Homepage Loading Icon
Pentingnya Mengajak Bicara Bayi Dalam Kandungan

Pentingnya Mengajak Bicara Bayi Dalam Kandungan

author iconDwi Ayu Rochani
date icon17 05 2020
category iconKehamilan & Menyusui, Masa Kehamilan, Tumbuh Kembang Anak,

Bayi sudah bisa mendengar dan membedakan semua suara yang ada di sekitarnya sejak masih dalam kandungan. Tahukah Moms bahwa suara-suara tersebut dapat memengaruhi proses tumbuh kembang janin sampai ketika ia sudah lahir nanti? Itu sebabnya Moms perlu rajin-rajin mengajak bayi bicara sepanjang masa kehamilan. Tidak cuma Moms, Dads pun juga penting untuk terus berkomunikasi dengan calon anaknya. Memang, apa manfaatnya jika Moms dan Dads mengajak bayi bicara meski ia masih ada dalam kandungan?

Manfaat Berbicara pada Bayi dalam Kandungan

Dilanisr dari alodokter.com banyak penelitian yang membuktikan bahwa peran Moms dan ayah dalam mengajak bicara buah hati selama di kandungan sangat besar terhadap tumbuh kembangnya.

Rutin berbicara dengan bayi saat ia masih berada di dalam kandungan dapat memberikan beberapa manfaat, yaitu:

1. Merangsang pendengaran bayi

Sebagian besar proses perkembangan indra pendengaran bayi terjadi di dalam kandungan. Selama proses ini berlangsung, Moms dianjurkan untuk rutin memberikan rangsangan berupa suara kepada janin, misalnya dengan sering berbicara, menyanyikan lagu atau memutar musik yang pelan untuknya.

Suara-suara yang didengar Si Kecil dapat merangsang sistem saraf dan otaknya agar fungsi pendengarannya dapat menjadi lebih peka. Dengan demikian, kemampuan mendengar bayi akan lebih optimal ketika dilahirkan.

2. Memperkenalkan bahasa yang digunakan

Moms, walaupun Si Kecil belum terlahir ke dunia, tapi ia sudah mulai belajar banyak hal, termasuk mengenal bahasa yang Moms gunakan sehari-hari. Semakin sering Moms berbicara atau bernyanyi, maka semakin banyak kata yang bisa ia dengar.

Bahasa yang didengar janin selama dalam kandungan, akan diingat sampai ia lahir dan tumbuh besar nanti. Ingatan tersebut akan membantu Si Kecil lebih mudah mengucapkan kata-kata saat belajar berbicara dan berkomunikasi kelak setelah ia lahir.

3. Membuat bayi merasa lebih nyaman

Saat mendengar suara Moms, Si Kecil akan merasa tenang dan nyaman.Di saat-saat tertentu, ia juga bisa lebih aktif bergerak saat Bunda mengajaknya berbincang atau mendengarkan musik. Suara yang didengar Si Kecil juga dapat membuatnya lebih mudah beradaptasi dengan situasi di sekelilingnya saat sudah lahir nanti.

Artikel terkait : Manfaat Jalan Kaki Untuk Ibu Hamil dan Janinnya

4. Membangun kedekatan emosional

Ada beberapa studi yang menunjukkan bahwa rutin mengajak bayi berbicara saat masih dalam kandungan, dapat membangun sebuah ikatan emosional antara Moms dan janin.

Setelah lahir nanti, bayi yang sudah terbiasa mendengar suara Moms akan merasa lebih tenang dan tidak mudah rewel setiap kali Moms mengajaknya berbicara.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
7 A.M. Mini Dino Cotton Backpack Tas Ransel Anak - Black
7 A.M. Mini Dino Cotton Backpack Tas Ransel Anak - Black

Rp 849,000

MOOIMOM 3 in 1 Gift Set
MOOIMOM 3 in 1 Gift Set

Rp 214,000

CIPU All in One Accessories ECO Rose Gold
CIPU All in One Accessories ECO Rose Gold

Rp 790,000

SmilyMia Bubble Tea Transparent Straw Sedotan Anak
SmilyMia Bubble Tea Transparent Straw Sedotan Anak

Rp 99,000

MOOIMOM Unilateral Tubing
MOOIMOM Unilateral Tubing

Rp 59,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved